Advertorial

Program Beasiswa Algoritma Senilai Rp 8 Miliar untuk Mahasiswa Indonesia Kembali Dibuka

Kompas.com - 11/11/2021, 13:47 WIB

KOMPAS.com – Berdasarkan data sensus Badan Pusat Statistik (BPS) 2020, lebih dari 70 persen penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Sementara itu, BPS menyebut, Indonesia akan mencapai puncak bonus demografi pada 2021.

Namun, kenyataannya, masih banyak perusahaan mengalami kesulitan dalam menemukan sumber daya manusia (SDM) dengan keahlian yang diperlukan, termasuk keahlian data scientist.

Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja, masyarakat perlu meningkatkan keahlian sehingga Indonesia bisa memanfaatkan bonus demografi dengan maksimal hingga 2036.

Dalam misi untuk menutup jurang antara keahlian SDM dan kebutuhan industri akan data scientist tersebut, Algoritma Data Science School membuka pendaftaran Apprenticeship Scholarship Program senilai Rp 8 miliar.

Program itu ditujukan bagi mahasiswa yang memiliki motivasi dan visi untuk menciptakan dampak positif bagi Indonesia.

Untuk diketahui, Apprenticeship Scholarship Program bertujuan untuk membuka akses ke pendidikan data science berkualitas sehingga dapat menyiapkan talenta-talenta muda bangsa dalam menghadapi dunia kerja.

Program tersebut terbuka untuk 200 mahasiswa seluruh Indonesia dari berbagai program studi dengan kurikulum yang ramah untuk pemula. Melalui program ini, para peserta akan mempelajari data visualization, machine learning, dan data analytics.

Adapun program pembelajaran tersebut akan dilaksanakan secara intensif selama empat bulan. Pembelajaran yang dilakukan secara daring ini akan didampingi oleh instruktur-instruktur berpengalaman dan bersertifikat internasional.

Selain mempelajari data science secara mendalam, peserta juga berkesempatan menjadi Algoritma Campus Ambassador. Mereka akan menjadi wajah dan representasi Algoritma dalam menyebarkan ilmu data science di tingkat universitas.

Selain itu, peserta juga berkesempatan mengikuti program magang agar dapat memantapkan keahlian sebagai data scientist.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut, peserta harus memenuhi sejumlah kriteria. Di antaranya adalah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia, merupakan mahasiswa aktif yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), serta memiliki laptop dan fasilitas lain pendukung kegiatan belajar jarak jauh.

Kemudian, peserta juga harus bersedia untuk menjalankan kegiatan sebagai Algoritma Campus Ambassador, mengikuti program magang yang diadakan oleh Algoritma, dan memiliki keterbatasan finansial yang dibuktikan dengan surat referensi orangtua.

Sebagai informasi, pendaftaran Apprenticeship Scholarship Program dibuka pada 1-30 November 2021.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai program beasiswa tersebut, kamu dapat mengakses laman resmi Algoritma Data Science School algorit.ma/scholarship.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.