Advertorial

Ungguli Facebook dan Twitter, Ini 3 Fitur Andalan Aplikasi Instagram

Kompas.com - 23/11/2021, 13:31 WIB

KOMPAS.com – Salah satu platform media sosial (medsos) yang tengah digandrungi adalah Instagram. Tak hanya oleh masyarakat global, tetapi juga Indonesia.

Berdasarkan laporan terbaru agensi marketing We Are Social 2021, Instagram menempati urutan ketiga sebagai aplikasi medsos yang banyak digunakan di Indonesia, mengungguli Facebook dan Twitter.

Di awal kemunculannya satu dekade silam, tepatnya 6 Oktober 2010, Instagram hanya dijadikan platform untuk berbagi foto dan video, tanpa disertai fitur-fitur menarik dan filter yang beragam.

Kini, medsos besutan alumni Stanford University, Kevin dan Mike, itu memiliki deretan fitur-fitur menarik, seperti Instagram Stories (IGS), Instagram TV (IGTV), dan Reels.

Lantas, seperti apa fitur-fitur Instagram tersebut? Berikut ulasannya.

Instagram Stories

Pengembang aplikasi Instagram menambahkan fitur Stories pada 2016 lalu. Adapun fitur ini terinspirasi dari Snapchat yang lebih dahulu merilis Stories pada 2013. Selain dari segi format, namanya pun dibuat sama seperti halnya Snapchat.

Di Instagram, pengguna bisa mengunggah foto atau video pendek dengan durasi maksimal 15 detik. Konten yang diunggah di Stories akan hilang dari laman Instagram dalam waktu 24 jam.

Namun, pemilik akun tetap dapat menikmati konten yang dibuat. Hal ini bisa dilakukan dengan menyimpannya melalui fitur "Arsip" dan "Sorotan".

Sebagai informasi, Facebook mengumukan bahwa Instagram Stories digunakan oleh 500 juta orang setiap harinya pada 2019.

Karena itu, tak heran bila fitur Stories diboyong juga ke aplikasi medsos lain yang masih dalam satu naungan perusahaan Meta, yaitu Facebook sebagai Facebook Stories dan WhatsApp melalui WhatsApp Status.

IGTV

Tak berhenti pada inovasi fitur video pendek, Instagram juga mengenalkan fitur video dengan durasi yang lebih panjang. Fitur tersebut dinamakan Instagram TV atau disebut IGTV.

Dirilis pada 2018, IGTV digadang-gadang sebagai salah satu strategi Instagram untuk menyaingi YouTube.

Melalui IGTV, pengguna dapat mengunggah video dengan durasi maksimal 60 menit. Seiring waktu berjalan, fitur IGTV juga turut diperbarui.

Selain dukungan video horizontal dan vertikal, Instagram juga memajang IGTV ke linimasa pengguna agar semakin dikenal.

Tak hanya itu, pemilik akun juga bisa memanfaatkan IGTV untuk menyimpan rekaman siaran langsung, yaitu Instagram Live, sehingga dapat ditonton ulang, baik oleh pemilik akun maupun followers.

Reels

Pengguna Instagram juga dimanjakan dengan fitur video teranyar, yaitu Reels. Fitur ini disebut-sebut mirip dengan medsos TikTok.

Reels memungkinkan pengguna Instagram untuk membuat video pendek yang diberi musik, filter, dan efek. Video yang dibuat pun dapat dibagikan ke teman atau pengikut.

Ragam tools yang dimiliki Reels antara lain video pendek berdurasi 15-30 detik, latar belakang musik, filter, fitur kecepatan video, tata letak, dan penunjuk waktu.

Saking populernya, Reels turut mendorong tren-tren tema konten, hashtag (tagar), hingga musik populer baru di Indonesia. Pasalnya, pengguna Instagram bisa menggunakan musik untuk mendongkrak engagement konten Reels dengan pengguna Instagram lainnya.

Nah, itulah tiga fitur andalan Instagram. Dengan fitur-fitur tersebut, kreator konten dapat menuangkan berbagai ide kreatif melalui foto ataupun video.

Selain sebagai hiburan, konten yang dibuat bahkan bisa dioptimalkan untuk mendongkrak penjualan pelaku usaha yang beriklan melalui Instagram Bisnis.

Agar aktivitas bermedia sosial semakin lancar tanpa kendala, pastikan smartphone terhubung dengan jaringan internet.

Selain tersambung dengan WiFi, kamu juga harus siaga dengan mengaktifkan paket data pada smartphone. Salah satu provider yang bisa diandalkan untuk mendapat koneksi internet stabil adalah Smartfren.

Dengan paket data Smartfrenunlimited, kamu bisa mengakses konten hiburan sekaligus bermedia sosial sampai puas. Namun, jangan lupa, pastikan pulsa yang dimiliki mencukupi sebelum membeli paket data.

Selain itu, cek pulsa Smartfren secara berkala agar tetap bisa mengakses internet tanpa putus. Jika pulsa tidak mencukupi untuk membeli atau memperpanjang paket data, kamu bisa membeli secara mudah melalui Tokopedia.

Pasalnya, di marketplace tersebut juga tersedia pulsa Smartfren dengan nominal mulai dari Rp 5.000- Rp 1 juta.

Selain Smartfren, Tokopedia juga menyediakan pulsa dan paket data dari provider lain. Kamu juga bisa membayar berbagai tagihan, seperti listrik, telepon, air, hingga TV kabel.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.