Advertorial

Torehkan Prestasi, 10 Mahasiswa UK Petra Surabaya Lolos Program Transfer Kredit Internasional 2021

Kompas.com - 13/11/2021, 08:00 WIB
- Dok. Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya-

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya kembali menorehkan prestasi membanggakan.

Rektor UK Petra Profesor Dr Ir Djwantoro Hardjito M Eng mengatakan, sebanyak sepuluh mahasiswa UK Petra berhasil mendapatkan bantuan pemerintah melalui program Transfer Kredit Internasional 2021.

“Puji syukur, (mahasiswa) UK Petra bisa lolos. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik karena semakin banyak mahasiswa yang bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,” ujar Djwantoro dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (11/11/2021).

Kepala Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional (KUI) UK Petra Monika Kristanti menyebutkan, dari sepuluh mahasiswa UK Petra yang berhasil lolos, lima di antaranya terpilih mengikuti program International Business Management (IBM).

“Mereka adalah Celine Hauwing, Elisa Febriany, Nikita Luisa, Shierly Waskito, dan Pamela Suharli,” terang Monika.

Sementara, lima mahasiswa lain, berhasil lolos mengikuti International Program in Digital Media (IPDM). Mereka adalah Calvin Andrew Goenadi, Jessica Andrea Widjojoraga, Dylan Hizkia, Gladys Hertarti Tjandra Mulia, dan Lea Vanessa.

Kesepuluh mahasiswa tersebut mendapatkan bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan selama satu semester yang diberikan dalam rentang waktu tertentu.

Adapun total bantuan yang didapatkan sebesar Rp 22.500.000 per mahasiswa. Dana ini bisa digunakan untuk uang buku dan biaya hidup, termasuk biaya kuliah (tuition fee).

Pada kesempatan yang sama, mahasiswi program IBM UK Petra Nikita Luisa mengaku bahagia berhasil terpilih dalam program Transfer Kredit Internasional 2021.

Nikita kini tengah berada Belanda untuk menempuh pendidikan di Saxion University of Applied Sciences.

“Saya sangat bahagia. Sebab, bisa merasakan belajar dan hidup di negara baru, banyak pengalaman tak terduga. Suasana belajarnya sangat asyik dan interaktif. Saya belajar mata kuliah business case, marketing and sales, identity development, organisation and people, serta business research,” ungkapnya.

Tak hanya Nikita, mahasiswa IPDM UK Petra lain, yaitu Jessica Andrea Widjojoraga,

juga merasakan kegembiraan yang sama selama mengikuti program International Credit Transfer (ICT).

Jessica mendapat kesempatan belajar di Dongseo University, Korea Selatan.

“Saya senang bisa menerima beasiswa ini yang membantu untuk menunjang studi, apalagi di tengah situasi pandemi,” kata Jessica.

Merdeka belajar

Untuk diketahui, program Transfer Kredit Internasional merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Program tersebut memfasilitasi mahasiswa dalam upaya menguatkan dan menambah kompetensi melalui program studi atau perguruan tinggi lain di luar negeri.

Tujuannya, agar mahasiswa dilengkapi dengan kompetensi global sekaligus upaya mengantisipasi persaingan global di berbagai bidang.

Adapun mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program IBM dan IPDM dipilih dan diseleksi oleh pihak perguruan tinggi.

Syarat umum yang harus dipenuhi antara lain sertifikat test of english as a foreign language (TOEFL) dengan skor di atas 450, minimal semester tiga, serta indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas rata-rata.

-Dok. Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya -

Selama satu semester, kredit yang ditransfer berupa kombinasi mata kuliah, tugas akhir, praktik kerja lapangan atau industri (magang) serta praktik pengalaman lapangan. Jumlah kredit yang didapatkan mahasiswa setara dengan 6 hingga 20 satuan kredit semester (SKS).

Sebagai informasi, pada November 2021, UK Petra membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi atau kerja sama dan umum bagi semua lulusan SMA/SMK di seluruh Indonesia.

Pendaftaran online berlangsung hingga 18 November 2021 dan seleksi online #DiRumahAja pada 20 November 2021 pukul 09.00 WIB.

Tak hanya itu, UK Petra juga mengundang orangtua dan calon mahasiswa untuk mengikuti kegiatan “Open Days and Scholarship Interview”.

Selain itu, ada pula kesempatan untuk mendapatkan beasiswa pada 16-17 November 2021. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai beasiswa dari UK Petra, klik tautan berikut.

Dapatkan juga potongan harga Rp 100.000 untuk pembelian Petra Admission Code (PAC) dengan kode PETRANESIAN di Tokopedia pada 13-18 November 2021.

Untuk informasi pendaftaran, kunjungi admission.petra.ac.id, Facebook @PCU Surabaya, Instagram @uk_petra, serta nomor WhatsApp 081217765265 atau 081234067323.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.