Advertorial

Teknologi Smartphone Masa Kini Mampu Menunjang Kreativitas Desainer Grafis

Kompas.com - 14/10/2021, 13:15 WIB
Fandy Susanto Dok. Oppo IndonesiaFandy Susanto

JAKARTA,KOMPAS.com – Tak bisa dimungkiri bahwa eksistensi smartphone memberikan beragam manfaat bagi banyak orang, termasuk para pelaku seni dan kreatif, seperti Fandy Susanto dan Gema Semesta.

Bagi Fandy yang berprofesi sebagai creative designer, kehadiran ponsel pintar beserta teknologinya yang semakin canggih amat membantu dalam mencari hingga mengeksekusi ide menjadi sebuah karya.

“Contohnya, ketika saya ingin memotret. Kebutuhan ini bisa terakomodasi dengan baik lewat pemanfaatan kamera smartphone zaman sekarang yang sudah mumpuni secara teknologi,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/10/2021).

Secara teknis, Fandy melanjutkan, komputer ataupun laptop memang masih jadi senjata andalan desainer grafis saat bekerja. Sebab, perangkat ini mampu menampung serta menjalankan berbagai macam aplikasi desain dan editing yang biasanya memiliki ukuran file besar.

Meski begitu, ia tak menampik bahwa beberapa fungsi komputer juga dapat ditemukan pada smartphone. Salah satunya, editing foto.

Smartphone zaman sekarang punya kamera canggih. Alhasil, saya jadi less editing. Contohnya, ketika saya memotret gedung. Awalnya, saya mengira hasil foto dari ponsel mesti dipoles sana-sini. Ternyata, pas file foto saya transfer ke laptop untuk dilihat secara keseluruhan, dugaan tersebut salah. Jepretannya bagus. Saya jadi enggak perlu banyak effort (mengedit di laptop). Kalau butuh polesan sedikit, saya bisa edit langsung di smartphone,” terangnya.

Liko SukhoyDok. Oppo Indonesia Liko Sukhoy

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peran smartphone juga dirasakan desainer grafis Liko Sukhoy. Menurutnya, kehadiran gawai tersebut membantu pekerja kreatif untuk dapat berkembang.

“Seiring waktu, medium konvensional yang menjadi alat bantu kreatif, khususnya dalam hal merancang, kini dapat dengan mudah diakses melalui smartphone. Pola pikir dan proses kreatif juga semakin luas dengan kehadiran berbagai platform media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana memperoleh informasi,” ujarnya.

Hal serupa juga diakui desainer grafis Gema Semesta. Pria yang pernah menjadi creative director film Aruna dan Lidahnya ini mengaku tengah menggemari Oppo Reno6 5G.

Ponsel itu, kata Gema, punya banyak fitur yang mendukungnya dalam berkreasi. Ibarat mendapat mainan baru, ia pun sering melakukan eksperimen fotografi menggunakan kamera Reno6 5G. Salah satunya, memotret dari jarak jauh.

“Ketika sedang di perjalanan, saya kerap menjumpai truk-truk yang dihiasi gambar dan kutipan menarik. Karena sayang untuk dilewatkan, saya sering mengabadikan momen tersebut dengan Reno6 5G. Hasil jepretan yang dihasilkan terbilang bagus meski diambil dari jarak jauh,” terang Gema.

Sebagai informasi, Oppo Reno6 5G dibekali kemampuan zoom rate hingga 3 kali perbesaran dengan tambahan Space Zoom hingga 30 kali perbesaran.

Gema SemestaDok. Oppo Indonesia Gema Semesta

Tak berhenti sampai di situ, Gema juga mengagumi fitur AI Highlight yang terdapat pada Reno6 5G. Baginya, fitur tersebut membuat warna foto lebih keluar. Alhasil, ia tidak perlu melakukan banyak editing karena hasil jepretan sudah terlihat menarik.

Liko juga memaparkan, kamera Oppo Reno6 5G dapat diandalkan untuk kebutuhan tertentu. Ia mengaku telah banyak melakukan eksperimen dengan smartphone tersebut.

“Reno6 5G dapat beradaptasi dengan tingkat intensitas cahaya yang minim tapi tetap memiliki kualitas yang maksimal,” ungkapnya.

Kemampuan tersebut rupanya dirasakan juga oleh Fandy yang menggunakan Oppo Reno6 Pro 5G. Ia mengatakan, paling suka dengan fitur Pro Expert.

“Fitur itu memungkinkan saya mengatur white balance sesuai preferensi pribadi. Menariknya, fitur tersebut mampu mempertahankan konsistensi warna background. Ketika menggunakan latar belakang putih, misalnya, warna yang dihasilkan tetap sama. Tidak berubah (menjadi) kuning atau biru,” jelasnya. 

Fandy melanjutkan, Reno6 Pro 5G juga terbilang bandel karena punya kapasitas baterai yang besar dan didukung fitur pengisian daya cepat. Dengan begitu, pengguna tidak khawatir kehabisan baterai, terutama saat mobilitas sedang tinggi.

Dari segi desain, kata Fandy, Reno6 Pro 5G memiliki bodi yang tipis dan ringan sehingga nyaman saat digenggam. Ponsel ini juga tampak elegan karena desainnya yang sleek

Sebagai informasi, Fandy, Liko, adan Gema merupakan tiga dari enam prodigy yang terlibat dalam program Oppo Renovators-Emerging Artists Project Indonesia 2021. Adapun tiga Oppo Prodigy lain, yaitu Anton Ismael, Sonia Eryka, dan Vicky Tanzil.

Oppo Prodigy merupakan predikat yang diberikan Oppo kepada individu berbakat dan menginspirasi dalam industri seni dan kreatif.

Chief Creative Officer (CCO) Oppo Indonesia Patrick Owen mengatakan, Oppo Renovators merupakan platform bagi kreator muda untuk berani membayangkan masa depan dengan seni dan teknologi, serta mengekspresikan kreativitas mereka melalui kamera smartphone.

Patrick berharap, kolaborasi dengan keenam prodigy tersebut dapat membuka wawasan generasi muda Indonesia bahwa ada banyak hal yang bisa dieksplorasi dengan memanfaatkan berbagai medium.

Lebih dekat dengan Oppo Reno6 5G Series

Oppo Reno6 5G Series terdiri dari Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G. Guna menunjang kebutuhan fotografi dan videografi pengguna, kamera kedua ponsel dibekali beragam fitur canggih. Sebut saja, Bokeh Flare Portrait Video, AI Highlight Video, Focus Tracking, Flash Snapshot, dan AI Palette.

Untuk kamera, Oppo Reno6 5G dibekali dengan lensa utama 64 megapiksel (MP) dan AI Triple Camera pada bagian belakang, serta lensa 32 MP pada kamera depan.

Sementara, Oppo Reno6 Pro 5G memiliki kamera belakang dengan lensa utama 50 MP dan AI Quad Camera yang diperkuat sensor Sony IMX 766. Selain itu, ada pula lensa beresolusi 32 MP pada kamera depan.

Oppo Reno6 5G Series juga masih memiliki fitur peningkatan citra lain, seperti Focus Tracking, Flash Snapshot, Beautification, dan AI Palette. Seluruh fitur ini mampu memanjakan pengguna, terutama generasi muda kreatif pencinta fotografi.

Secara tampilan, Oppo Reno6 Series 5G masih mengaplikasikan desain ikonik Reno Glow yang ramping dan ringan.

Reno6 5G memiliki dimensi 7,59 milimeter (mm) dengan berat 182 gram. Tipe ini hadir dalam dua pilihan warna menawan, yakni Aurora dan Stellar Black. Sementara, Reno6 Pro 5G yang hanya tersedia dalam warna Lunar Grey punya dimensi 7,99 mm serta berat 188 gram. 

Dari segi performa, Oppo Reno6 Series 5G terbilang mumpuni di kelasnya. Reno6 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 900 dan Reno6 Pro 5G dengan Qualcomm Snapdragon 870 5G.

Ketangguhan Reno6 5G semakin bertambah berkat dukungan random access memory (RAM) sebesar 8 gigabyte (GB) dan read-only memory (ROM) 128 GB, serta baterai berkapasitas 4.300 mAh berfitur pengisian cepat 65 W SuperVOOC 2.0. 

Sementara, Reno6 Pro 5G didukung RAM 12 GB, ROM 256 GB, dan baterai 4.500 mAh dengan fitur pengisian cepat serupa.

Sebagai informasi, Oppo Reno6 Series 5G telah tersedia di pasaran, seperti di Oppo Gallery, Oppo Store, dan gerai smartphone rekanan.

Selain itu, produk tersebut juga bisa dibeli secara online melalui platform e-commerce terkemuka, seperti Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Adapun Reno6 5G dibanderol dengan harga Rp 7.999.000 dan Oppo Reno6 Pro 5G seharga Rp 10.999.000. 

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.