Advertorial

Gelar PEF 2021, Unpad Siapkan Calon Mahasiswa untuk Memasuki Perguruan Tinggi

Kompas.com - 29/10/2021, 10:37 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia lebih dari setahun terakhir berdampak pada berbagai sektor, termasuk pendidikan. Hal ini membuat pemerintah menerapkan pembelajaran secara daring guna mengantisipasi risiko penularan Covid-19 di sekolah.

Hanya saja, proses pembelajaran secara daring kerap menemui sejumlah kendala sehingga tidak berjalan optimal. Hal ini dapat berdampak buruk dalam kegiatan belajar mengajar, seperti kurangnya animo peserta didik untuk mengikuti pelajaran.

Selain pelaksanaan pendidikan, kendala juga timbul dari rendahnya kesadaran peserta didik dalam memahami pentingnya pendidikan untuk menunjang kompetensi diri.

Salah satu penyebab masalah tersebut adalah kurang radikalnya penanaman nilai-nilai edukasi yang kurang mendalam. Ini membuat kesadaran peserta didik terhadap pentingnya pendidikan menjadi tidak mengakar.

Hal tersebut menjadi salah satu latar belakang penyelenggaraan Padjadjaran Education Festival (PEF). PEF hadir di tengah masyarakat untuk menyeimbangkan informasi peserta didik terhadap pendidikan secara sinergis. 

Selain itu, penyelenggaraan PEF juga bertujuan untuk mengedukasi siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan pendidikan sederajat terkait dunia perkuliahan, mulai dari program studi hingga kegiatan informal di Universitas Padjadjaran (Unpad).

Pihak penyelenggara berharap, kehadiran PEF dapat merepresentasikan Unpad di tengah masyarakat sebagai salah satu lembaga tinggi yang terbaik dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap kualitas pendidikan.

Adapun penyelenggaraan PEF 2021 mengangkat tema “Akadjaran: Akasa Padjadjaran” yang merupakan akronim dari kata “Akasa” dan “Asa Padjadjaran”.

“Akasa” berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti angkasa. Sementara, asa memiliki arti harapan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kedua kata tersebut dapat dimaknai sebagai implementasi dari bentuk nilai terhadap harapan siswa serta siswi SMA, SMK, dan sederajat di Bumi Padjadjaran.

PEF 2021 senantiasa menstimulasi motivasi dan paradigma masyarakat, khususnya siswa SMA dan sederajat, untuk mempersiapkan diri mereka saat memasuki gerbang perguruan tinggi. Pasalnya, corak nilai dan wahana beragam yang dimiliki perguruan tinggi dapat berfungsi untuk mengelaborasi pemahaman serta pandangan peserta didik.

Rangkaian PEF 2021

Untuk diketahui, PEF 2021 memiliki tujuh rangkaian acara yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa.

Pertama, Penjuru Unpad yang merupakan salah satu rangkaian Live Jurusan PEF 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk interactive sharing session tentang seluruh jurusan di Unpad melalui sudut pandang mahasiswa. Acara ini dapat diikuti peserta melalui Zoom Meeting dan juga disiarkan secara live di kanal YouTube PEF 2021.

Acara PEF 2021. DOK. Kompas.com Acara PEF 2021.

Penjuru Unpad dapat membuka pikiran sekaligus membantu peserta didik keluar dari dilema pemilihan jurusan atau konsentrasi pendidikan. Program ini telah berlangsung sebanyak 21 sesi dengan mengundang 67 delegasi pembicara dari tiap program studi dan perwakilan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU).

Walau acara telah berakhir, masyarakat masih bisa menyaksikan rangkaian Penjuru Unpad melalui kanal YouTube PEF 2021.

Kedua, rangkaian webinar series yang digelar melalui Zoom Meeting yang diikuti siswa dan siswi SMA, SMK, dan sederajat yang telah mendaftarkan diri.

Webinar series tersebut dilaksanakan sebanyak dua kali. Webinar pertama yang bertema “Know the Boundaries Before You Go To Your Dream Universities” digelar pada Jumat (1/10/2021). Kemudian, webinar kedua dengan tema “What Will Life Be Like as an Unpad Student?” digelar pada Sabtu (16/10/2021).

Peserta yang mengikuti acara tersebut dapat berinteraksi langsung dengan pembicara dan mengikuti kuis. Panitia berharap, penyelenggaraan webinar ini dapat menjadi wadah bagi peserta agar dapat mengembangkan pola pikir dalam memilih dan mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia perkuliahan.

Ketiga, tryout Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tes ini merupakan salah satu metode untuk menyeleksi dan memilih peserta didik masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN).

Seperti diketahui, sejak 2019, terjadi pemutakhiran sistem metode tes yang digunakan untuk menyeleksi peserta bernama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Hasil dan nilai dari UTBK dapat digunakan sebagai parameter kemampuan peserta untuk bersaing dengan peserta lainnya dalam memperebutkan kursi di PTN.

Di Universitas Padjadjaran, nilai UTBK tersebut dapat dikonversikan menjadi nilai yang diajukan untuk bersaing di Seleksi Mandiri Universitas Padjadjaran.

Adapun tryout SBMPTN Unpad digelar pada Sabtu (23/10/2021), sehari setelah peserta diberikan pembekalan materi.

Keempat, Padjadjaran Trial Class. Acara ini merupakan inovasi dari PEF 2021 yang berisi simulasi kelas perkuliahan di kampus dan diajarkan langsung oleh tenaga pendidik Unpad. Program ini dapat menjadi ajang bagi calon mahasiswa untuk mengetahui gambaran dinamika akademik di jurusan terkait sekaligus mempersiapkan fisik dan mentalnya.

Padjadjaran Trial Class akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 November 2021 dengan paket program studi yang tersedia.

Kelima, talk show bertema “The PEF Show: Empower Your College Years to Prepare After Graduate Life” yang akan diselenggarakan secara live melalui YouTube pada Sabtu (13/11/2021). Peserta acara ini merupakan siswa dan siswi SMA atau sederajat yang telah mendaftarkan dirinya untuk mengikuti rangkaian acara PEF 2021.

Talk show tersebut akan memberikan gambaran pada calon mahasiswa baru tahun 2022/2023 mengenai cara memberdayakan masa-masa perkuliahan dan memaksimalkan setiap peluang yang ada untuk dapat mempersiapkan masa depan.

Terakhir, event penutupan sekaligus puncak dari PEF 2021 yang akan digelar pada Minggu (14/11/2021). Acara penutupan ini akan menghadirkan berbagai pihak bertalenta di berbagai bidang.

Acara tersebut bertujuan memberikan gambaran kepada peserta bahwa Unpad memiliki banyak keragaman dan potensi lain di samping sektor akademis.

Puncak acara PEF 2021 akan memberikan hiburan kepada peserta melalui berbagai konten yang meriah dan penuh euforia. Tujuannya, untuk menarik dan menumbuhkan animo peserta bersaing dengan ketat memperebutkan kuota bangku perkuliahan di Unpad.

Sejatinya, rangkaian acara PEF 2021 bertujuan untuk mencerdaskan dan memberikan pandangan holistik seputar akademik kepada masyarakat luar dan peserta didik. Selain itu, PEF 2021 juga berupaya berperan sebagai katalisator yang dapat memantik semangat juang peserta dalam bersaing menuju perguruan tinggi terbaik.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.