Advertorial

Ini Keuntungan Beli Rumah Pakai Skema KPR Dibandingkan Cash

Kompas.com - 18/10/2021, 11:54 WIB
Launching KPR BRI Virtual Expo Volume 2 yang diadakan secara online. DOK. BRILaunching KPR BRI Virtual Expo Volume 2 yang diadakan secara online.

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki rumah impian bagi sebagian besar orang kini bukan sekadar angan-angan. Sebab, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya. Salah satunya dengan memanfaatkan skema kredit pemilikan rumah (KPR).

Executive Vice President Consumer Lending, Sales, and Development Division PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Handaru Sakti mengatakan, skema KPR lebih menguntungkan dibandingkan membeli cash.

“Apalagi, saat ini ada program down payment (DP) Rp 0. Jadi, masyarakat yang belum mempunyai cukup uang bisa langsung membeli dan menempati rumah tanpa harus membayar DP,” ujar Handaru dalam acara Launching KPR BRI Virtual Expo Volume 2, Jumat (15/10/2021).

Selain itu, lanjutnya, skema KPR juga memungkinkan pembeli mendapatkan dua asuransi sekaligus. Pertama, asuransi jiwa untuk kepala keluarga. Jadi, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan kepada kepala keluarga, ahli waris tidak akan terbebani oleh cicilan rumah selanjutnya.

“Kedua, asuransi kerugian untuk melindungi pemilik rumah jika terjadi bencana alam atau kebakaran yang bisa menimbulkan kerusakan pada rumah. Bisa dibilang, KPR memberikan solusi bagi milenial yang punya bujet pas-pasan untuk membeli rumah,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Handaru juga memberikan tips kepada masyarakat, terutama generasi milenial untuk bisa memiliki rumah impian pada usia muda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama-tama, ia mengatakan bahwa seseorang harus memiliki mimpi memiliki rumah terlebih dahulu. Kemudian, sesuaikan impian tersebut dengan bujet yang dimiliki. Pasalnya, bujet menentukan biaya angsuran per bulan ketika mengambil skema KPR dalam membeli rumah.

“Mengangsur rumah membutuhkan waktu jangka panjang. Jadi, jangan sampai melebihi kemampuan agar kredit tidak macet,” kata Handaru.

Langkah selanjutnya, tambah Handaru, adalah desain rumah. Tentukan rumah seperti apa yang diinginkan, baik itu tipe minimalis, modern, klasik, maupun alam.

Lalu, tentukan lokasi yang diinginkan. Sebaiknya, bedakan lokasi rumah untuk tempat tinggal dan investasi.

“Jika hunian yang hendak dibeli ingin digunakan untuk tempat tinggal, pilih rumah yang dekat dengan fasilitas umum, seperti sekolah, rumah sakit, dan kantor. Kalau untuk investasi, pastikan memilih lokasi yang memiliki proyek jangka panjang,” kata Handaru.

Terakhir, usahakan untuk memilih developer tepercaya dan memiliki track record yang bagus. Anda juga harus memastikan mitra bank yang bekerja sama dengan developer tersebut.

Anda bisa memilih bank yang memberikan suku bunga paling rendah, promo terbaik, fleksibel, mudah diakses, dan menawarkan proses transaksi yang cepat.

Membeli rumah secara virtual

Berbicara tentang berbagai kemudahan tersebut, mungkin Anda bisa melirik program yang ditawarkan oleh BRI. Saat ini, BRI terus mendorong penyaluran kredit konsumer, khususnya kredit properti di Indonesia dengan mengadakan KPR BRI Virtual Expo Volume 2.

Acara yang dilaksanakan selama tiga bulan penuh mulai dari 15 Oktober 2021 hingga 15 Januari 2022 tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh nasabah dan developer rekanan dalam memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-126 BRI.

Sebagai informasi, KPR BRI Virtual Expo Volume 2 merupakan lanjutan dari kesuksesan penyelenggaraan KPR BRI Virtual Expo yang dilaksanakan pada Januari 2021.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani menyampaikan bahwa acara tersebut merupakan wujud dukungan BRI dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional, khususnya di sektor properti.

“Kami berkolaborasi dengan 567 mitra developer dengan 664 proyek perumahan yang tersebar di seluruh Indonesia. BRI tidak hanya menampilkan pameran properti, tetapi juga sesi edutainment, seperti talk show, podcast, master class, serta sesi konsultasi dengan ahli desain interior dan arsitektur,” ujar Handayani dalam sambutanya.

Selain itu, BRI juga menghadirkan beragam properti lelang dengan harga yang menarik untuk masyarakat Indonesia.

Handayani menyebutkan, KPR BRI Virtual Expo Volume 2 akan lebih banyak menyasar generasi milenial yang sedang mencari rumah impian dengan cara mudah. Kemudahan ini dihadirkan BRI melalui aplikasi BRISPOT.

“Aplikasi BRISPOT bisa digunakan kapan pun dan di mana pun melalui handphone. Masyarakat juga bisa melakukan tracking atau pemantauan progres pengajuan KPR secara real-time,” papar Handayani.

Sementara itu, Handaru menambahkan bahwa BRI menyediakan berbagai promo menarik bagi masyarakat yang hendak membeli rumah, seperti suku bunga mulai dari 1,26 persen, gratis biaya provisi, gratis biaya administrasi, dan gratis biaya appraisal.

“Kami juga menawarkan diskon menarik di area home and living bazaar dari merchant rekanan BRI. Tidak ketinggalan hadiah sampai dengan Rp 150 juta bagi pengunjung expo yang beruntung,” imbuhnya.

Untuk bisa mendapatkan beragam promo spesial tersebut, kunjungi laman kprbrivirtual.com sekarang juga.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.