Advertorial

Raih Antusiasme yang Besar, BI Catat Komitmen Temu Bisnis UMKM Capai Rp 207 Miliar pada Puncak KKI 2021

Kompas.com - 30/09/2021, 08:00 WIB
Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti saat di kegiatan penutupan puncak acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021. Dok. Bank IndonesiaDeputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti saat di kegiatan penutupan puncak acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021.

KOMPAS.com – Kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 yang digelar Bank Indonesia (BI) mendapatkan antusiasme yang besar dari masyarakat. Hal tersebut terlihat, baik dari total transaksi maupun jumlah pengunjung, selama penyelenggaraan KKI.

Hingga Jumat (25/9/2021), penyelenggaraan KKI 2021 berhasil memperoleh komitmen business matching (temu bisnis) sebesar Rp 207 miliar.

Hal tersebut diungkapkan BI pada puncak acara sekaligus menutup rangkaian kegiatan KKI 2021, Sabtu (26/9/2021).

Sebagai informasi, kegiatan temu bisnis merupakan media penguatan business network yang diusung BI dalam rangka menguatkan potensi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Adapun kegiatan tersebut berhasil melibatkan 34 UMKM, 7 bank, dan 2 lembaga keuangan nonbank untuk temu bisnis pembiayaan.

KKI 2021 juga mempertemukan 155 UMKM, 4 aggregator, serta 10 pembeli potensial dari 6 negara untuk temu bisnis ekspor.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan, selain peningkatan omzet, keikutsertaan UMKM pada KKI 2021 juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KKI 2021 berhasil meraih kunjungan daring sebanyak 146.230 pengunjung dengan omzet penjualan sekitar Rp 28 miliar. Omzet ini meningkat dibandingkan KKI 2020 yang hanya mencapai Rp 16,5 miliar.

“Saat ini, ada 525 UMKM yang ikut serta. Tahun lalu, hanya 379 UMKM. Hal ini menandakan bahwa pelaksanaan pameran KKI 2021 sudah tersebar luas. Walaupun digelar secara daring, pengunjung bisa melihat pameran dengan bebas karena ada sistem 360 derajat pada website kami,” kata Destry dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

Ia menambahkan, pandemi Covid-19 tidak sepenuhnya menutup akses para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. Sebab, pandemi memaksa seluruh elemen masyarakat untuk menjadi kreatif dan inovatif serta semangat untuk tetap tangguh dan bangkit.

“Selain itu, saat ini sudah diimbangi dengan kemajuan teknologi sehingga masyarakat bisa menggunakan dan memanfaatkannya secara optimal. Inilah pentingnya UMKM untuk go digital agar lebih mudah gointernational,” papar Destry.

Tidak hanya kemudahan di era digital, lanjutnya, dukungan dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan juga menjadi kunci sukses pelaksanaan KKI 2021.

“Kami berharap, sinergi tidak hanya terjadi pada skala nasional ataupun terbatas pada level otoritas saja. Kami juga berharap ada dukungan dari para asosiasi usaha, sektor yang terkait, perbankan, fintech, akademisi, serta pemerintah daerah untuk turut mengantarkan kesuksesan KKI,” ujar Destry.

Berbagai hal tersebut, tambahnya, menjadi faktor penting dalam mendukung kemajuan UMKM sebagai sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Penyelenggaraan Puncak KKI 2021 menjadi bukti nyata yang memberi keyakinan bahwa UMKM mampu menjadi penggerak kebangkitan ekonomi Indonesia. Berakhirnya KKI 2021 tidak menghentikan upaya kami untuk terus melanjutkan inovasi dan dukungan guna mendorong kemajuan UMKM Indonesia, termasuk untuk memasuki pasar ekspor di era digital,” tutur Destry.

Selain selebrasi terhadap kesepakatan temu bisnis, Puncak KKI 2021 juga menghadirkan wisuda dan pengumuman peserta terbaik program onboarding UMKM, pemenang kompetisi podcast (apresiniar), dan penghargaan UMKM inovatif binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Sebagai informasi, KKI merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang sudah digelar oleh BI sejak 2016. Kegiatan ini merupakan bentuk nyata atas komitmen BI untuk mendorong UMKM agar dapat bangkit, khususnya pada masa pandemi.

Pada rangkaian kegiatan KKI 2021 yang digelar sejak 23-26 September 2021, BI menghadirkan berbagai acara yang dapat diikuti oleh pelaku UMKM dan masyarakat umum. Berbagai acara ini di antaranya business coaching, policy dialogue, webinar, dan talkshow Digiku.

Tidak hanya itu, BI juga menampilkan berbagai produk UMKM binaan dari 46 kantor cabang BI. Apabila tertarik untuk melihat sejumlah produk unggulan dari UMKM lokal binaan BI, Anda dapat mengakses pameran KKI 2021 melalui laman www.karyakreatifindonesia.co.id/pameran/.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.