Advertorial

20 Negara Tercatat sebagai Potential Buyer dalam Pertamina SMEXPO 2021

Kompas.com - 27/10/2021, 14:30 WIB

KOMPAS.com – Pertamina SMEXPO 2021 berhasil meningkatkan potensi transaksi untuk pasar ekspor. Sebanyak 20 negara tercatat menjadi potential buyer produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mitra binaan Pertamina.

Sebagai informasi, Pertamina SMEXPO 2021 merupakan perhelatan akbar yang diselenggarakan Pertamina untuk membuka akses pasar dan memberdayakan potensi UMKM mitra binaan Pertamina di ranah global.

Dalam penyelenggaraannya, Pertamina bekerja sama dengan organisasi diaspora Indonesia di berbagai negara, yakni Indonesia Diaspora SME-SMI Export Empowerment and Development (ID-SEED). Organisasi tersebut berperan mendampingi UMKM mitra binaan Pertamina agar dapat memasarkan produknya di pasar global.

Pejabat Sementara (Pjs) Senior Vice President (SVP) Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, potensi transaksi bisnis selama penyelenggaraan Pertamina SMEXPO 2021, pada 12-14 Oktorber 2021, berasal dari transaksi retail dan business matching.

Jumlah tersebut, kata Fajriyah, meningkat dibandingkan gelaran Pertamina SMEXPO 2020. Pada gelaran itu, 15 negara tercatat menjadi potential buyer dan peminat produk UMKM binaan Pertamina didominasi Australia.

“Pada ajang Pertamina SMEXPO 2021, terdapat 20 negara yang (dengan peminat produk) didominasi oleh negara Amerika Serikat,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (27/10/2021).

Fajriyah menambahkan, besarnya potensi transaksi bisnis tersebut menunjukkan bahwa Pertamina SMEXPO diminati dan dinantikan para pelaku bisnis global. Selain itu, acara tersebut juga menunjukkan bahwa kualitas produk UMKM mitra binaan Pertamina telah diakui dunia.

Masyarakat dapat mengakses Pertamina SMEXPO 2021 sebagai pilihan marketplace.Dok. Pertamina Masyarakat dapat mengakses Pertamina SMEXPO 2021 sebagai pilihan marketplace.

“Semoga Pertamina SMEXPO dapat menjadi motivasi dan memberikan angin segar bagi pelaku UMKM di Tanah Air untuk terus berkarya yang terbaik, serta menghasilkan produk-produk berkualitas sehingga bisa dipasarkan ke hampir seluruh benua,” ujarnya.

Menurut Fajriyah, antusiasme pelaku pasar global terhadap produk UMKM di Indonesia juga mendorong Pertamina untuk melanjutkan Pertamina SMEXPO dengan skala dan produk yang lebih besar. Dengan demikian, lebih banyak kesempatan terbuka bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya melalui pemasaran digital.

“Pertamina akan terus mendorong UMKM untuk bisa naik kelas sehingga bisa bersaing di kancah global,” kata Fajriyah.

Dengan demikian, pelaku UMKM dapat menghasilkan devisa, mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, dan menyerap tenaga kerja yang tinggi.

“Dengan dukungan stakeholder, Pertamina akan terus berada di garda terdepan mendukung UMKM maju, mandiri, dan berkelas dunia,” ujar Fajriyah.

Sebagai informasi, Pertamina SMEXPO 2021 berhasil menyabet rekor MURI sebagai Pemberdayaan UMKM Wanita Terbanyak melalui Toko Digital.

Meskipun acarany telah ditutup, masyarakat masih bisa mengakses Pertamina SMECPO 2021 melalui laman www.smexpo.pertamina.com sebagai salah satu pilihan marketplace produk UMKM Indonesia.

Selain mendukung pengembangan UMKM, Pertamina SMEXPO 2021 juga merupakan wujud konsistensi Pertamina dalam menggalakkan dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Upaya ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8 dan implementasi program-program berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) di seluruh wilayah operasionalnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com