Advertorial

Fotografer Terkemuka Sebut Kecanggihan Oppo Reno6 Series 5G Bawa Standar Baru di Dunia Fotografi

Kompas.com - 14/10/2021, 13:19 WIB
Anton Ismael Dok. Oppo IndonesiaAnton Ismael

JAKARTA, KOMPAS.com – Perkembangan teknologi yang kian pesat memberikan pengaruh pada hampir seluruh aspek kehidupan. Salah satunya, dunia fotografi.

Menurut fotografer Anton Ismael, kehadiran smartphone mampu mendobrak batasan yang terdapat dalam dunia fotografi. Seperti diketahui, fotografi sebelumnya merupakan profesi dan kegiatan terbatas. Memotret pun harus menggunakan peralatan yang memadai. Kini, siapa saja punya kesempatan untuk melakoni fotografi.

“Bahkan, memotret saat ini punya fungsi bermacam-macam, mulai dari mengomunikasikan pesan, mendokumentasikan momen, hingga sebagai alat propaganda. Memotret dengan smartphone memungkinkan saya mendapatkan momen-momen natural,” ujar Anton kepada Kompas.com, Kamis (30/9/2021).

Selain smartphone, keberadaan media sosial juga tutur membuat fotografi tak lagi ekslusif. Tiap orang berkesempatan menjadi fotografer atau pelaku seni dan kreatif semakin terbuka lebar melalui platform itu.

Media sosial, kata Anton yang juga berprofesi sebagai pengajar fotografi, bisa digunakan sebagai medium belajar, menemukan ide, serta mencari minat audiens.

Kebermanfaatan smartphone dalam mendukung kebutuhan fotografi juga dirasakan fotografer Vicky Tanzil. Ia mengaku sering mengandalkan kamera ponsel untuk mendokumentasikan momen. Salah satunya, saat traveling.

“Hampir 60 persen foto jalan-jalan yang saya unggah ke media sosial diambil dengan kamera ponsel. Ketika saya tidak bawa kamera profesional, smartphone jadi alternatifnya,” ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vicky TanzilDok. Oppo Indonesia Vicky Tanzil

Bukan itu saja, Vicky pun pernah beberapa kali melakukan pemotretan sampul majalah menggunakan kamera smartphone. Baginya, kualitas gambar yang dihasilkan terbilang baik.

Smartphone zaman sekarang sudah canggih. Ada yang beresolusi sampai 50 megapiksel (MP). Contohnya, seperti Oppo Reno6 Pro 5G. Selain itu, ada juga yang dibekali kemampuan zoom lens tinggi sehingga bisa dipakai untuk memotret dari jarak jauh. Hasil jepretan pun tidak pecah. Berbeda dengan kamera ponsel zaman dulu yang zoom sekali saja, gambarnya sudah pecah,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan fotografer, Sonia Eryka. Bahkan, menurut fashion blogger ini, Oppo Reno6 Pro 5G layak diperhitungkan dalam dunia fotografi, khususnya untuk smartphone photography.

Smartphone menawarkan kepraktisan dan availability, serta kualitas kamera yang semakin tinggi. Banyak momen candid hanya bisa diabadikan oleh kamera smartphone. Pasalnya, bagi kebanyakan orang, smartphone adalah hal pertama yang selalu ada di tangan,” ucapnya.

Sonia ErykaDok. Oppo Indonesia Sonia Eryka

Terkait Oppo Reno6 5G, Anton menuturkan pengalamannya selama menggunakan smartphone tersebut. Ia mengatakan, seri teranyar dari lini Reno itu mengalami banyak penyempurnaan sehingga memberikan keleluasaan baginya untuk memotret dalam segala situasi.

“Saya tertantang memasuki filosofi penggunaan smartphone untuk mencari tahu kesempatan-kesempatan yang ditawarkan perangkat tersebut, tapi belum diketahui oleh banyak orang. Sekarang, saya sudah menemukan hal-hal apa saja yang bisa ditemukan dari penggunaan kamera smartphone,” tuturnya. 

Oppo Reno6 5G, lanjut Anton, juga menyediakan pilihan format penyimpanan RAW. Sebagai informasi, RAW adalah format berkas yang belum mengalami kompresi alias masih mentah sehingga memungkinkan pemotret untuk mengedit foto sesuai keinginan.

“Di sisi lain, format RAW menawarkan sebuah rentang tangkapan cahaya yang lebih luas. Jadi, ketika memotret di kondisi gelap, saya tetap bisa menghasilkan gambar yang detail. Low light-nya itu masih reasonably. Begitu pula saat memotret pada kondisi terang yang biasanya rentan blown out. Dengan RAW, saya bisa menurunkan intensitas cahaya,” terangnya.

Pengalaman serupa juga dialami Sonia yang juga menggunakan Oppo Reno6 5G. Menurutnya, resolusi kamera 64 MP yang dimiliki smartphone ini sudah sangat mengakomodasi kebutuhannya dalam menghasilkan foto untuk media digital dan cetak.

Oppo Reno6 5G, kata Sonia, juga bisa menangkap cahaya low light. Fitur manual focus serta bokehnya pada smartphone ini juga sudah cukup sehingga ia tidak perlu membawa kamera profesional atau menggonta-ganti lensa.

“Apalagi, smartphone ini punya banyak fitur dan pilihan lensa. Peminat smartphone photography akan lebih leluasa dalam berkarya menggunakan Reno6 5G. Sebab, smartphone ini punya Fitur AI Highlight yang bisa membuat warna lebih vibrant,” tuturnya.

Fitur ini secara tidak langsung juga bisa mempersingkat proses mengedit foto.

Sebagai informasi, Anton, Vicky, dan Sonia merupakan tiga dari enam prodigy yang terlibat dalam program Oppo Renovators-Emerging Artists Project Indonesia 2021. Adapun tiga Oppo Prodigy lain adalah Fandy Susanto, Gema Semesta, dan Liko Sukhoy.

Oppo Prodigy sendiri merupakan predikat yang diberikan Oppo kepada individu berbakat dan menginspirasi dalam industri seni dan kreatif. 

Chief Creative Officer (CCO) Oppo Indonesia Patrick Owen mengatakan, Oppo Renovators merupakan platform bagi kreator muda agar berani membayangkan masa depan dengan seni dan teknologi, serta mengekspresikan kreativitas mereka melalui kamera smartphone.

Patrick berharap, kolaborasi dengan keenam prodigy tersebut dapat membuka wawasan generasi muda Indonesia bahwa ada banyak hal yang bisa dieksplorasi dengan memanfaatkan berbagai medium.

Mengenal Oppo Reno6 Series 5G

Oppo Reno6 Series 5G terdiri dari Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G. Kedua ponsel dibekali kamera dengan beragam fitur canggih. Sebut saja, Bokeh Flare Portrait Video, AI Highlight Video, Focus Tracking, Flash Snapshot, dan AI Palette.

Untuk kamera, Oppo Reno6 5G dibekali dengan lensa utama 64 MP dan AI Triple Camera pada bagian belakang, serta lensa 32 MP pada kamera depan.

Sementara, Oppo Reno6 Pro 5G punya kamera belakang dengan lensa utama 50 MP dan AI Quad Camera yang diperkuat sensor Sony IMX 766. Selain itu, ada pula lensa beresolusi 32 MP pada kamera depan. 

Dari segi performa, Reno6 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 900, sedangkan Reno6 Pro 5G dengan Qualcomm Snapdragon 870 5G.

Ketangguhan Reno6 5G semakin bertambah berkat dukungan random access memory (RAM) sebesar 8 gigabyte (GB) dan read-only memory (ROM) 128 GB, serta baterai berkapasitas 4.300 mAh berfitur pengisian cepat 65 W SuperVOOC 2.0. 

Sementara, Reno6 Pro 5G didukung RAM 12 GB, ROM 256 GB, dan baterai 4.500 mAh dengan fitur pengisian cepat serupa.

Untuk urusan daya, Oppo Reno6 5G dibekali baterai berkapasitas 4.300 mAh berfitur pengisian cepat 65 W SuperVOOC 2.0. Sementara, Oppo Reno6 Pro 5G mengandalkan baterai 4.500 mAh dengan fitur pengisian cepat sama.

Sebagai informasi, Oppo Reno6 Series 5G telah tersedia di pasaran, seperti di Oppo Gallery, Oppo Store, dan gerai smartphone rekanan.

Selain itu, produk tersebut juga bisa dibeli secara online melalui platform e-commerce terkemuka, seperti Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Adapun Oppo Reno6 5G dibanderol dengan harga Rp 7.999.000 dan Oppo Reno6 Pro 5G seharga Rp 10.999.000. 

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.