Advertorial

Jadi Pilihan Utama Saat Berbelanja, Ini Alasan Marketplace Digemari Masyarakat

Kompas.com - 24/11/2021, 15:46 WIB
Ilustrasi berbelanja via marketplace. Dok. ShutterstockIlustrasi berbelanja via marketplace.

KOMPAS.com – Di zaman yang semakin canggih, masyarakat bisa melakukan berbagai aktivitas dengan mudah dan cepat secara online. Salah satunya, berbelanja melalui marketplace.

Melalui platform belanja tersebut, pengguna bisa menemukan beragam produk yang dibutuhkan dan diinginkan, mulai dari pakaian, barang elektronik, kesehatan, hingga makanan sehari-hari.

Untuk diketahui, marketplace tidak sama dengan toko online. Seperti ditulis Kompas.com (29/9/2021), marketplace adalah platform yang memungkinkan penjual untuk berkumpul dan menawarkan barang atau jasa ke pelanggan tanpa perlu bertemu secara fisik. Platform marketplace bisa berbentuk website ataupun aplikasi yang dapat diakses melalui beragam perangkat pintar.

Sementara, toko online merupakan toko individu yang menjual produknya secara online melalui platform media sosial atau marketplace.

Lalu, apa saja kelebihan yang membuat marketplace digemari masyarakat? Berikut ulasannya.

  1. Praktis

Melalui marketplace, konsumen bisa berbelanja di mana saja dan kapan saja. Kepraktisan ini tidak didapat saat berbelanja secara langsung di supermarket ataupun pasar.

Belanja melalui marketplace juga dapat menghemat waktu dan tenaga. Pasalnya, kamu hanya perlu membuka layanan itu melalui smartphone yang terkoneksi internet stabil, mencari produk yang diinginkan, melakukan pembayaran, dan menunggu kurir datang untuk mengantarkan barang.

Marketplace juga menghilangkan batasan wilayah saat berbelanja. Kamu dapat berbelanja dari toko yang terletak jauh dari tempat tinggalmu. Bahkan, barang dari luar negeri bisa kamu dapat melalui marketplace.

  1. Mudah membandingkan produk

Kelebihan selanjutnya adalah mudah membandingkan produk yang diinginkan dari berbagai penjual dalam satu aplikasi. Misalnya, membandingkan kualitas, lokasi pengiriman, dan harga. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik.

Untuk menghindari penipuan, kamu bisa memilih penjual tepercaya dengan melihat ulasan dari pengguna yang telah membeli produk di toko tersebut.

  1. Transaksi aman dan nyaman

Berbelanja secara daring di marketplace juga dapat menghindarkan diri dari penipuan berkedok toko online yang biasa terjadi di media sosial.

Pasalnya, marketplace akan menjadi pihak penengah saat bertransaksi antara pihak pembeli dan penjual. Dengan demikian, pembeli tidak perlu khawatir uang pembelian akan raib tanpa mendapatkan barang yang diinginkan.

Selain aman, marketplace juga menyediakan beragam layanan jasa pengiriman barang dengan harga bervariasi dan metode pembayaran kepada pembelinya, mulai dari transaksi antarbank, cash on delivery (COD) atau bayar di tempat, hingga kredit. Hal ini dapat menambah kenyamanan berbelanja bagi konsumen.

  1. Banyak fitur dan promo yang ditawarkan

Selanjutnya, marketplace kerap memberikan beragam fitur yang unik dan menarik kepada pengguna. Misalnya, mengetahui spesifikasi barang sambil mengikuti event live shopping yang digelar oleh penjual.

Pengguna juga bisa mendapatkan berbagai macam promo yang sulit ditemukan saat berbelanja di toko konvensional. Sebut saja flash sale dan diskon hingga 80 persen yang membuat harga produk lebih murah. Promo ini kerap diadakan pada momen tertentu saja, seperti hari raya, Tahun Baru, ulang tahun platform, serta festival belanja online bulanan tiap tanggal dan bulan kembar.

Marketplace juga seringkali memberikan promo free ongkos kirim (ongkir) atau gratis ongkir kepada pengguna. Dengan demikian, pengguna bisa memesan berbagai barang dari mana saja tanpa perlu merogoh kocek untuk membayar ongkir.

Itulah berbagai kelebihan yang dimiliki marketplace. Tak heran, marketplace menjadi platform utama pilihan masyarakat yang hendak berbelanja online. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai kemudahan tersebut melalui Tokopedia.

Tokopedia menawarkan berbagai kebutuhan masyarakat, mulai dari perlengkapan rumah tangga, elektronik, makeup, pakaian, ibu dan bayi, hingga peralatan masak. Tidak hanya itu, marketplace ini pun selalu memberikan promo menarik dan free ongkir. Dengan demikian, kamu dapat berbelanja tanpa khawatir akan mengeluarkan uang lebih banyak.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.