Advertorial

Komitmen pada Kesehatan Nasabah, Astra Life Berikan Manfaat Tambahan Isolasi Mandiri

Kompas.com - 12/10/2021, 09:00 WIB
- Dok. Astra Life-

KOMPAS.com - Isolasi mandiri (isoman) merupakan salah satu protokol penanganan pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) serta gejala ringan hingga sedang. Jenis perawatan ini dilakukan guna mengurangi beban rumah sakit (RS). Pasien dengan kategori tersebut dapat melakukan isoman di rumah atau hotel.

Untuk diketahui, gejala ringan pasien Covid-19 biasanya ditandai dengan demam, batuk, mudah lelah, napas pendek, nyeri otot, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, sakit kepala, diare, mual, muntah, dan hilang indra penciuman (anosmia).

Diberitakan Kompas.com, Selasa (15/9/2021), ada sejumlah langkah yang harus dilakukan penderita Covid-19 yang menjalani isoman sebagaimana diatur oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Pertama, pasien wajib tetap berada di rumah selama 14 hari. Kedua, pasien wajib beristirahat total, minum air putih yang cukup, serta mengonsumsi obat yang direkomendasikan dokter secara rutin.

Ketiga, rutin memantau kondisi tubuh, seperti saturasi oksigen serta gejala yang berpotensi timbul. Bila mengalami kesulitan bernapas, nyeri dada, tidak mampu bangun dari tempat tidur, dan wajah kebiruan, segera cari perawatan medis darurat.

Keempat, lakukan konsultasi secara online bersama dokter guna memperoleh tindakan medis lanjutan, mengonsumsi makanan bergizi, dan menjaga pikiran agar tidak stres.

Dengan menjalankan prinsip-prinsip tersebut selama isoman, masyarakat dapat segera pulih seperti sedia kala dan dinyatakan negatif Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proteksi ekstra selama isoman

Hal penting lainnya adalah memiliki proteksi berupa asuransi. Asuransi dapat menjadi langkah preventif untuk mengantisipasi kemungkinan terpapar Covid-19.

Adapun produk asuransi dari PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) dapat dipilih untuk kebutuhan proteksi kesehatan. Terlebih, Astra Life memberi proteksi ekstra bagi nasabah Astra Life yang menjalani isoman akibat Covid-19.

Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi mengatakan, manfaat tambahan tersebut merupakan wujud komitmen pihaknya dalam menjaga kesehatan masyarakat di masa pandemi, meski tren penyebaran virus Covid-19 di Tanah Air mulai menurun saat ini.

“Kami berharap, program tersebut dapat meringankan beban nasabah agar tetap tenang dan fokus pada pemulihan kesehatannya saat menjalani isoman,” ujar Windawati dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (7/10/2021).

Untuk diketahui, program manfaat isoman tersebut berlangsung sejak 20 September 2021 hingga 19 Desember 2021.

Windawati menambahkan, program manfaat isoman diberikan kepada seluruh tertanggung yang memiliki produk asuransi Astra Life perorangan yang dilengkapi asuransi tambahan.

“Mulai dari asuransi tambahan perawatan medis dan bedah, perawatan medis dan bedah plus, serta medicare premier yang polisnya masih berlaku atau aktif saat tertanggung menjalani isoman,” terangnya.

Ia menjelaskan, manfaat program isoman tersebut diberikan kepada tertanggung penderita Covid-19 dengan tanpa gejala (OTG) ataupun gejala ringan berupa demam tinggi, batuk, muntah, diare, dan anosmia.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, lanjut Windawati, tertanggung yang terkonfirmasi positif Covid-19 harus menunjukkan hasil tes polymerase chain reaction (PCR) awal sebelum isoman dan menyertakan dokumen pendukung lain.

Biaya yang dibayarkan untuk manfaat isoman terdiri dari biaya penginapan atau hotel bila pasien tidak melakukan isoman di rumah, biaya konsultasi dokter rawat jalan, pemeriksaan yang terkait dengan diagnosis Covid-19 (termasuk biaya PCR), serta pembelian obat dan vitamin sesuai resep dokter.

Adapun biaya maksimum manfaat isoman yang dapat dibayarkan sebesar Rp 5.000.000 per tertanggung. Biaya ini akan mengurangi limit manfaat polis yang dimiliki.

“Mari terus menjaga kesehatan, tetap mengobarkan semangat positif, dan sama-sama berdoa agar pandemi Covid-19 segera kita lalui,” kata Windawati.

Untuk mengetahui syarat, ketentuan, serta informasi lebih lanjut mengenai manfaat program isoman Asuransi Astra Life, Anda dapat mengunjungi web www.astralife.co.id atau menggunakan layanan Hello Astra Life di nomor telepon 1500 282.

Selain itu, dapat pula menghubungi Astra Life melalui e-mail hello@astralife.co.id atau Whatsapp di nomor 08952 1500 282 yang beroperasi setiap Senin hingga Jumat pukul 08.00-17.00 WIB.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.