Advertorial

Digelar secara Online, HMC 2021 Jangkau Lebih Banyak Modifikator dari Seluruh Indonesia

Kompas.com - 08/11/2021, 14:39 WIB

KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar kompetisi modifikasi terbesar di Indonesia Honda Modif Contest (HMC) 2021.

Gelaran HMC ke-13 itu diselenggarakan secara online sebagai wujud adaptasi terhadap situasi pandemi Covid-19.

“Meski pandemi belum usai, kami ingin terus mendukung kreativitas modifikator berbakat di Tanah Air,” ujar General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya seperti diberitakan Kompas.com, Senin (13/9/2021).

Dengan digelar secara online, lanjut Andi, HMC 2021 dapat menjangkau peserta dengan lebih luas dari berbagai wilayah di Indonesia.

Andi menjelaskan, selain sebagai wadah kreasi, acara tersebut juga menjadi ajang inspirasi bagi para pecinta modifikasi motor Honda.

Mengundang antusiasme

Sebagai informasi, gelaran HMC 2021 yang diselenggarakan secara online mampu menjaring lebih banyak peserta dibanding gelaran biasa yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Tercatat, kini ada 600 modifikator dari sejumlah provinsi di Indonesia, mulai Sumatera Utara hingga Sulawesi Utara.

Sebagai peserta dari provinsi terjauh, Kisman Panto menilai bahwa HMC 2021 memberikan pengalaman berbeda dibandingkan perhelatan tahun-tahun sebelumnya. Adapun pada kompetisi itu, Kisman mengikuti kelas All Stock & Advance dengan motor Honda yang diproduksi di bawah 2006.

“Dengan hanya mengirimkan foto motor modifikasi secara online, peserta dari seluruh wilayah Indonesia dapat berpartisipasi,” kata pria yang berasal Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara itu.

Meski demikian, Kisman berharap, situasi pandemi Covid-19 bisa segera membaik sehingga HMC tahun depan bisa dilaksanakan secara offline.

Motor Honda hasil modifikasi Kisman, peserta HMC 2021 asal Minahasa Utara.Dok. AHM Motor Honda hasil modifikasi Kisman, peserta HMC 2021 asal Minahasa Utara.

Bersama ratusan peserta lain, Kisman telah mengirimkan foto hasil karya modifikasi motor Honda mereka pada periode lomba, yakni sejak Senin (27/9/2021) hingga Minggu (31/10/2021).

Ratusan modifikator tersebut bersaing dalam sembilan kelas atau kategori. Peserta dengan motor Honda yang diproduksi di atas 2006 dapat berkompetisi pada tujuh kelas, yakni Matic and Cub Stock/Bolt On, Matic and Cub Advance, Racing Style, Sticker/Decals, Sport Naked, Sport Fairing, serta Community Touring.

Kemudian, peserta dengan motor Honda yang diproduksi di bawah 2006 hanya dapat mengikuti satu kelas, yakni All Stock and Advance.

Sementara itu, pemilik seluruh motor Honda tanpa batasan tahun produksi, baik jenis motor skuter matik (skutik), cub, maupun sport, dapat bersaing dalam kelas Free for All (FFA).

Hasil karya modifikasi akan ditampilkan secara virtual mulai 8 Oktober 2021 di microsite HMC dan akun Instagram @hondamodifikasi.

Setelah melalui penjurian oleh builder Retro Syndicate Hidayat Priyo Wibowo, builder Queen Lekha Choppers Yayak Lekha, dan tim Otomotif Kompas.com, AHM akan mengumumkan pemenang regional pada 4-15 November 2021.

Para finalis regional berkesempatan untuk maju ke putaran final battle yang digelar pada 4 Desember 2021. Pada babak ini, mereka akan memperebutkan tiga gelar modifikator terbaik pada kategori National Champion Matic and Cub, National Champion sport, serta National Champion Free for All.

Selain hadiah berupa uang tunai senilai jutaan rupiah, ketiga pemenang dari setiap kategori juga mendapat kesempatan untuk mengikuti ajang Honda Dream Ride Project.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com