Advertorial

Gandeng IWAPI, Pertamina Dorong Perempuan Pelaku UMKM Bersinar di Kancah Global

Kompas.com - 27/10/2021, 14:53 WIB
Penandatangan kerja sama antara Pertamina dan IWAPI untu mendukung perempuan pelaku UMKM di Indonesia Dok. PertaminaPenandatangan kerja sama antara Pertamina dan IWAPI untu mendukung perempuan pelaku UMKM di Indonesia

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) untuk mendorong perempuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bersinar di kancah global. 

Kolaborasi tersebut diwujudkan dengan penandatanganan kerja sama yang dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi dan Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IWAPI Dyah Anita Prihapsari, Sabtu (15/10/2021).

Penandatanganan kerja sama itu turut dihadiri Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini sebagai saksi. 

Nicke mengatakan, Pertamina saat ini memiliki mitra binaan kurang lebih 63.000 UMKM dengan 22.000 di antaranya dikelola perempuan.

Secara persentase, ia melanjutkan, perempuan pelaku UMKM binaan Pertamina berjumlah sekitar 33 persen. Pertamina akan berupaya meningkatkan komposisi tersebut hingga 47,2 persen mengikuti standar nasional.

Langkah tersebut sekaligus menjadi realisasi program peningkatan women leadership yang dicanangkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Atas dasar itu, Pertamina memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelatihan dan pendampingan agar wanita bisa mendapatkan kesempatan yang sama. Melalui kerja sama ini, perempuan pelaku UMKM dapat berkembang. Pendampingan yang kami berikan meliputi peningkatan skill, pembukaan pemasaran, dan pendanaan,” ujar Nicke dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (27/10/2021).

Menurut Nicke, peningkatan kapasitas perempuan pelaku UMKM juga selaras dengan butir kelima Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu kesetaraan gender.

SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah agenda penyelamatan manusia dan bumi yang diinisiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Agenda ini terdiri dari 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan diberi tenggat oleh PBB.

“Saya yakin bahwa langkah yang ditempuh Pertamina ini demi kebaikan bersama. Inklusivitas harus tercipta agar tidak ada lagi perbedaan gender,” kata Nicke.

Di sisi lain, Dyah mengungkapkan apresiasinya terhadap dukungan yang diberikan Pertamina. Menurutnya, kehadiran Pertamina sangat membantu para pelaku UMKM di Tanah Air. 

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Pertamina,” ucapnya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.