Advertorial

Oppo Reno6 Pro 5G, Smartphone Andalan Pencinta Fotografi

Kompas.com - 26/10/2021, 10:45 WIB
Hasil jepretan Oppo Reno6 Pro 5G Oppo IndonesiaHasil jepretan Oppo Reno6 Pro 5G

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi kamera smartphone dari waktu ke waktu semakin memanjakan penggunanya, khususnya pencinta fotografi.

Riset berjudul “Pro Photographers and their Camera Use” yang dilakukan Suite 48 Analytics pada 2020 menunjukkan, sebagian besar fotografer profesional cukup sering menggunakan smartphone untuk kebutuhan foto pribadi.

Selain itu, laporan tersebut juga menemukan penggunaan smartphone di kalangan fotografer profesional meningkat 31 persen. Meskipun para fotografer profesional tidak menampik bahwa peran kamera profesional dalam mendukung pekerjaan masih belum tergantikan.

Adapun alasan mereka menggunakan smartphone adalah faktor kepraktisan dan kemampuan gawai dalam menjangkau momen-momen tertentu. Contohnya, momen candid.

Satu dari sekian banyak smartphone yang punya dukungan teknologi dan fitur kamera canggih adalah Oppo Reno6 Pro 5G.

Secara performa, kamera Oppo Reno6 Pro 5G terbilang sudah mumpuni menghasilkan jepretan dan rekaman berkualitas. Bahkan, bisa dibilang layak menjadi senjata andalan bagi para penggemar smartphone photography.

Untuk kamera belakang, Oppo Reno6 Pro 5G mengusung konsep AI Quad Camera yang terdiri dari lensa utama 50 megapiksel (MP) dengan bukaan f/1.8, ultra wide angle 16 MP f/2.2, dan telefoto 13 MP f/2.4, dan makro 2 MP f/2.4.

Menariknya, kamera utama seri Reno tersebut menggunakan sensor Sony IMX766 yang juga tersemat pada Oppo Find X3 Pro. Berkat sensor ini, Oppo Reno6 Pro 5G mampu menghasilkan jepretan yang detail dan cerah.

Sensor Sony IMX766 juga sudah mendukung Optical Image Stabilization (OIS) dan Phase Detection Autofocus (PDA). Karena itu, Oppo Reno6 Pro 5G mampu melakukan perekaman dengan stabil dan lebih fokus pada obyek.

Tak sampai di situ, lensa telefoto Reno6 Pro 5G pun punya kemampuan perbesaran hingga dua kali atau 2x optical zoom dan lima kali perbesaran atau 5x hybrid zoom pada lensa ultra wide.

Untuk menjawab kebutuhan para penyuka selfie, smartphone tersebut sudah dibekali kamera depan beresolusi 32 MP dengan bukaan f/2.4.

Kamera Oppo Reno6 Pro 5GOppo Indonesia Kamera Oppo Reno6 Pro 5G

Didukung fitur canggih mirip kamera profesional

Guna meningkatkan pengalaman fotografi menggunakan Reno6 Pro 5G, Oppo menambahkan dua fitur canggih.

Pertama, Bokeh Flare Potrait Video. Bersama algoritma artificial intelligence (AI) milik Oppo, fitur ini dapat memisahkan obyek dan latar belakang dengan baik. Alhasil, baik foto maupun video tampak lebih dramatis dan sinematik dengan efek bokeh sempurna selayaknya ditangkap dengan kamera profesional.

Sebagai informasi, Bokeh Flare Video Effects dapat diaplikasi pada kamera depan dan kamera belakang.

Kedua, AI Highlight Video. Fitur yang didukung Ultra Night Video dan Live HDR ini dapat mengatur tingkat cahaya di sekitar obyek secara otomatis, terutama ketika pengguna merekam dalam kondisi minim cahaya atau sebaliknya. Dengan begitu, hasil rekaman akan terlihat lebih baik dan jernih.

Fitur tersebut juga mendukung DOL-HDR yang dapat meningkatkan kualitas video sehingga terlihat lebih jernih dengan warna lebih realistis. Selain itu, fitur ini menambah dynamic range video empat kali lipat.

Untuk mengaktifkan fitur AI Highlight, pengguna tinggal masuk ke aplikasi kamera, pilih mode video, dan klik tombol AI yang berada di toolbar bagian atas hingga berwarna dan muncul keterangan “AI Highlight Video on”.

Setelah itu, pengguna bisa berkreasi membuat video. AI Highlight akan secara otomatis mendeteksi cahaya dan membantu mencerahkan sehingga hasil video tampak jernih dengan efek bokeh yang dramatis. 

Untuk kebutuhan memotret malam hari atau dalam keadaan minim cahaya, Oppo Reno6 Pro 5G dilengkapi kamera Night. Mode ini mampu meredam noise sehingga jepretan yang dihasilkan terlihat mulus, cerah, dan berwarna.

Kemampuan kamera Oppo Reno6 Pro 5G diakui oleh fotografer sekaligus fashion blogger Sonia Eryka. Menurutnya, resolusi kamera yang dimiliki smartphone ini sudah sangat mengakomodasi kebutuhannya dalam mensghasilkan foto untuk media digital dan cetak.

Oppo Reno6 Pro 5G, kata Sonia, juga bisa menangkap cahaya low light. Fitur manual focus serta bokeh pada smartphone ini juga sudah cukup sehingga ia tidak perlu membawa kamera profesional atau menggonta-ganti lensa.

Bahkan, menurutnya, Oppo Reno6 Pro 5G layak diperhitungkan dalam dunia fotografi, khususnya untuk smartphone photography.

Penggunaan AI Highlight pada Oppo Reno6 5G Oppo Indonesia Penggunaan AI Highlight pada Oppo Reno6 5G

Fitur pendeteksi gerakan cepat

Keunggulan kamera Oppo Reno6 Pro 5G kian bertambah dengan hadirnya fitur focus tracking. Fitur ini merupakan sistem autofocus di mana prosesor kamera menganalisis obyek yang bergerak dan memprediksi gerakan berikutnya.

Fitur ini pas digunakan untuk menangkap obyek-obyek yang bergerak spontan dan cepat. Contohnya, momen olahraga, anak bermain, orang berjalan, atau konten-konten tarian Tiktok.

Oppo Reno6 Pro 5G tidak hanya unggul dari segi kamera, tapi juga performa mesin dan baterai. Tampilannya pun begitu elegan sehingga menunjang penampilan penggunanya. Informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut bisa kamu temukan di sini.

Sebagai informasi, Oppo Reno6 Pro 5G telah tersedia di Oppo Gallery, Oppo Store, dan gerai smartphone rekanan.

Selain itu, smartphone yang dibanderol dengan Rp 10.999.000 itu juga bisa dibeli secara online di OPPO Online Store serta e-commerce terkemuka, seperti Akulaku, Blibli, JD.id, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.