Advertorial

Performa Oppo Reno6 Series Bikin Skill Bertambah, Rangking Meningkat, Makin Cuan!

Kompas.com - 01/10/2021, 10:56 WIB

KOMPAS.comElectronic sports (esports) semakin berkembang pesat di Indonesia. Tak hanya dari segi peminat, masyarakat juga dapat melihat perkembangannya lewat ragam prestasi yang ditorehkan pemainnya.

Berdasarkan laporan Newzoo pada 2019, Indonesia memperoleh pendapatan sebesar 1,084 miliar dollar Amerika Serikat (AS) dari industri gaming dan esports.

Dari segi prestasi, tim esport asal Indonesia kerap mengharumkan nama bangsa pada turnamen internasional. Salah satunya, Bigetron Esport.

Dilansir dari laman games.grid.id, Minggu (1/12/2019), tim esport tersebut berhasil menjuarai PUBG Mobile Pro League (PMPL)-Spring Split: Indonesia League, PUBG Mobile Pro League (PMPL)-Spring Split: Indonesia Finals, PUBG Mobile World League (PMWL)-Season 0: East Region, PUBG Mobile Pro League (PMPL)-Fall Split: Indonesia League, dan Juara PMPL SEA Finals 2020.

Peluang cuan

Mobile game esport kian dilirik karena ada peluang cuan di dalamnya. Presiden Indonesia E-sports Premier League (IEPL) Giring Ganesha Djumaryo dalam berita Kompas.com, Selasa (28/1/2020) mengatakan, pemain esport profesional mampu mendulang pendapatan lebih dari Rp 20 juta per bulan. Sementara, pemain yang sudah ikut berbagai turnamen berpeluang menghasilkan cuan Rp 70-100 juta per bulan.

Peluang serupa juga bisa dirasakan pemain yang rajin menggelar game streaming. Pundi-pundi rupiah yang dihasilkan dari kegiatan ini pun tak bisa dibilang sedikit. Namun, kamu perlu punya skill tinggi agar dapat mendulang cuan dari hobi bermain mobile game.

Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk mengasah keahlianmu dalam bermain game. Akan tetapi, pastikan perangkat yang digunakan saat bermain punya performa mumpuni. Pasalnya, mobile game umumnya punya file berukuran besar. Bahkan, ada yang lebih dari 1 gigabyte (GB).

Belum lagi, grafis permainan biasanya terbilang berat. Sementara itu, tidak semua smartphone dapat dipakai untuk bermain game secara lancar.

Hanya smartphone berprosesor terbaik, random access memory (RAM) berkapasitas besar, ruang penyimpanan luas, baterai tahan lama, serta layar beresolusi tinggi yang dapat mengakomodasi kebutuhan mobile gaming, seperti halnya Oppo Reno6 Series 5G.

Ilustrasi bermain game dengan Oppo Reno6 Pro 5GDok. Oppo Indonesia Ilustrasi bermain game dengan Oppo Reno6 Pro 5G

Sebagai informasi, Oppo Reno6 Series 5G dirilis pada Agustus 2021. Smartphone ini terdiri dari Reno6 5G dan Oppo Reno6 Pro 5G. Masing-masing punya keunggulan tersendiri.

Dari segi dapur pacu, kedua smartphone tersebut sudah didukung prosesor terbaik, yakni MediaTek Dimensity 900 pada Reno6 5G dan Qualcomm Snapdragon 870 5G pada Oppo Reno6 Pro 5G.

Berkat prosesor itu, Oppo Reno6 Series 5G mampu memainkan segala jenis mobile game. Khusus Reno6 Pro 5G, performanya begitu bandel berkat dukungan random access memory (RAM) sebesar 12 gigabyte (GB) dan read-only memory (ROM) 256 GB. Sementara, Reno6 5G didukung RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

Dari segi layar, Oppo Reno6 Series 5G dilengkapi layar berukuran 6,5 inci dengan kemampuan refreshrate 90 Hertz (Hz) dan touch sampling rate 180 Hz. Dengan ukuran tersebut, baik Reno6 5G mapun Reno6 Pro 5G, mampu menciptakan pengalaman imersif saat bermain mobile game karena visual grafis yang ditampilkan beresolusi tinggi.

Pada permainan PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), misalnya, pergerakan terasa begitu mulus sekalipun menggunakan resolusi Ultra HD + 90 FPS.

Bukan itu saja, Oppo Reno6 Series 5G juga punya fitur Hyper Boost 4.0 yang secara cerdas mempertahankan kinerja ponsel dan frame rate layar. Dengan begitu, game yang dimainkan semakin berjalan lancar. Fitur ini bekerja sangat baik pada sesi permainan yang panjang.

Dibekali fitur-fitur pendukung

Pengalaman bermain mobile game dengan Oppo Reno6 Series 5G semakin yahud dengan hadirnya sederet fitur-fitur pendukung.

Pertama, fitur pendingin. Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G dibekali teknologi disipasi 3,68 sentimeter (cm) persegi Ultra Large Vapor Chamber. Fitur ini akan mengoptimalkan sistem multi-pendinginan yang telah ada pada ponsel.

Vapor Chamber tersebut mencakup 32 persen area smartphone, termasuk system-on-chip (SoC), modem, RAM, ROM, dan sebagian besar area baterai. 

Kemudian, Quick Startup. Fitur cerdas ini mampu mengidentifikasi game yang paling sering dimainkan pengguna dan membuat aplikasi permainan tetap aktif di latar belakang.

Alhasil, saat game dimainkan kembali, pemuatan data dapat dilakukan lebih cepat karena fitur tersebut juga merekam data permainan. Bahkan, pemain pun dapat langsung masuk ke dalam homepage game dalam waktu singkat tanpa harus login.

Untuk mengaktifkan Quick Startup, kamu cukup masuk ke menu Setting, lalu About Phone, dan pilih Game Space. Kemudian, gulirkan layar ke bawah hingga menemukan menu Quick Startup. 

Fitur pendukung selanjutnya adalah Game Focus Mode. Fitur ini dapat meminimalisasi dan memblokir notifikasi dari luar sehingga pemain bisa fokus dalam meraih kemenangan.

Asah skill

Kalau smartphone sudah mumpuni otomatis kamu dapat memainkan game dengan lancar. Skill bermain juga akan semakin terasah.

Mobile gamer biasanya memainkan lebih dari satu game. Namun, dari sederet permainan yang dimainkan, ada satu yang sangat dikuasai. Nah, salah satu kiat mengasah skill agar semakin jago adalah fokus pada game yang dikuasai. 

Jangan lupa, perhatikan ranking atau peringkat game yang dimainkan. Usahakan untuk selalu meningkatkan posisi kamu. Pasalnya, semakin tinggi ranking, semakin besar pula kesempatan kamu untuk bermain dengan gamer yang lebih jago. Bahkan, kamu berpeluang bertanding dengan pemain profesional.

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan dalam mengasah skill adalah dengan mengikuti grup atau komunitas dari game yang dimainkan. Banyak informasi, update, tips, dan trik kerap dibagikan di sana.

Bukan itu saja, keikutsertaan dalam komunitas juga akan memberikan kamu peluang untuk dapat membentuk tim kecil dari pemain-pemain yang dikenal. Dengan memiliki tim, kamu bisa main bareng (mabar) untuk melatih kemampuan bermain game.

Kalau ranking dan skill sudah meningkat, kamu bisa mulai menjajal turnamen-turnamen mobile game bergengsi atau menyiarkan permainan game di platform streaming video.

Berkomitmen dukung esport

Sebagai salah satu produsen smartphone dengan teknologi terkini di Indonesia, Oppo menaruh perhatian akan perkembangan esport Tanah Air. Pada Agustus 2021, Oppo melalui Oppo Reno6 Series 5G mendeklarasikan diri sebagai sponsor utama Bigetron Esports dalam segala bentuk kegiatan.

Chief Creative Officer Oppo Indonesia Patrick Owen mengatakan, dukungan tersebut merupakan upaya perusahaan dalam memahami gaya hidup seluruh pengguna, termasuk penggemar mobile game dan esports.

Patrick pun berharap, kerja sama yang terjalin antara Oppo dan Bigetron Esports akan bermanfaat bagi perkembangan industri esports di Indonesia sehingga bisa naik ke tingkat global.

Harapan serupa turut disampaikan Chief Executive Officer (CEO) sekaligus pendiri Bigetron Esports Edwin Chia. Ia mengatakan, kolaborasi Bigetron dan Oppo mampu menghasilkan pemain esports yang unggul, baik di kelas nasional maupun internasional.

“Terlebih, Oppo Reno6 Series punya beragam fitur yang mendukung pemain esport untuk semakin berprestasi, di antaranya baterai tahan lama, performa unggul, chipset terbaik, kapasitas besar, fitur pendingin, Quick Startup, hingga Game Focus Mode,” terang Edwin. 

Patrick kembali mengatakan, dengan dukungan konektivitas 5G, Oppo Reno6 Series 5G diharapkan mampu meningkatkan pengalaman pemain esports. Namun, ditekankan Patrick, seluruh seri Oppo Reno6 sejatinya diperuntukkan menunjang kebutuhan pencinta mobile game di Tanah Air.

Sebagai informasi, Oppo Reno6 Series 5G telah tersedia di seluruh jaringan Oppo Store di Indonesia. Selain itu, bisa juga dibeli secara online melalui tautan ini atau platform e-commerce.

Adapun Reno6 5G dibanderol dengan harga Rp 7.999.000 dan Oppo Reno6 Pro 5G seharga Rp 10.999.000. 

Untuk informasi lebih lengkap seputar Oppo Reno6 Series 5G, silakan kunjungi laman resmi Oppo dan media sosial Oppo Indonesia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.