Advertorial

Tingkatkan Transparansi dan Good Corporate Governance Jasa Raharja, Munadi Herlambang Konsultasi ke KPK

Kompas.com - 21/10/2021, 19:52 WIB
- Dok. Humas Jasa Raharja-

KOMPAS.com - PT Jasa Raharja berkonsultasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait program vaksinasi Merdeka JRKu di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Hal itu dilakukan PT Jasa Raharja guna memastikan program vaksinasi Merdeka JRKu berjalan lancar, sesuai kaidah good corporate governance, dan bebas dari korupsi.

Pada kunjungan tersebut, Direktur Hubungan Kelembagaan Munadi Herlambang didampingi Direktur Antikorupsi Badan Usaha Aminudin. Mereka bertemu dengan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.

Munadi mengatakan, PT Jasa Raharja berupaya memastikan pelaksanaan program Merdeka JRKu yang digelar di beberapa kota di Tanah Air bebas dari korupsi.

“Meskipun program vaksinasi sudah diaudit oleh kantor akuntan publik independen, kami ingin memastikan (program vaksinasi) sesuai kaidah good corporate governance. Untuk itu, kami merasa perlu berkonsultasi dengan KPK,” ujar Munadi dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (19/10/2021).

Munadi menjelaskan, program yang menjadi bagian dari tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) tersebut memiliki target untuk memvaksinasi 134.883 orang dari seluruh Indonesia.

Adapun pelaksanaan program tersebut mengacu kepada Peraturan Menteri (Permen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nomor PER-05/MBU/04/2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, lanjut Munadi, program tersebut berpedoman pula pada ISO 26000 dan berorientasi terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB).

“Dalam pelaksanaannya, program vaksinasi disertai pembagian 3.699 paket sembako dan buah Nusantara,” terang Munadi.

Pada kegiatan vaksinasi tersebut, PT Jasa Raharja menggandeng sejumlah pihak, yakni bidang kedokteran dan kesehatan (Biddokkes), dinas kesehatan (Dinkes), pemerintah lokal, kepolisian, dan dinas perhubungan.

Jasa Raharja menanggung biaya penyelenggaraan vaksinasi, pembelian sembako, buah Nusantara, transportasi, dan akomodasi tenaga kesehatan (nakes).

“Pelaksanaan vaksinasi Merdeka JRKU telah berhasil memvaksin sebanyak 40.113 orang di 19 lokasi di seluruh Indonesia,” terang Munadi.

Lebih lanjut Munadi mengatakan, Jasa Raharja masih akan terus melanjutkan program vaksinasi Merdeka JRKu dengan target 134.883 orang.

Adapun rincian lokasi dan jumlah sasaran vaksinasi tersebut adalah di DKI Jakarta sebanyak 1.415 orang, Jawa Barat 3.000 orang, Jawa Tengah 35.500 orang, Jawa Timur 23.467 orang, Yogyakarta 25.551 orang, Bali 16.632 orang, Banten 368 orang, dan Lampung 25.000 orang.

“Kemudian, Sumatera Utara 1.000 orang, Kepulauan Riau 1.200 orang, Riau 100 orang, Papua 550 orang, Sulawesi Utara 100 orang, dan Nusa Tenggara Barat 1.000 orang,” kata Munadi.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.