Advertorial

Lewat Operational Excellence, Mitsubishi Fuso Perkuat Posisi di Pasar Kendaraan Komersial

Kompas.com - 12/11/2021, 12:07 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 memaksa semua pelaku industri untuk bisa beradaptasi terhadap pergeseran pola perilaku pasar. Pada pelaku industri otomotif, misalnya, harus punya kemampuan untuk membaca perubahan yang ada pada pasar kendaraan komersial.

Menanggapi situasi itu, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) melakukan digitalisasi pada setiap produk kendaraannya.

Hal tersebut KTB umumkan dalam event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlokasi di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Naoya “Rocky” Takai mengatakan, digitalisasi penting dilakukan agar KTB bertahan di masa sulit sekaligus memperkuat posisinya melalui keunggulan operasional (operational excellence).

Adapun salah satu cara yang dilakukan KTB adalah dengan memasang sistem telematika berbasis aplikasi bernama Runner. Aplikasi tersebut terpasang pada setiap produk Mitsubishi Fuso yang diproduksi sejak 2017.

Sebagai informasi, Runner berfungsi untuk memantau sekaligus mengelola aktivitas armada. Runner dilengkapi dengan GPS dan engine starter kill yang berfungsi untuk memantau lokasi dan situasi kendaraan, serta mencegah mesin kendaraan untuk diaktifkan saat terjadi kehilangan. Runner juga memiliki sensor yang dapat menbaca keadaan kendaraan seperti tekanan ban serta sisa bahan bakar.

“Saat ini, truk Mitsubishi Fuso di Indonesia yang sudah dilengkapi dengan Runner mencapai 144.000 unit. Runner dibuat khusus untuk pengemudi truk agar dapat memantau alokasi pekerjaan, kondisi kendaraan, perilaku pengemudi, dan laporan kinerja,” ujar Rocky dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (11/11/2021).

Selain penggunaan Runner, lanjut Rocky, Mitsubishi Fuso juga bekerja sama dengan platform marketplace untuk meluncurkan official store di Tokopedia dan Monotaro.

Sebelumnya, gagasan menjual truk secara online di Indonesia dinilai mustahil. Namun, situasi pandemi membuat ketergantungan pada teknologi digital menjadi sangat tinggi sehingga pembelian truk secara online jadi memungkinkan.

Hal tersebut telah KTB buktikan lewat penjualan truk Mitsubishi Fuso yang mencapai lebih dari 1.000 unit lewat Tokopedia sejak 2020.

Selain lewat platform tersebut, Mitsubishi Fuso juga menyediakan fasilitas pembelian secara digital di booth GIIAS 2021.

Produk terbaru

Tak hanya menyediakan layanan digitalisasi, KTB juga memperkuat posisinya pada sektor kendaraan komersial Indonesia dengan menyediakan produk yang tangguh dan sesuai kebutuhan pasar saat ini.

Salah satu produk tersebut adalah Mitsubishi Fuso Mining Spec. Rocky mengatakan, Mining Spec telah dilengkapi dengan original equipment manufacturer (OEM) power take-off (PTO), radiator guard, dan rotary lamp yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan industri pertambangan.

Selain itu, Mitsubishi Fuso juga menyatakan kesiapannya untuk menyongsong regulasi Euro4 mulai 2022.

“Dengan DNA yang kuat, pengalaman di mesin common rail dan peningkatan spek, Mitsubishi Fuso yakin varian Euro4-nya akan diterima pasar Indonesia. Mitsubishi Fuso berusaha sebaik mungkin untuk memastikan fase transisi dari Euro2 akan berjalan lancar dan akan didukung oleh 220 jaringan dealer terbesar di seluruh Indonesia,” jelas Rocky.

Selain Euro4, sebagai pelopor truk listrik, Mitsubishi Fuso juga akan menetapkan visi untuk mempercepat kehadiran transportasi elektrik dan nol emisi di industri kendaraan komersial di Indonesia.

Untuk diketahui, truk listrik pertama Fuso pertama kali diperkenalkan pada 2016. Unit truk listrik pertama mulai dikirimkan sejak 2017 dan lebih dari 200 unit eCanter telah dikirimkan ke beberapa wilayah di Jepang, Eropa, serta Amerika Serikat (AS).

Meski jumlah truk listrik Fuso di Indonesia masih terbatas, KTB yakin kehadiran kendaraan komersial bertenaga listrik hanya tinggal menunggu waktu.

Apalagi, Pemerintah Indonesia punya visi dan sangat serius membangun ekosistem kendaraan listrik dalam beberapa tahun terakhir.

Apresiasi masyarakat Indonesia

Perjalanan Mitsubishi Fuso di Indonesia tidaklah singkat. Rocky mengatakan, selama 51 tahun hadir, Mitsubishi Fuso telah mendapatkan tempat istimewa di hati masyarakat Indonesia.

Hal tersebut dibuktikan lewat keberhasilan Fuso dalam menjual produk kendaraan komersialnya yang mencapai 1,32 juta unit dan berhasil melayani 520.000 pelanggan.

Berkat keberhasilan tersebut, Mitsubishi Fuso dinobatkan sebagai populasi truk terbesar di Indonesia.

Menurut Rocky, tanpa kepercayaan pelanggan, pencapaian tersebut mustahil untuk diraih. Oleh karena itu, pihaknya punya komitmen kuat untuk konsumen Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan konsumen kepada Mitsubishi Fuso. Merek Mitsubishi Fuso telah berkembang untuk mendukung perekonomian Indonesia dan KTB. Kami akan memastikan kelanjutan kontribusi Mitsubishi Fuso selama 50 tahun ke depan,” kata Rocky.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.