Advertorial

Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Pertamina Gelar SMEXPO 2021

Kompas.com - 05/10/2021, 11:17 WIB
 Pertamina SMEXPO 2021 merupakan bentuk dukungan Pertamina terhadap GBBI. Dok. Pertamina Pertamina SMEXPO 2021 merupakan bentuk dukungan Pertamina terhadap GBBI.

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) yang diinisiasi oleh pemerintah.

Komitmen tersebut ditunjukkan melalui rangkaian kegiatan Pertamina SMEXPO 2021 yang akan digelar pada Selasa (12/10/2021).

Pejabat Sementara (Pjs) Vice President Corporate Communication and Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina SMEXPO pertama kali diadakan pada 2020.

Kegiatan tersebut merupakan inovasi Pertamina untuk memperluas pasar pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui pameran virtual dan marketplace UMKM, khususnya mitra binaan Pertamina.

“Pertamina kembali menggelar SMEXPO. Pada acara ini, kami akan menghadirkan ratusan UMKM dari seluruh penjuru di Nusantara dengan ribuan produk unggulan yang menarik dan berkualitas,” papar Fajriyah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (5/10/2021).

Sama seperti tahun lalu, lanjutnya, Pertamina SMEXPO akan menyiapkan beberapa kategori produk UMKM. Kategori ini adalah fesyen, craft, agrobisnis, furnitur, serta makanan dan minuman khas Indonesia.

“Pada tahun ini, kami memiliki fitur atau kategori tambahan, yaitu produk grosir. Dengan demikian, pengunjung dapat membeli berbagai produk UMKM dengan harga grosir,” ujar Fajriyah.

Tidak hanya menyediakan marketplace, Pertamina SMEXPO juga memberikan fungsi lebih bagi pelaku UMKM yang mengikutinya. Pertamina juga menyiapkan program khusus bagi pelaku UMKM berupa business matching dan coaching session.

Melalui program tersebut, Pertamina berharap agar pelaku UMKM dapat lebih siap menghadapi tantangan di masa depan dan memperluas pasar mereka. 

Tak ketinggalan, Pertamina juga menyediakan program hiburan SMEXPO Live Show bagi pengunjung. Pada program ini, Pertamina akan menampilkan artis-artis ternama dari Ibu Kota, seperti Kunto Aji, Novia Bachmid, dan Endank Soekamti. 

Selain itu, perseroan juga mempersiapkan SMEXPO Showcase yang diadakan secara hibrida di sebuah mal di Kota Jakarta pada 15 - 17 Oktober 2021.

Aktivasi dan hiburan akan ditampilkan pada SMEXPO Showcase dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya kerumunan. 

Bagi masyarakat yang merasa lebih nyaman mengikuti Pertamina SMEXPO secara virtual, lanjut Fajriyah, dapat mengikuti rangkaian acara melalui kanal YouTube Pertamina atau mengakses website https://smexpo.pertamina.com/.

“Jika Anda tertarik untuk membantu UMKM Indonesia dan berani keren se-Indonesia, jangan lupa untuk melakukan registrasi pada website Pertamina SMEXPO. Nantikan juga acara grand launching Pertamina SMEXPO 2021 pada Selasa,” tuturnya 

Sebagai informasi, Pertamina SMEXPO 2021 merupakan wujud konsistensi Pertamina dalam menggalakkan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-8.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.