Advertorial

Perkuat Jejaring Kota Kreatif, ICCN Gelar Rakornas 2021 di Kalbar

Kompas.com - 22/10/2021, 08:37 WIB
- Dok. Humas Kemenkop UKM-

KOMPAS.com - Indonesia Creative Cities Network (ICCN) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) di Pontianak dan Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), mulai 20-24 Oktober 2021.

Adapun tema yang diangkat dalam rakornas tersebut adalah "Besehe, Bekrenah, Kite Kincah!". Tema ini berarti sebagai semangat (bergerak), berkarya (kreativitas dan inovasi), dan dilakukan bersama (berkolaborasi).

Ketua Umum ICCN Fiki Satari mengatakan, dengan lebih dari 210 simpul jejaring kreatif se-Indonesia, ICCN aktif mewujudkan cita-cita para pelaku ekonomi kreatif di Tanah Air.

“Hal itu diwujudkan melalui penguatan jejaring forum lintas komunitas serta memajukan berbagai potensi kreativitas lokal ke kancah global,” ujar Fiki dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (21/10/2021).

Fiki menambahkan, ICCN sejak awal merespons pandemi Covid-19 dengan membantu jejaring komunitas kreatif melalui program dan gerakan nasional "Aksi Bersama Bantu Sesama".

Dengan begitu, pelaku ekonomi kreatif mampu bertahan dan bangkit di tengah situasi pandemi.

“Kolaborasi bersama berbagai pihak dalam upaya pemulihan ekonomi nasional yang begitu terdampak situasi pandemi Covid-19 terus dilaksanakan demi mempercepat kemajuan bersama,” terang Fiki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fikri menambahkan, Rakornas ICCN juga dioptimalkan untuk menajamkan koordinasi seluruh jejaring kreatif atas peran-peran strategis. Dengan demikian, pelaku ekonomi kreatif dapat bangkit dan bersiap menjalani era pascapandemi.

Rangkaian ICCN 2021

Rangkaian kegiatan Rakornas ICCN 2021 di Pontianak dimulai dengan Pontianak Creative Tour, yaitu kegiatan menyusuri Sungai Kapuas dan wisata Tugu Khatulistiwa. Acara dilanjutkan pada malam hari dengan sesi perdana rakornas.

Kemudian, hari kedua diisi sesi Seminar Nasional, Kumpul Kreatif, serta kelanjutan sesi rakornas yang terdiri dari beragam talk show dan workshop.

Pada hari ketiga, peserta Rakornas ICCN 2021 melakukan perjalanan ke Singkawang untuk melaksanakan serangkaian kegiatan. Mulai dari makan malam bersama Wali Kota (Walkot) Singkawang Tjhai Chui Mie, Singkawang Creative Tour, hingga community gathering.

Sebagai informasi, Ketua Dewan Pengarah ICCN Wishnutama Kusubandio, Ketua Umum ICCN Fiki Satari, pengurus nasional, koordinator daerah (korda), koordinator wilayah (korwil), serta anggota jejaring menghadiri Rakornas ICCN 2021 secara hybrid.

Sederet tokoh nasional juga turut hadir pada rakornas kali ini, di antaranya adalah Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi ((Dirjen Dikti Ristek) Profesor Ir Nizam MSc DIC PhD IPU Asean Eng, dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalbar Ria Norsan.

Kemudian, Walkot Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Walkot Singkawang Tjhai Chui Mie, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar Agus Chusaini, seniman pelaku ekonomi kreatif lokal Kalbar Romy Hernadi, webtoonis Assyifa S Arum, serta perwakilan Manjakani M Taufan dan Nabilla Syafani.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.