Advertorial

Siap-siap, Borobudur Marathon 2021 Digelar Akhir November, Masyarakat Umum Bisa Jadi Runner

Kompas.com - 01/10/2021, 08:13 WIB
Harian Kompas kembali menggandeng Pemprov Jawa Tengah dan Bank Jateng untuk penyelenggaraan Borobudur Marathon 2021 Powered by Bank Jateng. DOK. BOROBUDUR MARATHONHarian Kompas kembali menggandeng Pemprov Jawa Tengah dan Bank Jateng untuk penyelenggaraan Borobudur Marathon 2021 Powered by Bank Jateng.

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo secara resmi mengumumkan bahwa kegiatan Borobudur Marathon 2021 Powered By Bank Jateng akan diselenggarakan di Taman Lumbini Candi Borobudur pada 27-28 November 2021.

Sama seperti tahun lalu, penyelenggaraan acara hasil kerja sama Harian Kompas dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) tersebut akan kembali didukung oleh Bank Jateng. Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, penyelenggaraan Borobudur Marathon 2021 Powered By Bank Jateng akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Budiman mengatakan bahwa prokes Covid-19 menjadi kunci kesuksesan Borobudur Marathon 2021 Powered By Bank Jateng. Pelari yang akan mengikuti kegiatan harus menunjukkan bukti telah mengikuti vaksinasi dan menunjukkan hasil negatif tes polymerase chain reaction (PCR) atau swab antigen menjelang acara.

“Pelari nanti akan ditempatkan di hotel yang sama dan diwajibkan menjaga prokes ketat,” kata Budiman dalam acara Virtual Launching Borobudur Marathon 2021 Powered By Bank Jateng yang disiarkan melalui Instagram Live, Kamis (30/9/2021).

Menurut Budiman, Borobudur Marathon 2021 Powered By Bank Jateng memiliki sejumlah perbedaan dibandingkan tahun lalu. Pertama, event bergengsi ini akan diadakan selama dua hari. Hari pertama dikhususkan bagi elite runner dan diadakan secara offline. Sementara, hari kedua bisa diikuti oleh masyarakat umum dan diselenggarakan secara hibrida.

“Kami akan membuka kesempatan untuk 200 pelari atau lebih, tergantung situasi pandemi menjelang akhir November di wilayah Magelang dan Jawa Tengah secara umum,” jelas Budiman.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Borobudur Marathon mengusung tema “Symphony of Energy”. Budiman mengatakan bahwa tema ini dipilih agar acara Borobudur Marathon 2021 Powered By Bank Jateng bisa menyatukan seluruh energi positif dari semua elemen yang terlibat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Antusias dan optimistis

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang turut hadir pada virtual launching pun menyambut antusias penyelenggaraan Borobudur Marathon 2021 Powered By Bank Jateng.

Ia mengatakan bahwa pihaknya percaya diri dapat menyelenggarakan acara tersebut dan memberikan kesempatan bagi para runner untuk bisa berlari.

“Saya optimistis dan sudah sounding ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang acara ini. Mereka mendukung asalkan prokes harus disiapkan,” ujar Ganjar.

Adapun masyarakat umum bisa mendaftar menjadi peserta lari di Borobudur Marathon 2021 Powered By Bank Jateng melalui berbagai cara. Salah satunya, melalui Bank Jateng dengan menjadi nasabah.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan tersebut dan mengajak masyarakat untuk mengikuti program Bima dari Bank Jateng untuk mendapatkan tiket peserta.

“Ayo kita semarakkan Borobudur Marathon 2021 Powered By Bank Jateng. Masyarakat juga bisa mendapatkan informasi terkait pendaftaran di aplikasi seluler My Borobudur Marathon,” ujar Supriyatno.

Antusiasme juga dirasakan oleh Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An. Melalui kesempatan virtual launching, ia mengharapkan dukungan dari semua elemen untuk menyatukan visi dan misi agar penyelenggaraan Borobudur Marathon 2021 Powered By Bank Jateng menjadi lebih baik.

“Ayo semangat untuk para pelari,” pesan Liem secara singkat dan tegas.

Terakhir, Budiman mengatakan bahwa panitia akan terus memperbarui informasi tentang penyelenggaraan Borobudur Marathon 2021 Powered By Bank Jateng lewat akun Instagram @borobudur.marathon. Jadi, ia mengingatkan masyarakat untuk mengikuti dan memantau akun ini untuk informasi terbaru.

Sampai bertemu di Candi Borobudur, ya!

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.