Advertorial

Hadirkan Sentra Vaksin bagi Ibu Hamil, Le Minerale Gandeng Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia

Kompas.com - 10/11/2021, 16:34 WIB
Ilustrasi Dok. ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pemerintah terus mendorong program vaksinasi Covid-19 bagi seluruh masyarakat. Hal ini dipertegas dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01/07/MENKES/4638/2021.

Dalam aturan tersebut, vaksinasi Covid-19 diberlakukan untuk berbagai kalangan, mulai dari petugas kesehatan, anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), anak-anak, remaja, hingga lanjut usia (lansia).

Selain itu, ibu hamil juga masuk dalam jajaran kelompok yang wajib divaksinasi. Pasalnya, ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang rentan mengalami gejala berat bila terinfeksi Covid-19.

Untuk mendukung program tersebut, Le Minerale menghadirkan sentra vaksin khusus ibu hamil di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Hal itu dilakukan Le Minerale guna mempercepat tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity).

Dalam pelaksanaannya, Le Minerale bekerja sama dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) cabang Jakarta.

Perwakilan POGI cabang Jakarta dr Ulul Albab mengatakan, pihaknya siap melakukan vaksinasi kepada seluruh ibu hamil.

“Persyaratan yang harus dipenuhi oleh ibu hamil sebelum menerima vaksin Covid-19 adalah pemberian dosis pertama pada trimester kedua kehamilan. Sementara, dosis kedua diberikan sesuai dengan interval dari jenis vaksin,” ujar dr Ulul dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (1/11/2021).

Dokter Ulul menambahkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah merilis sejumlah pernyataan terkait vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil.

Dalam situs resmi Kemenkes dijelaskan bahwa pemberian vaksin Covid-19 bagi ibu hamil merupakan langkah tepat untuk melindungi ibu dan bayi yang ada dalam kandungannya.

“Beberapa ibu hamil bahkan sempat dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19. Beberapa di antaranya juga berpotensi mengalami gejala berat bahkan meninggal dunia,” terang dr Ulul.

Perlu diketahui, terdapat tiga jenis vaksin yang bisa diberikan kepada ibu hamil, antara lain CoronaVac (Sinovac), Pfizer, dan Moderna.

Dokter Ulul berharap, program vaksinasi hasil kerja sama antara Le Minerale dan POGI ini dapat mengurangi risiko ibu hamil tertular Covid-19.

“Penyediaan sentra vaksinasi ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap ibu hamil agar (kebutuhan vaksinasi) terfasilitasi secara cepat, mudah, dan nyaman. Dengan demikian, ibu hamil tidak perlu menunggu vaksinasi terlalu lama,” terang dr Ulul.

Dorong gaya hidup sehat

Dokter Ulul juga mengimbau para ibu hamil untuk tak ragu menerima vaksin Covid-19. Pasalnya, vaksin Covid-19 dipastikan aman dan tidak memiliki efek samping bagi ibu hamil.

“Selain itu, ibu hamil yang memenuhi syarat sebagai penerima vaksin juga harus menjaga pola hidup sehat. Dengan mencukupi kebutuhan gizi dan asupan mineral, maka vaksinasi dipastikan aman,” jelasnya.

Hal itu dinilai penting karena gizi dan asupan air mineral dalam tubuh berguna untuk mendukung kelancaran vaksinasi ibu hamil.

Tak hanya itu, dr Ulul juga menekankan pentingnya daya tahan tubuh yang baik pada ibu hamil. Agar imunitas meningkat, ibu hamil dapat memenuhi zat gizi mikro dengan mengkonsumsi air mineral.

Pada kesempatan yang sama, Marketing Director Le Minerale Febri Hutama mengatakan, ke depannya, Le Minerale terus menggelar berbagai kegiatan positif demi masyarakat Indonesia yang lebih sehat.

Untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, salah satu upaya yang dilakukan Le Minerale adalah memproduksi air mineral alami yang berkualitas.

“Le Minerale sebagai produk air mineral dalam kemasan memberikan produk air mineral berkualitas yang mengandung mineral alami, serta dikemas secara terproteksi sehingga aman dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga,” terang Febri.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.