Advertorial

Bank BJB Raih Predikat Leadership AA di ESG Disclosure Awards 2021

Kompas.com - 04/11/2021, 10:44 WIB
Predikat Leadership AA untuk Bank BJB pada ajang ESG Disclosure Awards 2021. Dok. Bank BJBPredikat Leadership AA untuk Bank BJB pada ajang ESG Disclosure Awards 2021.

KOMPAS.com – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB berhasil meraih predikat sebagai perusahaan dengan rating leadership AA pada ajang Environment, Social, and Governance (ESG) Disclosure Awards 2021, Rabu (27/10/2021).

Penghargaan yang diberikan secara virtual oleh Direktur Pemberitaan BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Primus Dorimulu itu merupakan bentuk apresiasi kepada Bank BJB karena memiliki komitmen dalam pengungkapan ESG.

Untuk diketahui, ESG Disclosure Awards 2021 merupakan ajang penghargaan yang digelar oleh Majalah Investor dan BSMH serta bekerja sama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGKF).

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Majalah Investor atas penghargaan tersebut.

"Penghargaan ini merupakan wujud dari kerja keras dan komitmen seluruh insan Bank BJB. Terutama, untuk mewujudkan prinsip good corporate governance dalam memberikan layanan terbaik pada nasabah," ujar Yuddy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (3/11/2021).

Adapun penilaian dalam ESG Awards dilakukan melalui analisis terhadap 33 faktor utama ESG, seperti studi peraturan, perjanjian internasional, dan standar pedoman pelaporan.

Selain itu, kriteria penilaian juga mencakup faktor ESG unggulan dari Pasar Modal The Nasdaq Helsinki, kerangka kerja dan ketentuan task force on climate-related financial disclosures (TCFD), serta carbon disclosure project (CDP).

Pada komponen Environment, terdapat beberapa kriteria penilaian utama yang meliputi emisi gas rumah kaca (GRK), intensitas GRK, konsumsi energi, tingkat intensitas energi, campuran jenis energi, konsumsi air, serta peraturan prosedur dan proses (PPP).

Selanjutnya, ada pengawasan dewan direksi lingkungan, pengawasan manajemen senior lingkungan, pengelolaan dan analisis investasi pada iklim dan lingkungan, serta tanggung jawab perusahaan di perhutanan.

Kemudian, unsur penilaian pada komponen Social meliputi perbandingan gaji chief executive officer (CEO), perbandingan gaji antargender, persentase pergantian karyawan, persentase keragaman gender, persentase pekerja sementara, dan PPP nondiskriminasi.

Selain itu, angka cedera atau kecelakaan, tingkat kesehatan dan keselamatan kerja, pekerja anak, PPP hak asasi manusia, serta corporate social responsibility (CSR) di komunitas masyarakat juga menjadi unsur penilaian pada komponen Social.

Untuk komponen Governance, aspek yang dinilai mencakup keragaman anggota dewan, kemandirian dewan dari kendali pihak lain, dorongan moneter terkait sustainability, protokol dan perjanjian perundingan bersama, kode etik pihak ketiga, serta etika dan kepatuhan hukum antikorupsi,

Komponen tersebut juga memberikan penilaian terhadap privasi dan perlindungan data pribadi, sustainability reports, mekanisme disclosure, jaminan independensi, dan transparansi pajak.

Sebagai informasi, ajang ESG 2021 diselenggarakan secara virtual dan disiarkan langsung oleh Berita Satu TV.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.