Advertorial

Libatkan 1.000 Pelaku UMKM, Pertamina SMEXPO 2021 Digelar Besok

Kompas.com - 11/10/2021, 16:18 WIB

KOMPAS.com – Pameran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bertajuk Pertamina SMEXPO 2021 mulai digelar, Selasa (12/10/2021).

Pameran virtual tersebut diluncurkan bersama Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) Kalimantan Timur (Kaltim).

Guna menyukseskan gelaran tersebut, berbagai persiapan pun telah dilaksanakan oleh pihak PT Pertamina (Persero) sehingga masyarakat dapat turut berpartisipasi pada pameran tersebut.

Pejabat Sementara (Pjs) Senior Vice President Communication and Investor Relations PT Pertamina mengatakan, masyarakat dan pelaku UMKM dapat mengikuti Pertamina SMEXPO 2021 setelah melakukan registrasi pada tautan berikut.

“Registrasinya cukup cepat. Tidak sampai lima menit, masyarakat sudah bisa login dan bebas untuk berbelanja,” ujar Fajriyah dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (11/10/2021).

Pertamina SMEXPO 2021 menyediakan dua pilihan registrasi, yakni registrasi sebagai penjual atau pelaku UMKM dan pembeli.

Untuk mendaftar sebagai penjual, pelaku UMKM harus memasukkan informasi terkait usaha yang digeluti.

Informasi tersebut terdiri dari nama pemilik dan usaha, alamat usaha, nomor ponsel, akun media sosial, jumlah tenaga kerja, omzet, informasi singkat tentang UMKM, dan foto produk. Kemudian, lanjutkan dengan membuat kata sandi untuk keamanan akun.

Sementara, registrasi untuk kategori pembeli caranya lebih sederhana. Calon peserta tinggal mengisi nama, alamat email, nomor ponsel, dan kata sandi untuk keamanan akun. Selanjutnya, centang pernyataan persetujuan. Kemudian, klik “Registrasi Pembeli”.

“Akan ada verifikasi ke email yang didaftarkan. Setelah diverifikasi, masyarakat bisa langsung login,” imbuh Fajriyah.

Usai registrasi, masyarakat dapat langsung memilih berbagai produk serta bertransaksi di booth virtual UMKM peserta Pertamina SMEXPO 2021.

Setelah memilih produk yang diinginkan, pembeli akan diminta mengisi alamat pengiriman dan jenis ekspedisi yang tersedia.

“Selesaikan pembayaran dan tunggu barang sampai di rumah,” terang Fajriyah.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melakukan pembelian dalam jumlah besar melalui fitur “Produk Grosir”. Pada kategori ini, pengunjung dapat melakukan pembelian dengan harga lebih murah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sembari belanja, beragam acara menarik juga tersedia di Pertamina SMEXPO 2021, seperti coaching session, business matching, dan SMEXPO Live Show.

“Peserta dapat pula menikmati berbagai acara menarik yang disemarakkan artis-artis papan atas Tanah Air, seperti Kunto Adjie, Endank Soekamti, dan Novia Bachmid,” tutur Fajriyah.

Selain melalui situs web smexpo.pertamina.com, masyarakat juga dapat mengikuti keseruan acara melalui kanal YouTube Pertamina, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Gen UMKM.

Pertamina juga mengadakan SMEXPO Show Case 2021 yang dilakukan secara offline di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, pada 15–17 Oktober 2021.

Sebagai informasi, Pertamina SMEXPO 2021 merupakan wujud konsistensi Pertamina dalam menggalakkan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8.

Poin tersebut mencakup upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, memberikan kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, menyediakan pekerjaan yang layak untuk semua, serta mengimplementasikan program-program berbasis environmental, social, and governance (ESG) di seluruh wilayah operasional.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pertamina SMEXPO 2021, Anda dapat mengakses media sosial @pertamina dan @gen_umkm.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com