Advertorial

Peringati Hari Jalan Nasional, Ditjen Bina Marga Gelar Lomba Foto

Kompas.com - 20/11/2021, 11:04 WIB

KOMPAS.com – Dalam rangka memperingati Hari Jalan Nasional yang jatuh pada 20 Desember, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan Lomba Foto Bina Marga 2021.

Lomba yang mengusung tema “Jalan Berkeselamatan: Aman Nyaman Sampai Tujuan” itu berlangsung pada Jumat (8/10/2021) hingga Minggu (21/11/2021).

Adapun tema tersebut dipilih karena sesuai dengan tugas Ditjen Bina Marga dalam mewujudkan perjalanan darat yang aman dan nyaman sampai tujuan dengan selamat.

Tugas itu direalisasikan dengan pembangunan jalan berkeselamatan dan infrastruktur yang menghubungkan antarwilayah di Indonesia.

Melalui lomba tersebut, para peserta dapat mengirimkan foto berupa perkembangan infrastruktur jalan serta jembatan yang sudah lebih maju dan merata.

Sebagai contoh, Jembatan Youtefa di Papua yang membentang panjang atau jalan-jalan perbatasan yang sudah mampu bersaing dengan negara-negara tetangga.

Kemudian, jalan tol Trans-Jawa dan Trans-Sumatera yang telah membantu jalur distribusi barang menjadi lebih terukur.

Pengabadian setiap infrastruktur jalan dan jembatan melalui kamera foto diharapkan dapat memberi kesan dan pesan tersendiri. Foto dapat menangkap setiap momen pada waktu dan ruang tertentu sehingga bisa menyajikan sebuah informasi.

Terlebih, pada era digital seperti saat ini, informasi tersebut dapat dibagikan secara lebih luas melalui media sosial.

Untuk diketahui, Lomba Foto Bina Marga 2021 dapat diikuti secara gratis oleh warga negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), atau Paspor yang masih berlaku.

Adapun foto yang diikutsertakan merupakan foto tunggal hasil karya sendiri dan belum pernah menang dalam perlombaan lain. Foto ini juga harus diambil pada periode 1 Januari 2019 hingga 21 November 2021.

Penjurian Lomba Foto Bina Marga 2021 akan dilakukan oleh jurnalis fotografer Dita Alangkara, aktor dan pegiat fotografi Dion Wiyoko, serta Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Budi Harimawan Semihardjo.

Pemenang pertama lomba akan mendapatkan hadiah berupa drone DJI Mavic Air-2. Pemenang kedua akan mendapatkan kamera Canon EOS M50 Kit dan pemenang ketiga akan mendapatkan kamera Fujifilm X-A5.

Selain itu, pemenang favorit akan mendapatkan smartwatch Garmin Venu Sq. Para finalis juga berhak mendapatkan 26 voucer belanja masing-masing senilai Rp 1 juta.

Pemenang lomba akan diumumkan pada Senin (29/11/2021) melalui akun Instagram @pupr_binamarga.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera kirimkan karya foto untuk mengikuti Lomba Foto Bina Marga 2021 dan menangkan hadiah menariknya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com