Advertorial

Adaptasi dengan Digitalisasi, Mitsubishi Fuso Perkenalkan Aplikasi Runner

Kompas.com - 19/11/2021, 09:12 WIB

KOMPAS.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) membuat terobosan baru dengan menghadirkan aplikasi digital bernama Runner.

Terobosan itu diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang digelar pada 11-21 November 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

Sebagai informasi, Runner merupakan sistem telematika berbasis aplikasi. Sistem ini dipasang pada setiap produk Mitsubishi Fuso yang diproduksi sejak 2017.

Presiden Direktur PT KTB Motors Naoya “Rocky” Takai mengatakan, digitalisasi penting dilakukan agar KTB bertahan di masa sulit. Digitalisasi juga bertujuan untuk memperkuat posisinya melalui keunggulan operasional (operational excellence).

“Saat ini, truk Mitsubishi Fuso di Indonesia yang sudah dilengkapi dengan Runner mencapai 144.000 unit. Runner dibuat khusus untuk pengemudi truk agar dapat memantau pesanan pekerjaan, kondisi kendaraan, perilaku pengemudi, dan laporan kinerja,” ujar Rocky dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (11/11/2021).

Rocky menambahkan, Runner juga menjadi bentuk adaptasi KTB terhadap kemajuan teknologi digital dan perubahan perilaku pasar pada kendaraan komersial.

Aplikasi tersebut berfungsi untuk memantau sekaligus mengelola aktivitas armada. Sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di masa pandemi, aplikasi ini efektif digunakan.

Runner dilengkapi dengan global positioning system (GPS) dan engine starter kill yang berfungsi untuk memantau lokasi secara real time. Aplikasi ini juga dapat memantau situasi kendaraan, seperti tekanan ban serta sisa bahan bakar.

Selain itu, informasi terkait posisi, arah, kecepatan, dan rekam jejak rute yang diambil oleh kendaraan pun bisa dengan mudah di akses melalui layar komputer ataupun smartphone.

Untuk keadaan darurat, pengemudi dapat mengaktifkan fungsi engine starter kill dari jarak jauh dengan memeriksa lokasi truk lewat GPS.

Aplikasi tersebut bekerja saat menerima sinyal dari satelit GPS. Kemudian, sinyal tersebut diolah oleh penerima menjadi informasi terkait data lokasi, kecepatan, waktu, dan arah pergerakan kendaraan.

Dari situ, data tersebut dikirim melalui jaringan untuk ditampilkan pada peta digital di aplikasi pengguna.

“Dengan menggunakan Runner, pelanggan bisa mengetahui data penting terkait pengemudi dan kendaraan. Keberadaan Runner berguna sebagai bahan evaluasi, sekaligus membantu untuk menjaga kendaraan dalam kondisi prima, efisien, efektif dan optimal dalam menjalankan bisnis,” kata Rocky.

Tak hanya aplikasi Runner, tambah Rocky, Mitsubishi Fuso baru-baru ini juga memperkenalkan aplikasi baru yang disebut Runner Driver.

Aplikasi tersebut dibuat khusus untuk pengemudi truk agar dapat memantau pesanan pekerjaan, kondisi kendaraan, perilaku pengemudi, dan laporan kinerja.

Selain aplikasi digital, saat ini KTB juga bekerja sama dengan platform marketplace untuk meluncurkan official store di Tokopedia dan Monotaro.

Sebelumnya, gagasan menjual truk secara online di Indonesia dinilai mustahil. Namun, situasi pandemi membuat ketergantungan pada teknologi digital semakin tinggi sehingga pembelian truk secara online jadi memungkinkan.

Lewat sistem daring, KTB berhasil menjual truk Mitsubishi Fuso mencapai lebih dari 1.000 unit di Tokopedia sejak 2020.

Selain lewat platform tersebut, Mitsubishi Fuso juga menyediakan pembelian lewat toko digital yang tersedia di booth GIIAS 2021.

Presiden Jokowi saat menyambangi booth Mitsubishi Fuso di event GIIAS 2021 Dok. Mitsubishi Presiden Jokowi saat menyambangi booth Mitsubishi Fuso di event GIIAS 2021

Sebagai informasi, event GIIAS 2021 juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Rabu (17/11/21).

Dalam kunjungannya tersebu, Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dan jajaran Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) secara bersama-sama menyambangi booth Mitsubishi Fuso di Hall 7.

Rombongan disambut oleh Presiden Direktur PT KTB, Rocky. Dalam kesempatan ini, Jokowi menyempatkan diri untuk menjajal Fighter New Mining Spec yang ditampilkan dalam booth.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kendaraan dan layanan Mitsubishi Fuso, Silakan kunjungi langsung booth resmi Mitsubishi Fuso pada event GIIAS 2021.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.