Advertorial

Mengonsumsi Kopi Bermanfaat untuk Kesehatan, asal...

Kompas.com - 07/11/2021, 19:04 WIB

KOMPAS.com – Aktivitas ngopi sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat Indonesia. Bagi penikmat kopi, rasanya kurang lengkap jika aktivitas harian dilakukan tanpa secangkir kopi, baik dalam suasana kerja maupun santai.

Secara umum, kopi memiliki banyak manfaat bagi orang yang mengonsumsinya. Kafein pada kopi mampu membuat seseorang terjaga, fokus, energik, dan tidak mengantuk selama beberapa waktu.

Bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, kopi dapat menambah asupan nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh. Menurut laman Healthline, secangkir kopi mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, yakni vitamin B1, B2, B3, serta B5, asam folat, mangan, kalium, magnesium, dan fosfor.

Selain itu, kopi kaya juga akan antioksidan, seperti polifenol dan asam hidrosianik yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan ini juga berguna untuk menurunkan risiko berbagai penyakit, mulai dari serangan jantung, kanker, hingga diabetes tipe 2.

Masih dari sumber yang sama, peminum kopi memiliki penurunan risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 23-50 persen.

Tak hanya itu, minum kopi secara teratur juga dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson sebesar 32-65 persen.

Pilih jenis kopi yang tepat

Pemilihan jenis kopi pun patut dicermati untuk memaksimalkan manfaat kopi bagi kesehatan Anda. Kopi organik memiliki nilai plus karena memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan kopi nonorganik.

Untuk diketahui, kopi bisa disebut organik apabila 95 persen biji kopinya berasal dari pohon kopi yang ditanam dalam kondisi alami.

Karena tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia, kopi organik memiliki cita rasa dan aroma yang lebih kaya dibandingkan kopi konvensional. Cita rasa yang lebih nikmat serta aroma kopi yang lebih kuat akan memanjakan lidah para penikmat kopi.

Selain itu, kopi organik juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sensitif terhadap bahan kimia pada makanan atau minuman.

Dengan demikian, Anda tetap dapat menikmati kopi tanpa khawatir mengalami sejumlah efek samping, seperti jantung berdebar, mual, insomnia, dan asam lambung.

Salah satu produk kopi organik yang banyak dipilih masyarakat adalah kopi Hibo. Sebagai informasi, kopi Hibo merupakan kopi hitam arabika yang ditanam di dataran tinggi Pegunungan Jayawijaya.

Kopi tersebut memiliki kafein serta tingkat keasaman yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kesehatan lambung dan jantung.

Untuk diketahui, kopi Hibo memiliki dua varian rasa, yakni Black Italian Roast dan Dark French Roast. Keduanya memiliki kualitas biji kopi yang setara.

Kopi Hibo memiliki dua varian rasa, yakni Black Italian dan Dark French. DOK. Hibo Kopi Hibo memiliki dua varian rasa, yakni Black Italian dan Dark French.

Perbedaan varian tersebut terletak pada proses ada penyangraian kopi. Varian Dark French Roast memiliki kepekatan yang lebih halus dibandingkan Black Italian Roast.

Cara penyajian kopi Hibo juga mudah. Anda cukup menyeduh 60 gram (gr) kopi Hibo dengan air panas bersuhu 90 derajat Celsius. Setelah itu, aduk dan saring.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kopi Hibo, sebaiknya hindari menambahkan pemanis, seperti gula, susu, dan krimer. Pasalnya, bahan tersebut dapat memicu asam berlebih pada kopi dan membuat manfaat kopi tidak maksimal.

Anda dapat mengonsumsi kopi Hibo sebanyak 2-3 cangkir sehari setelah makan.

Untuk informasi selengkapnya mengenai kopi Hibo, follow akun Instagram @hibokopi.papua, customer service khusus WhatsApp di nomor 081325139270, dan email hibokopi.papua@gmail.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com