Advertorial

Obati Kerinduan akan Korsel, KTO Jakarta Kembali Adakan Muslim Friendly Korea Festival 2021

Kompas.com - 30/10/2021, 11:17 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com – Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta kembali menyelenggarakan Muslim Friendly Korea Festival 2021 (MFKF 2021) secara daring selama tiga hari, mulai Jumat (29/10/2021) hingga Minggu (31/10/2021).

Acara yang mengangkat tema “Sebelum ke Sana , Kita Ketemu di Sini” tersebut menjadi media bagi wisatawan muslim yang ingin mendapatkan informasi untuk mempersiapkan perjalanan ke Korea Selatan (Korsel) setelah pandemi Covid-19.

Direktur KTO Jakarta Yang Su-bae mengatakan bahwa acara MFKF 2021 dikemas dengan lebih informatif dan menarik untuk diikuti dibandingkan festival tahun lalu.

“Jadi, silakan untuk menyaksikan show selama tiga hari ke depan untuk mendapatkan inspirasi baru dalam merencanakan liburan Anda berikutnya ke Korsel,” ujarnya dalam pidato pembukaan acara, Jumat.

Ia juga mengungkapkan bahwa festival tersebut hadir untuk mengobati rasa rindu liburan ke Korsel. Sebab, selama pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia harus menunda rencana liburan ke Negeri Gingseng.

Selain itu, MFKF juga menjadi bentuk kampanye muslim friendly Korea dari KTO Jakarta. Kampanye tersebut menunjukkan sejumlah kenyamanan yang disiapkan Korsel bagi wisatawan muslim saat berwisata. Salah satunya, fasilitas-fasilitas yang ramah muslim.

“Kami berharap, masyarakat Indonesia tetap ingat Korsel sebagai destinasi pariwisata yang ramah bagi wisatawan muslim. Dengan demikian, Korsel bisa dijadikan tujuan pertama bagi wisatawan Indonesia untuk liburan setelah pariwisata internasional kembali membaik,” kata Su-bae.

Meski bukan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, wisatawan dapat dengan mudah menemukan restoran-restoran bersertifikat halal dan ramah muslim di berbagai kota besar Korsel.

Tak hanya itu, laporan Global Muslim Travel Index pada 2019 juga menyebutkan bahwa Korsel menduduki peringkat ke-8 sebagai negara di luar Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang menjadi destinasi wisata ramah muslim.

Pencapaian tersebut sejalan dengan jumlah kunjungan wisatawan muslim ke Korsel yang diperkirakan menembus angka 1 juta orang untuk pertama kalinya pada 2019.

Rangkaian acara yang dapat diikuti selama MFKF 2021.Dok. KTO Jakarta Rangkaian acara yang dapat diikuti selama MFKF 2021.

Dalam acara pembukaan yang diadakan secara langsung melalui Instagram @ktoid itu, hadir pula MICE and Event Manager KTO Jakarta Akhmed Faezal .

Menurutnya, festival MFKF 2021 lebih meriah. Pasalnya, mulai dari tema, show, hingga hadiah yang disiapkan dapat membuat masyarakat semakin kangen dengan Korsel.

“Kami akan memberikan informasi tentang Korsel sebanyak-banyaknya. Jadi, masyarakat dapat menuliskan rencana liburannya ke Korea. Kemudian, setelah border terbuka, bisa langsung berangkat ke Korsel,” ujarnya.

Faezal juga berharap Korsel dapat menjadi destinasi wisata nomor satu kembali. Sebab, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korsel semakin tahun semakin bertambah.

“Semoga setelah pandemi Covid-19 mereda, wisata ke Korsel menjadi booming lagi,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini, pemerintah Korsel belum membuka border internasional karena masih berusaha untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Meski demikian, Korsel masih terbuka bagi beberapa jenis kunjungan, seperti perjalanan bisnis dan pendatang dengan visa pelajar atau visa keluarga. Pemerintah Korsel juga menetapkan masa karantina selama 14 hari bagi mereka yang datang dari luar negeri.

Sebagai informasi, MFKF 2021 akan menghadirkan beragam pilihan acara, mulai dari budaya, fesyen, kuliner, destinasi antimainstream, tujuan wisata wellness, dan hallyu, yang semuanya ramah muslim.

Sejumlah public figure dan Korea traveller pun akan memandu show yang diadakan dua kali dalam satu hari. Mereka adalah Mutiara Adiguna, Furry Citra, Alika Islamadina, Han Yoo Ra, Sasyachi, dan Tiffani Afifa.

Tak hanya itu, peserta yang mengikuti festival tersebut juga berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah menarik dengan mengikuti rangkaian acara atau live quiz di akun Instagram @ktoid.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Muslim Friendly Korea Festival 2021, silakan klik tautan berikut ini.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.