Advertorial

Semarak Kemeriahan Hiasi Parade Wisuda Oktober ITB 2021

Kompas.com - 28/10/2021, 16:48 WIB
Parade Wisuda Oktober ITB 2021. Dok. ITBParade Wisuda Oktober ITB 2021.

KOMPAS.com – Sebagai bentuk apresiasi tertinggi kepada para mahasiswa yang telah menuntaskan pendidikannya, Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar wisuda pada April, Juli, dan Oktober setiap tahunnya.

Khusus pada Parade Wisuda Oktober ITB 2021 yang dihelat pada 2-30 Oktober 2021, ITB mengangkat tema “Harmonisasi Budaya”.

Parade tersebut pun menjadi kenangan dan kado terakhir 1.746 wisudawan strata-1 (S1) ITB sebelum menapaki dunia baru.

Sebagai informasi, wisuda tingkat program studi (prodi) atau jurusan telah dilaksanakan pada Jumat (22/10/2021). Sementara itu, wisuda tingkat fakultas dan rektorat digelar pada Sabtu (23/10/2021).

Meski dihelat pada situasi pandemi Covid-19, kemeriahan, keseruan, dan kebersamaan tetap terasa pada gelaran tersebut.

Selain sebagai bentuk apresiasi wisudawan yang terintegrasi, Parade Wisuda Oktober ITB 2021 juga dimanfaatkan menjadi wadah orientasi nilai budaya dan kolaborasi bagi mahasiswa ITB. Hal ini juga tecermin melalui tanda pagar atau tagar (hashtag) yang terlihat pada postingan media sosial (medsos) Parade Wisuda Oktober ITB 2021, yaitu #HarmonisasiBudaya.

Ketua Parade Wisuda Oktober ITB 2021 Muhammad Yogi Syahputra mengatakan, sejumlah penampilan budaya terpaksa tidak ditampilkan akibat wisuda dilaksanakan secara online, terutama arak-arakan yang selalu menjadi momentum besar dalam setiap Parade Wisuda ITB.

Menurut Yogi, 45 himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) dan puluhan unit kegiatan mahasiswa (UKM) memiliki budaya berbeda. Budaya tersebut terharmonisasi menjadi kesatuan Keluarga Mahasiswa (KM) ITB.

“Perlu dilakukan inovasi sehingga setiap HMJ dan UKM dapat kembali mengaktualisasikan budaya mereka. Hal ini juga bertujuan agar mahasiswa tingkat pertama dan kedua dapat mengetahui budaya setiap HMJ dan UKM,” ucap Yogi dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (27/10/2021).

Yogi menerangkan, Parade Wisuda Oktober 2021 dapat berjalan secara megah dan penuh inovasi berkat dukungan dan peran dari para panitia dan massa kampus. Secara khusus, Yogi juga menyampaikan beberapa pesan kepada para wisudawan.

“Selamat kepada para wisudawan yang telah mengabdi selama empat tahun di ITB untuk menimba ilmu dan mencari pengalaman. Semoga kalian dapat memberi yang terbaik untuk Tuhan, bangsa, dan almamater, serta (mampu) menggapai mimpi masing-masing,” jelas Yogi.

Untuk diketahui, dalam Parade Wisuda Oktober ITB 2021, ITB meluncurkan logo yang merupakan gabungan tiga entitas, yaitu panda, bambu, dan gajah.

Panda melambangkan kedamaian serta keselarasan dalam keseimbangan warna hitam dan putih. Sementara itu, bambu melambangkan entitas yang terintegrasi dan budaya oriental. Bambu ini memiliki tiga ruas bagian yang melambangkan wisuda ketiga di ITB.

Kemudian, gajah melambangkan ITB dan akar bagi setiap mahasiswa ITB serta menjadi implementasi integrasi antara Parade Wisuda Oktober ITB 2021 dengan KM ITB.

Berbagai acara menghiasi kemeriahan Parade Wisuda Oktober ITB 2021. Beberapa di antaranya dilaksanakan secara hybrid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Rangkaian acara tersebut tidak hanya dimeriahkan serta diikuti oleh massa kampus ITB dari setiap tingkat, tetapi juga wisudawan, keluarga wisudawan, dan masyarakat umum. Berikut ulasannya.

  1. TPB Got Talent

TPB Got Talent merupakan perlombaan antarmahasiswa tahap pembelajaran bersama (TPB) tingkat pertama yang menjadi wadah entertainment sekaligus unjuk bakat, seperti menyanyi, bermain drama dan alat musik, stand up comedy, serta membaca puisi.

TBP Got Talent. Dok. ITB TBP Got Talent.

Setiap fakultas wajib mengirimkan satu perwakilan, baik individu maupun kelompok, untuk perlombaan tersebut. Total, TPB Got Talent menghadirkan 13 perwakilan dari 13 fakultas yang ada di ITB.

  1. Movie Night X Virtual Blind Date

Movie Night X Virtual Blind Date (VBD) menjadi salah satu wahana hiburan bagi wisudawan dan massa kampus yang bekerja sama dengan salah satu UKM di ITB, yaitu Liga Film Mahasiswa (LFM).

Perhelatan tersebut terbagi atas dua kegiatan, yakni Movie Night X VBD Wisudawan pada 8 Oktober 2021 dan Movie Night X VBD Massa Kampus pada 16 Oktober 2021.

Movie Night X VBD Wisudawan dan Massa Kampus diawali dengan penayangan lima film pendek produksi LFM yang bertema perjalanan dan pendewasaan.

Setelah menonton film bersama di main room, para peserta akan dibagi secara acak oleh para panitia menuju breakout room untuk saling berkenalan. Apabila merasa cocok, peserta dapat melanjutkan interaksi di platform lain.

  1. Pentas Seni Amal

Pentas Seni Amal diadakan pada 17 Oktober 2021. Selain sebagai sarana hiburan berbentuk konser musik, Pentas Seni Amal juga merupakan implementasi budaya melalui art performance.

Penonton dapat berdonasi dengan scanning Quick Response (QR) Code yang ditampilkan saat acara berlangsung. Seluruh dana yang terkumpul akan disalurkan melalui kegiatan charity.

 

Pada gelaran tersebut, panitia Parade Wisuda Oktober ITB 2021 turut mengumumkan pemenang challenge dan juara TPB Got Talent serta Virtual Blind Date.

 

  1. Webinar X Networking Session

Webinar X Networking Session yang dilaksanakan pada 15-16 Oktober 2021 dikemas dalam bentuk seminar online. Acara ini menghadirkan sejumlah narasumber yang merupakan alumni ITB.

Webinar X Networking Session. Dok. ITB Webinar X Networking Session.

Terdapat delapan tema yang dibahas dalam kegiatan tersebut, yaitu Studi Lanjut Strata-2 (S-2), Art, Science, Technology, Entrepreneurship, Engineering, Finance, dan Management.

  1. Edufair

Edufair merupakan kegiatan pengenalan pendidikan S-2 melalui live interaction yang digelar pada 18-25 Oktober 2021 melalui platform Zoom. Kegiatan ini diisi oleh 11 partisipan yang berasal dari instansi pendidikan atau Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).

Selain melalui live interaction, para mahasiswa juga bisa melihat profil, dokumentasi, dan logo, serta video instansi pendidikan dan PPI melalui virtual booth yang disediakan.

  1. Mimbar Bebas

Mimbar Bebas merupakan wadah yang disediakan bagi para wisudawan ITB. Melalui acara ini, mereka dapat menyampaikan orasi atau narasi serta menampilkan pembacaan puisi dan live performance.

Mimbar Bebas. Dok. ITB Mimbar Bebas.

Acara tersebut disiarkan secara live di kanal Youtube Perayaan Wisuda Oktober 2021 pada 20 Oktober 2021.

  1. Pameran Virtual Tugas Akhir

Pameran Virtual Tugas Akhir menampilkan biodata singkat dan bagian abstrak tugas akhir wisudawan sekaligus portofolio kegiatan di luar tugas akhir.

Walaupun baru pertama kali dicetuskan, pameran tersebut menarik antusiasme para wisudawan. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang mencapai lebih dari 100 orang.

  1. Arak-arakan

Arak-arakan merupakan puncak dari rangkaian Parade Wisuda Oktober ITB 2021. Acara ini menampilkan iring-iringan penampilan budaya dan orasi dari seluruh HMJ ITB.

Berbeda dengan wisuda daring 2020, kali ini, arak-arakan digelar secara semidaring, yakni melalui perekaman di ITB dan Zoom.

Arak-arakan. Dok. ITB Arak-arakan.

Kemeriahan tersebut menjadikan arak-arakan sebagai acara yang dinanti setiap tahunnya. Hingga kini, Arak-arakan Parade Wisuda Oktober ITB 2021 sudah disaksikan oleh lebih dari 5.000 penonton di kanal Youtube.

  1. Charity

Charity merupakan kegiatan donasi yang dikumpulkan dalam bentuk uang dan barang dari massa kampus dan masyarakat umum.

Donasi berupa barang bekas disumbangkan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan masyarakat sekitar yang membutuhkan, khususnya yang berada di lingkungan ITB,

Sementara itu, donasi berbentuk uang didistribusikan melalui Badan Semi Otonom (BSO) di ITB, yaitu Skhole.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.