Advertorial

Startup Lokal Bantu Kesehatan Mental Lebih dari 12.000 Masyarakat yang Terpuruk Saat Pandemi

Kompas.com - 04/11/2021, 08:30 WIB
Bicarakan.id merupakan platform yang menyediakan sesi konseling online antara pengguna dengan psikolog profesional. Dok. Bicarakan.idBicarakan.id merupakan platform yang menyediakan sesi konseling online antara pengguna dengan psikolog profesional.

KOMPAS.com – Tingkat kesehatan mental masyarakat mengalami penurunan drastis selama masa pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan oleh peningkatan level stres dalam pekerjaan, keterbatasan akses hiburan dan aktivitas, serta pembatasan sosial.

Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal National Institute of Health, tingkat keputusasaan dan kecemasan yang dialami masyarakat di masa pandemi ini meningkat 28,9 persen.

Di Indonesia, berdasarkan data dari Bicarakan.id, masalah psikologi yang umum dialami masyarakat selama pandemi adalah stres, kecemasan, depresi, adiksi, serta hubungan keluarga dan pasangan merenggang.

Akibat permasalahan tersebut, penderita sampai memiliki tendensi untuk menyakiti diri sendiri atau mengakhiri hidup karena rasa putus asa yang mendalam.

Adapun salah satu faktor dari berbagai permasalahan tersebut adalah pekerjaan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2020 menunjukkan bahwa pandemi menyebabkan 3,96 juta orang kehilangan pekerjaan. Hal ini membuat angka pengangguran meningkat 40 persen.

Seiring perkembangan zaman, cara berpikir dan jenis-jenis masalah yang dihadapi masyarakat turut berkembang pula. Oleh sebab itu, sudah saatnya masyarakat lebih peduli dengan kualitas hidup dan kesehatan mental.

Sebab, kesehatan mental yang baik merupakan salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat. Hidup yang berkualitas ditentukan oleh kesehatan mental dari individu tersebut.

Berangkat dari permasalahan tersebut, startup lokal penyedia layanan konsultasi psikologi online, Bicarakan.id, hadir untuk memberikan solusi atas segala permasalahan mental yang dialami masyarakat Indonesia.

Bicarakan.id memiliki misi untuk menjadi ekosistem bagi semua masyarakat di Indonesia agar bisa mendapatkan layanan kesehatan mental yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Hingga saat ini, startup tersebut berhasil menampung cerita dan curahan hati lebih dari 12.000 masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19.

Untuk diketahui, Bicarakan.id menyediakan layanan konsultasi online dengan psikolog profesional. Pengguna dapat menjadwalkan sesi tersebut dengan mudah.

Adapun seluruh psikolog pada sesi konseling Bicarakan.id sudah mendapatkan sertifikasi dan Surat Izin Praktik Psikolog (SIPP).

Selain konseling online, Bicarakan.id juga menawarkan layanan konseling tatap muka untuk individu dan pasangan melalui Rumah Bicara.

Fasilitas tersebut memudahkan para pembicara (pengguna yang sudah konseling) yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya untuk melakukan konseling tatap muka dengan psikolog pilihan mereka.

Untuk diketahui, Bicarakan.id merupakan salah satu startup terpilih dalam program Startup Studio Indonesia batch 3 yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). 

Program inkubasi startup tersebut yang didukung oleh sejumlah mentor serta praktisi bisnis ternama untuk mengembangkan potensi bisnisnya. 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunduh aplikasi Bicarakan.id melalui PlayStore untuk pengguna Android dan AppStore untuk pengguna iOS. Anda juga dapat mengunjungi Bicarakan.id melalui laman ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Bicarakan isi hatimu dan dapatkan jalan keluar atas masalahmu!

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.