Advertorial

Ingin Capai Kebebasan Finansial? Mulai dari Sekarang, Ini 3 Tahapannya

Kompas.com - 31/10/2021, 08:49 WIB

KOMPAS.com – Meraih financial freedom atau kebebasan finansial merupakan impian sebagian besar orang.

Pasalnya, ketika telah meraih kebebasan finansial, seseorang tidak perlu bekerja keras lagi karena telah memiliki kekayaan yang cukup, baik untuk memenuhi kebutuhan pokok maupun tersier.

Meski begitu, meraih kebebasan finansial bukan perkara mudah. Ada sejumlah hambatan yang kerap dihadapi pejuang financial freedom, seperti tujuan keuangan yang belum jelas, pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan, serta tidak memiliki dana darurat atau dana cadangan.

Head of Investment Communication and Fund Development Allianz Life Indonesia Meta Lakhsmi Permata Dewi mengatakan, untuk mencapai financial freedom, seseorang harus menentukan tujuan atau goal sebelum membuat perencanaan keuangan.

Kemudian, rutin melakukan evaluasi rencana keuangan secara berkala, minimal satu tahun sekali. Dengan begitu, rencana keuangan yang telah disusun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi terkini.

Selain itu, seseorang juga harus memahami tahapan piramida yang harus dilalui untuk mencapai financial freedom. Berikut ulasannya.

Financial stability

Sebagai titik awal, tahapan yang harus dilalui adalah financial stability atau kondisi keuangan yang stabil.

Tahapan tersebut dapat dicapai bila seseorang sudah dapat memenuhi semua kebutuhan dasarnya. Selain itu, seseorang juga harus terbebas dari utang atau kredit macet.

Tak kalah penting, seseorang juga harus memiliki dana darurat. Idealnya besaran dana darurat sekitar 3-6 bulan dari penghasilan. Jika tahapan pertama ini terpenuhi, maka Anda bisa memulai untuk melakukan investasi.

Financial independency

Ciri financial independency adalah ketika seseorang mulai melihat dana yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan lain di luar kebutuhan pokok. Sebagai contoh, dana pendidikan, pensiun, dan warisan.

Selain itu, pada tahap ini seseorang dapat mulai mengukur kondisi finansial serta ketercukupan dana untuk berinvestasi. Perlu diketahui, investasi yang hendak dilakukan tidak boleh menggunakan uang yang sudah dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari.

Financial freedom

Pada tahap ini, seseorang tidak perlu lagi memikirkan cara untuk mendapatkan uang ketika membutuhkan sesuatu.

Singkatnya, ketika menginginkan sesuatu, seseorang tak lagi terbebani dengan kemungkinan untuk berhutang demi membeli suatu barang atau jasa.

Nah, itulah tiga tahapan untuk mencapai financial freedom.

Namun, hal terpenting dari ketiga tahapan tersebut adalah memulai langkah dari sekarang untuk mencapai financial freedom. Dengan begitu, impian kebebasan finansial jadi selangkah lebih dekat.

Apabila sudah membangun fondasi kokoh dari piramida tersebut, menentukan tujuan, jangka waktu, dan profil risiko investasi, selanjutnya adalah melengkapi perencanaan keuangan dengan perlindungan asuransi untuk mencapai financial freedom sesuai rencana.

Salah satu perlindungan tersebut bisa diperoleh dari produk asuransi, seperti yang ditawarkan oleh Allianz Indonesia.

Sebagai informasi, untuk membantu nasabah mencapai financial freedom, Allianz senantiasa memberikan edukasi mengenai perencanaan keuangan, perlindungan asuransi yang dimiliki, dan kiat dalam mencapai financial freedom sesuai dengan kebutuhan masing-masing nasabah.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.