Advertorial

Musim Hujan Tiba, Ini 5 Skincare yang Tak Boleh Terlupa

Kompas.com - 25/10/2021, 10:11 WIB
Ilustrasi hujan. Dok. SHUTTERSTOCKIlustrasi hujan.

KOMPAS.com – Menjelang akhir tahun, sejumlah daerah di Indonesia mulai memasuki musim hujan. Udara lembap, paparan sinar matahari yang minim, dan cuaca berangin merupakan bakal lumrah akan dialami sehari-hari.

Selain memengaruhi kesehatan tubuh, kondisi tersebut turut berdampak pada kesehatan kulit, terutama wajah.

Adapun salah satu permasalahan yang kerap timbul saat musim hujan adalah kulit kering. Selain itu, musim hujan juga berpotensi semakin meningkatkan produksi minyak (sebum) bagi pemilik kulit berminyak.

Guna menghindari hal tersebut, terdapat lima produk perawatan kulit (skincare) wajah yang sebaiknya rutin kamu gunakan saat musim hujan tiba. Berikut ulasannya.

  1. Sabun cuci muka

Sabun cuci muka (face wash) merupakan produk dasar skincare yang harus diaplikasikan secara rutin, terlebih ketika kamu sering keluar rumah saat musim hujan.

Pasalnya, ketika berada di luar rumah dengan kondisi cuaca berangin, kulit wajah akan semakin rentan terpapar kotoran, debu, dan polusi. Ketiga hal ini menjadi salah satu penyebab kulit berjerawat dan berkomedo.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih maksimal, pilihlah face wash yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan gunakan setidaknya dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Toner

Secara umum, toner merupakan cairan yang dapat menghilangkan kotoran, seperti minyak dan sisa make-up, pada kulit. Toner juga memberi efek menenangkan dan menghaluskan serta mempersiapkan kulit untuk menerima perawatan wajah selanjutnya, misalnya serum dan krim pelembap.

Pada musim hujan, toner juga dapat membantu keseimbangan kadar air pada kulit wajah. Kadar hidrasi yang tepat akan membantu menjaga elastisitas, kehalusan, dan kelembapan kulit. Dengan begitu, kamu bisa menjaga penampilan agar terlihat lebih muda.

Selain itu, toner juga berfungsi untuk menjaga tingkat keasaman (pH) pada kulit. Dengan tingkat pH yang seimbang, kulit akan terhindar dari produksi minyak berlebih serta infeksi sehingga dapat menghasilkan penampilan wajah yang lebih cerah dan halus.

  1. Exfoliation

Eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati merupakan salah satu perawatan yang sangat penting bagi kulit.

Sel kulit mati yang menumpuk akan membuat wajah terlihat kusam dan kasar serta berpotensi menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan komedo dan jerawat.

Kondisi tersebut akan semakin parah bila terpapar cuaca berangin pada musim hujan.

  1. Sunscreen

Meski cuaca berawan atau hanya berada di dalam rumah, kulit wajah tetap akan terpapar sinar ultraviolet (UV).

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya tidak menanggalkan produk tabir surya (sunscreen). Apalagi, Indonesia merupakan negara tropis yang mendapatkan paparan sinar matahari sepanjang tahun.

Penggunaan sunscreen secara teratur dapat membantu mencegah komedo dan iritasi yang disebabkan paparan sinar UV. Selain itu, sunscreen juga dapat membantu mencegah kulit kusam dan penuaan dini.

  1. Pelembap

Cuaca berangin akibat musim hujan dapat memengaruhi kelembapan kulit wajah. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan produk pelembap (moisturizer) secara rutin.

Guna mendapatkan hasil maksimal, pilihlah moisturizer yang sesuai dengan tipe kulit. Sebagai contoh, pemilik kulit kering dapat menggunakan produk dengan kandungan emollient dan occlusive.

Kemudian, pemilik kulit kombinasi, dapat memilih produk moisturizer dengan formula oil-free, water based, dan non-comedogenic. Pelembap dengan formula ini juga cocok digunakan bagi pemilik kulit berminyak.

Lalu, pemilik kulit sensitif disarankan menggunakan produk dengan formula rich moisturizer, cream based, atau oil-based.

Itulah kelima skincare yang tak boleh dilupakan pada musim hujan. Kini, kelima skincare itu bisa didapatkan dengan mudah melalui marketplace, seperti Tokopedia.

Melalui marketplace tepercaya itu, kamu bisa membeli berbagai produk skincare yang sesuai tipe kulit dengan kualitas dan harga terbaik, terlebih jika kamu memanfaatkan promo pada program flash sale.

Agar lebih hemat, Tokopedia juga menawarkan program gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia.

Dengan program free ongkir tersebut, kamu bisa mendapatkan skincare terbaik tanpa harus keluar rumah saat musim hujan.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.