Advertorial

Dear Pasangan Muda, Begini Cara agar Tabungan Biaya Nikah Bisa Capai Target

Kompas.com - 24/11/2021, 17:50 WIB
Ilustrasi pasangan. Dok. SHUTTERSTOCKIlustrasi pasangan.

KOMPAS.com – Menikah merupakan momen penting yang menjadi tujuan banyak pasangan. Tak heran, sejumlah pasangan bahkan memiliki target waktu untuk mencapai jenjang yang lebih serius ini.

Demi mencapai target, mereka pun mempersiapkan berbagai hal, termasuk finansial. Tak dapat dimungkiri, pernikahan umumnya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Persoalan finansial bahkan kerap menjadi penghambat bagi pasangan yang ingin melanjutkan ke jenjang tersebut.

Salah satu cara yang perlu dilakukan pasangan untuk mempersiapkan biaya pernikahan adalah menabung sedini mungkin.

Namun, untuk mengumpulkan dana tabungan yang sesuai target juga bukan perkara mudah. Untuk mencapainya, kamu bisa menerapkan beberapa tip berikut.

  1. Rencanakan konsep pernikahan dengan matang

Merencanakan dan merancang konsep merupakan hal fundamental sebelum menyelenggarakan acara besar, seperti pernikahan.

Sedari awal, susunlah konsep pernikahan bersama pasangan, mulai dari tempat, jumlah tamu, dekorasi, hingga katering yang akan dipilih. Dari situ, kamu dapat mulai merinci dan menentukan perkiraan bujet yang dibutuhkan.

  1. Tetapkan alokasi tabungan pernikahan

Pernikahan membutuhkan biaya besar. Oleh sebab itu, anggaran pernikahan perlu diperhitungkan dengan baik dan dipersiapkan sedini mungkin.

Misalnya, kamu bisa mengalokasikan minimal 25 persen pemasukan tiap bulan untuk tabungan pernikahan. Dengan menabung secara konsisten, biaya pernikahan secara perlahan terkumpul sesuai target.

  1. Cari penghasilan tambahan

Sambil menjalani pekerjaan yang ditekuni sekarang, tak ada salahnya untuk mencari pekerjaan atau usaha sampingan guna menambah penghasilan.

Dengan tambahan penghasilan, target pengumpulan biaya pernikahan bisa tercapai, bahkan lebih cepat dari waktu yang sudah direncanakan.

  1. Berhemat

Ketika memutuskan untuk menikah, ada beberapa kebiasaan yang harus kamu dan pasangan ubah. Misalnya, mengurangi frekuensi kencan yang dapat menghabiskan uang.

Biaya kencan tersebut bisa kamu alokasikan untuk mengisi tabungan pernikahan. Dengan begitu, pernikahan yang kamu impikan dapat terwujud sesuai target.

  1. Investasi

Berinvestasi juga bisa digunakan sebagai cara yang cukup efektif untuk menyiapkan biaya pernikahan.

Ada beragam jenis instrumen investasi yang bisa dipilih dan menguntungkan, seperti saham dan reksa dana. Kedua jenis instrumen investasi ini dapat memberikan imbal hasil keuntungan yang lumayan.

Sebagai catatan, kedua instrumen itu juga berpotensi mendatangkan kerugian. Jadi, lakukan dengan bijak, seperti melakukan diversifikasi aset reksa dana dan saham.

Saat ini, berinvestasi pada instrumen saham dan reksa dana juga bisa dilakukan secara mudah melalui aplikasi di ponsel pintar (smartphone), seperti Ajaib Sekuritas.

Aplikasi investasi saham Ajaib. Dok. Ajaib Sekuritas Aplikasi investasi saham Ajaib.

Untuk diketahui, sebagai broker online pertama di Indonesia, Ajaib Sekuritas telah dipercaya oleh lebih dari satu juta pengguna dan mendapat beragam penghargaan.

Bahkan, Ajaib Sekuritas telah menjadi perusahaan financial technology (fintech) investasi pertama yang bergelar unicorn di Asia Tenggara.

Pencapaian tersebut bukan tanpa sebab. Ajaib Sekuritas menawarkan sejumlah keunggulan kepada penggunanya.

Salah satunya adalah kemudahan pendaftaran. Hanya dalam waktu lima menit, pengguna sudah bisa menjadi investor saham dan reksa dana sekaligus melalui satu aplikasi. Proses ini pun dilakukan secara online.

Selain itu, Ajaib Sekuritas juga cocok bagi investor pemula, termasuk pasangan yang ingin mempersiapkan biaya pernikahan dengan berinvestasi. Pasalnya, aplikasi ini mudah digunakan. Ajaib Sekuritas juga memberikan beragam edukasi mengenai investasi saham yang mudah dipahami masyarakat.

Ajaib Sekuritas juga memiliki keunggulan lain yang bisa dinikmati pengguna, yakni tidak ada minimal deposit untuk membuka akun saham, biaya broker Ajaib yang murah, serta akses untuk melakukan analisis teknikal dan fundamental yang mudah melalui aplikasi mobile.

Kemudian, Ajaib Sekuritas juga menawarkan fee yang kompetitif, yakni 0,13 persen untuk transaksi beli dan 0,23 persen untuk transaksi jual.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu menjadi investor saham dan reksa dana melalui Ajaib Sekuritas agar bisa mencapai target tabungan biaya pernikahan.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.