Advertorial

Pertamina SMEXPO 2021 Dimulai Hari Ini, Ribuan Produk UMKM Siap Dipamerkan

Kompas.com - 12/10/2021, 10:58 WIB

KOMPAS.com – Pameran virtual usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Pertamina SMEXPO 2021 berlangsung mulai hari ini, Selasa (12/10/2021) hingga Kamis (14/10/2021).

Gelaran tersebut diluncurkan bersama dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) Kalimantan Timur (Kaltim).

Untuk memudahkan masyarakat berpartisipasi dalam pameran virtual tersebut, PT Pertamina (Persero) telah melakukan berbagai persiapan secara matang.

Pejabat Sementara (Pjs) Senior Vice President Communication and Investor Relations PT Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, masyarakat dan pelaku UMKM dapat mengikuti Pertamina SMEXPO 2021 setelah melakukan registrasi pada tautan berikut.

“Registrasinya cukup cepat. Tidak sampai lima menit, masyarakat sudah bisa login dan bebas untuk berbelanja,” ujar Fajriyah dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (12/10/2021).

Adapun Pertamina SMEXPO 2021 menyediakan dua pilihan registrasi. Pertama, registrasi bagi penjual atau pelaku UMKM. Kedua, registrasi bagi pembeli atau pengunjung pameran.

Untuk kategori penjual, cara registrasi Pertamina SMEXPO 2021 cukup mudah, yaitu memasukkan informasi terkait usaha yang digeluti.

Informasi tersebut terdiri dari nama pemilik dan usaha, alamat usaha, nomor ponsel, akun media sosial, jumlah tenaga kerja, omzet, informasi singkat tentang UMKM, dan foto produk. Berikutnya, dilanjutkan dengan membuat kata sandi untuk keamanan akun.

Sementara, registrasi untuk kategori pembeli, pengunjung tinggal mengisi nama, alamat email, nomor ponsel, dan kata sandi untuk keamanan akun. Selanjutnya, centang pernyataan persetujuan dan klik “Registrasi Pembeli”.

“Akan ada verifikasi ke email yang didaftarkan. Setelah diverifikasi, masyarakat bisa langsung login,” imbuh Fajriyah.

Setelah selesai registrasi, partisipan bisa langsung memilih beragam produk serta bertransaksi di booth virtual UMKM peserta Pertamina SMEXPO 2021.

Setelah memilih produk yang diinginkan, pembeli dapat mengisi alamat pengiriman dan jenis ekspedisi yang tersedia.

“Selesaikan pembayaran dan tunggu barang sampai di rumah,” kata Fajriyah.

Selain itu, pengunjung Pertamina SMEXPO 2021 juga dapat memanfaatkan fitur “Produk Grosir” untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar.

Bahkan, pengunjung bisa mendapatkan produk dengan harga terjangkau sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selain berbelanja, peserta Pertamina SMEXPO 2021 dapat menikmati beragam acara menarik, mulai dari coaching session, business matching, hingga SMEXPO Live Show.

“Pertamina SMEXPO 2021 disemarakkan artis-artis papan atas Tanah Air, seperti Kunto Aji, Endank Soekamti, dan Novia Bachmid,” terang Fajriyah.

Selain melalui situs web smexpo.pertamina.com, masyarakat juga dapat mengikuti keseruan acara melalui kanal YouTube Pertamina, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Gen UMKM.

Tak hanya itu, Pertamina juga mengadakan SMEXPO Show Case 2021 yang dilakukan secara luring di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, pada 15–17 Oktober 2021.

Untuk diketahui, Pertamina SMEXPO 2021 merupakan wujud konsistensi Pertamina dalam menggalakkan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8.

Poin tersebut mencakup upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, memberikan kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, menyediakan pekerjaan yang layak untuk semua, serta mengimplementasikan program-program berbasis environmental, social, and governance (ESG) di seluruh wilayah operasional.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pertamina SMEXPO 2021, Anda dapat mengakses media sosial @pertamina dan @gen_umkm.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com