Advertorial

Dukung dalam Penyediaan Perumahan dari Pemerintah, Bank BJB Jalin Kerja Sama dengan 26 Pengembang

Kompas.com - 16/11/2021, 13:03 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten atau Bank BJB melakukan ekspansi penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR). Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dengan pengembang.

Berbeda dari biasanya, penandatanganan PKS kali ini dihadiri oleh 26 pengembang dari berbagai wilayah.

Acara dihadiri oleh Pimpinan Divisi KPR KKB Bank BJB Triastoto Hardjanto Wibowo, CEO regional , dan para pemimpin cabang. Sementara, pihak developer diwakili oleh direktur dan pengurus perusahaan dari 26 pengembang.

Direktur Konsumer dan Ritel Bank BJB Suartini mengatakan, melalui adanya kerja sama ini, Bank BJB diharapkan dapat berpartisipasi secara optimal dalam menyukseskan program pemerintah di bidang perumahan. Upaya tersebut juga ditujukan untuk meningkatkan brand image BJB KPR di nasional.

Ia juga menambahkan bahwa Bank BJB telah berhasil meraih penghargaan prestisius kategori KPR Bank Umum Konvensional dalam ajang Infobank Digital Brand Awards pada Juni 2021.

“Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap komitmen Bank BJB dalam mempermudah akses masyarakat terhadap kepemilikan rumah,” ujar Suartini dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (15/11/2021).

Hal tersebut, lanjutnya, tidak luput dari peran serta para pengembang yang telah menjadi mitra kerja terbaik Bank BJB.

Oleh karena itu, kerja sama dengan pengembang dilakukan guna mendongkrak performa Bank BJB dan para pengembang dalam pembiayaan kepemilikan properti. Selain itu, kerja sama juga dijalin untuk menyongsong prospek industri properti yang mulai kembali menggeliat selepas pandemi Covid-19.

"Kerja sama ini adalah langkah nyata bagi kedua pihak untuk menyukseskan program pemerintah dalam penyediaan perumahan. Dengan pemasaran produk melalui BJB KPR, semoga impian akan kepemilikan hunian yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat dapat terwujud," kata Suartini.

Pada kesempatan tersebut, pihak Bank BJB menjabarkan produk unggulan Bank BJB, yaitu BJB KPR Gaul, KPR Membumi, dan KPR Green.

Pada produk BJB KPR Gaul ditawarkan dengan bunga kompetitif sehingga debitur tak perlu khawatir akan membayar bunga tinggi. Terlebih, jangka waktu pinjaman ini bisa sampai dengan 25 tahun. Dengan demikian, angsuran bulanan yang dibayar terasa lebih ringan.

Untuk urusan uang muka atau down payment (DP), Bank BJB memiliki fasilitas program stimulus DP 0 persen dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Berbicara suku bunga, Bank BJB juga sudah menyiapkan program BJB KPR Membumi, yaitu pemberian suku bunga menarik sebesar 6,76 persen fixed 3 tahun untuk tujuan pembelian, take over dari bank lain, dan top up.

Sementara itu, BJB KPR Green merupakan bentuk kerja nyata Bank BJB dalam mendukung Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Selain itu, melalui semangat ‘Hijau Hunianku Hijau Bumiku’, program BJB KPR Green juga diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mewujudkan penghijauan di perumahan seluruh Indonesia,” papar Suartini.

Bank BJB, kata dia, senantiasa mendukung upaya dalam mempermudah akses masyarakat untuk mendapat hunian yang terjangkau. Dengan demikian, semakin banyak masyarakat Indonesia dapat memperoleh hak tempat tinggal dengan skema yang sederhana.

Berikut daftar pengembang yang menandatangani PKS dengan BJB.

KANWIL I

  1. PT Abisatya Karya Mandiri
  2. PT Andara Kiat Sukses
  3. PT Cipta Permata Karya Sukses
  4. PT Fortuna Karya Persada
  5. PT Istana Karya Propertindo
  6. PT Legis Bangun Indonesia
  7. PT Multidaya Kharisma
  8. PT Pesona Alam Semesta Indonesia
  9. PT Praja Sakti Propertindo
  10. PT Putra Kencana Dwitunggal
  11. PT Raytama Bintang Arbani
  12. P. Setiabudi Tama Wisesa

KANWIL II

  1. PT Hikha Surya Bersaudara
  2. PT Sinar Griya Utama
  3. PERUM PERUMNAS
  4. PT Mentari Graha Sejahtera
  5. PT Samudra Bangun Raya
  6. PT Tunas Alam Realti
  7. PT Dwitari Sejahtera Propertindo
  8. PT Harmoni Mitra Perkasa

KANWIL III

  1. PT Hijra Pratama Propertyndo
  2. PT Lebak Nangka Al Nusantara

KANWIL IV

  1. PT Bogor Indonesia Developer
  2. PT Bumi Mekar Prima
  3. PT Mekar Agung Sejahtera
  4. PT Payoeng Anugerah Sejahtera

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com