Advertorial

Bupati Kediri Serahkan Bantuan Subsidi Bibit Tebu dari PTPN ke Petani

Kompas.com - 16/10/2021, 18:16 WIB
Penyerahan bantuan bibit tebu yang dilakukan pada Jumat (15/10/2021). Dok. Pemkab KediriPenyerahan bantuan bibit tebu yang dilakukan pada Jumat (15/10/2021).

KOMPAS.com – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyerahkan bantuan subsidi bibit tebu kepada petani di Desa Purwokerto, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jumat (15/10/2021).

Bibit tebu tersebut merupakan subsidi yang diberikan oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani.

Pada kesempatan itu, bupati yang akrab disapa Mas Bup juga memuji bantuan pupuk yang diberikan dari sejumlah pabrik gula yang berada dalam naungan PTPN X melalui program Makmur khusus petani.

“Saya sangat mengapresiasi program Makmur. Melalui program ini, petani mendapatkan bantuan pupuk, cara pengelolaanya, serta diinvetarisasi sesuai dengan kebutuhan,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (16/10/2021).

Menurutnya, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi petani tebu. Hal ini sesuai dengan Kabupaten Kediri yang terkenal akan daerah yang menjadi salah satu penghasil produksi tanaman tebu.

Rangkaian acara penyerahan bibit tebu kategori PC murni dan bongkar ratoon.Dok. Pemkab Kediri Rangkaian acara penyerahan bibit tebu kategori PC murni dan bongkar ratoon.

“Kami tahu bahwa Kabupaten Kediri merupakan salah satu penghasil tebu yang cukup banyak. Jika tebu ini ada, tetapi tidak ada pabrik gulanya percuma juga. Dengan begitu, produksi hanya menumpang lewat saja, tidak ada pemasukan apa pun,” tutur Mas Bup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia melanjutkan, keberadaan 3 pabrik gula di bawah naungan PTPN X Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri diharapkan dapat memberikan bantuan, baik bantuan tenaga maupun pikiran.

“Saya berharap tidak ada petani tebu di wilayah Kediri yang mengalami kelaparan. Semoga dengan adanya PTPN dan pabrik gula, program swasembada gula konsumsi dapat tercapai di wilayah ini,” ujar Mas Bup

Sementara itu, Mahmudi Direktur Holding PTPN menambahkan, subsidi bibit tebu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Dengan demikian, program swasembada gula konsumsi dapat terwujud pada 2024.

“Program swasembada gula konsumsi merupakan target utama kita pada 2024. Namun, naif rasanya bila swasembada dapat terwujud tanpa diimbangi dengan kesejahteraan petani. Oleh karena itu, subsidi bibit tebu ini menjadi salah satu cara kami untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani,” paparnya.

Proses simbolis penanaman bibit tebu di lahan.Dok. Pemkab Kediri Proses simbolis penanaman bibit tebu di lahan.

Adapun total subsidi bibit tebu yang diberikan sebanyak 41.284 kuintal kepada 385 orang petani tebu binaan PTPN X. Program pemberian subsidi bibit tebu unggul diberikan untuk tebu kategori planct cane (PC) murni dan bongkar ratoon.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.