Advertorial

Huawei Nova 9, Smartphone Menengah dengan Kamera Flagship dan Akses ke Beragam Aplikasi Favorit

Kompas.com - 24/11/2021, 21:33 WIB
Huawei Nova 9 Siap masuk pasar Indonesia. DOK. HuaweiHuawei Nova 9 Siap masuk pasar Indonesia.

KOMPAS.com – Huawei akan meluncurkan smartphone seri Nova teranyar, yakni Nova 9, ke pasar Indonesia pada Rabu (8/12/2021). Sejumlah fitur unggulan yang dihadirkan pada Huawei Nova 9 menjawab kebutuhan generasi muda yang aktif dan penuh kreativitas.

Salah satu kelebihan yang menonjol pada smartphone tersebut adalah kemampuannya menunjang kebutuhan berkreasi melalui foto dan video.

Huawei memang dikenal sebagai brand yang kerap menghasilkan smartphone dengan kamera berkualitas tinggi, contohnya Huawei P Series. Nah, teknologi canggih pada kamera seri flagship tersebut juga dihadirkan pada Nova 9.

Oleh sebab itu, meski termasuk smartphone kelas menengah (mid-range), Nova 9 memiliki kemampuan menghasilkan foto dan video dengan warna akurat serta kualitas gambar lebih berkelas ketimbang smartphone lain di kelasnya.

Country Head Huawei CBG Indonesia Patrick Ru mengatakan, pihaknya memahami kebutuhan generasi milenial yang ingin mengekspresikan diri melalui foto dan video serta menangkap momen terbaik dalam hidupnya.

“(Oleh karena itu), kami menghadirkan Huawei Nova 9 yang menawarkan kamera unggulan dengan harga menengah dan dilengkapi paket premium,” ujar Patrick Ru dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (24/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamera belakang Huawei Nova 9. DOK. Huawei Kamera belakang Huawei Nova 9.

Huawei Nova 9 dibekali empat kamera belakang dan satu kamera depan. Untuk kamera belakang, smartphone ini dibekali quad-camera yang terdiri dari kamera utama 50 megapiksel (MP) Ultra Vision RYYB color filter array, kamera 8 MP ultra wide-angle, kamera depth 2 MP, dan kamera makro 4 sentimeter (cm).

Sebagai informasi, fitur Ultra Vision RYYB Color Filter Array dapat meningkatkan pencahayaan 40 persen lebih baik sekaligus membuat tampilan warna lebih akurat. Dengan demikian, kualitas gambar yang dihasilkan lebih akurat dan bagus daripada kamera smartphone kelas menengah lainnya.

Keempat kamera tersebut juga bekerja dengan sistem Ultra Vision AI Quad Camera. Susunan kameranya dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah pengguna dalam menghasilkan kualitas gambar layaknya fotografer profesional.

Sementara, kamera depan Huawei Nova 9 memiliki resolusi 32 MP dan sudah dapat menghasilkan gambar berkualitas 4K. Dengan resolusi tinggi dan dibekali fitur menarik, kamera depan smartphone ini cocok untuk milenial yang ingin merekam vlog.

Hasil tangkapan gambar dengan Huawei Nova 9. DOK. Huawei Hasil tangkapan gambar dengan Huawei Nova 9.

Sinergi antara perangkat kamera dan algoritma sekelas flagship pada Huawei Nova 9 juga memungkinkan pengguna mengabadikan momen dengan kualitas terbaik pada berbagai situasi. Huawei Nova 9 bahkan dapat menangkap gambar terbaik dalam kondisi minim cahaya.

Algoritma cerdas Nova 9 membuat pengguna dapat menghasilkan foto suasana malam layaknya fotografer profesional. Selain itu, foto panorama, efek bokeh, dan close-up juga dapat dihasilkan dengan kualitas yang baik.

Desain dan performa unggulan

Tak hanya kamera mumpuni, Huawei Nova 9 juga dikenal memiliki desain ringan nan premium serta performa unggulan. Smartphone ini hadir dengan layar dan baterai yang besar, tetapi tetap ramping dengan ketebalan bodi 7,77 milimeter (mm).

Huawei Nova 9 memiliki bobot yang ringan dan dimensi bodi yang tipis.DOK. Huawei Huawei Nova 9 memiliki bobot yang ringan dan dimensi bodi yang tipis.

Selain itu, bobotnya juga ringan, yakni sekitar 175 gram (g).

Baik sisi depan maupun belakang, bodi Huawei Nova 9 diberi sedikit lengkungan sehingga terasa lebih nyaman saat digenggam.

Untuk spesifikasi, layar Huawei Nova 9 menggunakan panel colour curved berukuran 6,57 inci dengan refresh rate sebesar 120 Hertz (Hz). Dengan kapasitas refresh rate sebesar itu, Nova 9 bisa diandalkan untuk bermain mobilegame secara mulus dan lancar.

Pengguna juga tidak akan terinterupsi oleh daya baterai yang habis saat beraktivitas dengan Huawei Nova 9. Pasalnya, smartphone ini dibekali baterai berkapasitas 4.300mAh yang tahan seharian dalam pemakaian normal. Mengisi daya baterai juga lebih cepat berkat teknologi Huawei Super Charge 66 Watt.

Untuk urusan performa, Huawei Nova 9 mampu melibas berbagai aktivitas, termasuk bermain game, karena dibekali chipset Snapdragon 778G.

Dapat diupgrade ke Harmony OS

Huawei Nova 9 yang akan diluncurkan pada 8 Desember 2021 akan hadir dengan EMUI 12. Meski demikian, bukan berarti pengguna tidak dapat mencoba sistem operasi terbaru, yakni Harmony OS.

Bila ingin mengubah sistem operasi perangkat Nova 9 menjadi Harmony OS, pengguna hanya perlu mengikuti dua langkah mudah.

Pertama, pastikan aplikasi My Huawei pada smartphone merupakan vesi terbaru. Kedua, pengguna dapat mengganti region My Huawei jadi Hongkong, China.

Setelah itu, di bagian bawah antarmuka akan ada icon support berbentuk hati. Pengguna tinggal menekan tombol support tersebut. Saat diklik, pengguna bisa temukan tombol update dan tinggal install Harmony OS.

Jika HarmonyOS sudah terinstall, pengguna dapat merasakan kemudahan yang ditawarkan dari beberapa fitur.

Fitur tersebut adalah Super Device untuk koneksi mudah dengan perangkat Huawei lainnya. Selanjutnya, Service Widget yang memungkinkan pengguna mengakses informasi aplikasi dengan menekan logo aplikasi pada home screen.

Lalu, multi-cam mode di mana pengguna bisa merekam video secara bersamaan menggunakan semua kamera yang dimiliki oleh lebih dari 1 perangkat yang sudah didukung harmony OS.

AppGallery mudahkan berbagai aktivitas, Aplikasi Berbasis Google Pun Aman Digunakan

Kehadiran Huawei AppGallery juga semakin mempermudah pengguna Huawei Nova 9. Sejak diluncurkan secara global pada 2018, Huawei AppGallery telah menyediakan beragam jenis aplikasi. Huawei telah bekerja sama dengan 4,5 juta pengembang dan menyediakan lebih dari 141.000 aplikasi yang terintegrasi dengan Huawei Mobile Services (HMS).

Saat ini, Huawei AppGallery menjadi salah satu dari tiga app marketplace terbaik secara global dan telah tersedia di lebih dari 170 negara dengan 550 juta pengguna aktif setiap bulan.

Selama tiga tahun hadir, Huawei AppGallery menampilkan berbagai aplikasi yang populer di Indonesia. Sebut saja, aplikasi transportasi, seperti Grab dan My Bluebird, serta aplikasi hiburan, yakni Vidio, TikTok, VIU, dan Mola.

Aplikasi favorit di Huawei AppGallery. DOK. Huawei Aplikasi favorit di Huawei AppGallery.

Selanjutnya, aplikasi perbankan, seperti BCA mobile, BNI Mobile Banking, OCTO Mobile by CIMB, dan Dana.

Aplikasi favoritdi Huawei AppGallery. (DOK. Huawei).

Selanjutnya, aplikasi perbankan, seperti BCA mobile, BNI Mobile Banking, OCTO Mobile by CIMB, dan Dana.

Aplikasi e-commerce untuk pembelian dan penjualan online, seperti Shopee, Tokopedia, Klikindomaret, serta HappyFresh, juga tersedia di sana.

Selain itu, terdapat pula aplikasi yang saat ini dibutuhkan untuk beraktivitas di ruang publik, yakni PeduliLindungi.

Tak hanya terbatas pada App Gallery, pengguna juga dapat mengunduh aplikasi dari third partyinstaller yang telah dicek keamanannya oleh HMS.

Bahkan, untuk aplikasi berbasis Google seperti Google Drive, Google Docs, serta aplikasi lain, seperti Ovo dan Gojek juga dapat digunakan melalui aplikasi GSpace. Hal ini membuat smartphone Huawei makin nyaman digunakan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Huawei Nova 9 dapat menjadi partner sempurna bagi pengguna untuk menunjang aktivitas dalam sekali sentuhan.

Patrick menjelaskan, sepanjang 2021, pihaknya telah meluncurkan beragam produk yang mendukung ekosistem dengan membawa teknologi dengan kualitas terbaik.

“Kami senang karena pada akhir 2021, Huawei dapat menghadirkan Nova 9 yang akan melengkapi jajaran produk Huawei kepada konsumen di Indonesia,” ujarnya.

Mulai 8 Desember-17 Desember 2021, konsumen dapat melakukan pemesanan Nova 9 secara pre-order di berbagai e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, JD.ID, Blibli, Lazada, Huawei High-End Experience Store (HES), Erafone, dan gerai mitra lainya.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa klik tautan berikut.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.