Advertorial

Sambut Hari Pahlawan, Jasa Marga dan BNPT Gelar Parade Foto Pahlawan Nasional di Jalan Tol Jabotabek

Kompas.com - 02/11/2021, 15:34 WIB

KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kementerian Sosial (Kemensos), dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar Parade Foto Pahlawan Nasional.

Gelaran tersebut dilaksanakan di sepanjang jalan tol milik Jasa Marga Group wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek), Senin (1/11/2021).

Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mayjen TNI Untung Budiharto mengatakan, Parade Foto Pahlawan Nasional dapat menjadi tolok ukur sekaligus mempertebal rasa nasionalisme.

“Meski digelar secara sederhana, Parade Foto Pahlawan Nasional begitu bermakna untuk terus melanjutkan nilai-nilai yang ditanamkan para pahlawan,” ujar Untung dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (2/11/2021).

Untung menambahkan, acara tersebut menjadi momentum untuk mengenang serta menghormati jasa-jasa para pahlawan.

“Dengan demikian, rasa nasionalisme semakin kuat di tengah gempuran radikalisme yang marak terjadi di Tanah Air beberapa waktu terakhir,” terang Untung.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Human Capital and Transformasi Jasa Marga Enkky Sasono A W serta Direktur Klinik Pancasila dan Kelompok Ahli BNPT DR Dody Susanto.

Turut hadir pula Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kemensos Herman Koswara, putri Bung Hatta Halida Nuriah Hatta, dan perwakilan Persatuan Keluarga Putra-Putri Perintis Kemerdekaan Indonesia 1908-1945.

Pupuk semangat kepahlawanan

Penyelenggaraan parade foto di sepanjang jalan tol merupakan manifestasi gerakan Sinergi Anti Terorisme Radikalisme Intoleransi Anarkisme (SATRIA). Gerakan ini bertujuan untuk memupuk semangat kepahlawanan, perjuangan, dan patriotisme.

Di ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga Group tersebut, foto-foto pahlawan nasional ditampilkan dalam bentuk media luar ruang, seperti spanduk di jembatan penyeberangan orang (JPO) atau overpass, spanduk di rest area, dan gerbang tol.

Secara keseluruhan, terdapat 27 titik yang tersebar di jalan tol milik Jasa Marga Group di wilayah Jabotabek. Rinciannya adalah 16 titik terletak di wilayah Jasa Marga Metropolitan Tollroad Regional Division (Jalan Tol Jagorawi, Dalam Kota, Prof Dr Ir Sedyatmo, Jakarta-Tangerang, dan Purbaleunyi).

Kemudian, 11 titik di wilayah Jasamarga Transjawa Toll Road Regional Division (Jalan Tol Jakarta-Cikampek).

Pada kesempatan tersebut, Enkky mengapresiasi inisiatif BNPT dan Kemensos yang menggelar Parade Foto Pahlawan Nasional di jalan tol.

“Jasa Marga bangga dapat berpartisipasi dalam kegiatan Parade Foto Pahlawan Nasional sebagai rangkaian dari Peringatan Hari Pahlawan 2021,” kata Enkky.

Lewat acara tersebut, lanjutnya, masyarakat dapat mengingat kembali sejarah perjuangan dan pengorbanan para pahlawan.

“Parade Foto Pahlawan Nasional dapat menginspirasi generasi muda untuk berkarya serta membangun negara dan bangsa,” ucapnya.

Enkky juga berpesan kepada seluruh roadster Jasa Marga Group untuk terus meneladani kegigihan para pahlawan dalam berjuang dan mempertahankan kemerdekaan.

Hal itu dapat diwujudkan dengan melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan perusahaan dengan sebaik-baiknya.

Segala upaya terbaik roadster Jasa Marga harus selaras dengan implementasi tata nilai amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif (AKHLAK) yang digaungkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Terus bersemangat dalam menciptakan karya yang kreatif dan inovatif untuk mendorong kemajuan perusahaan melalui bidang tugas masing-masing. Mari jadikan Jasa Marga Group sebagai tempat belajar, bertumbuh, dan berkontribusi untuk Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Halida Nuriah Hatta mengaku bahagia dengan penyelenggaraan acara yang digagas oleh BNPT, Kemensos, Jasa Marga, dan Klinik Pancasila.

Halida menilai, acara tersebut merupakan bentuk kehormatan bagi pahlawan Indonesia.

Ia berharap, seluruh masyarakat Indonesia dapat menjaga benang merah perjuangan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan melalui kekuatan sendiri.

“Sebagai salah satu anak dari Bung Hatta, saya juga berharap warisan para pahlawan, baik kekuatan maupun pemikiran mereka, dapat diteruskan di masa datang untuk kemajuan negara yang kita cintai ini,” kata Halida.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.