Advertorial

Taklukan Lawan di Semifinal, Dua Wakil Indonesia Berhasil Melenggang ke Final

Kompas.com - 27/11/2021, 21:35 WIB

KOMPAS.com – Gelaran Indonesia Open 2021 yang berlangsung di Bali International Convention Center (BICC) dan The Westin Resorts Nusa Dua, Bali telah mencapai babak semifinal, Sabtu (27/11/2021).

Usai melalui perebutan posisi yang lumayan sengit di perempat final, tiga wakil Indonesia berhasil mengamankan tempat di babak tersebut. Mereka adalah pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriani Rahayu, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan tunggal putra Jonathan Christie.

Gelaran Indonesia Open 2021 minus kehadiran “musuh bebuyutan” Indonesia dalam perebutan gelar, yakni China. Namun, pertandingan di setiap babak termasuk semifinal tetap dinantikan oleh pencinta bulu tangkis Tanah Air.

Pasalnya, perwakilan Indonesia dipertemukan dengan lawan dari negara lain yang juga alot untuk dikalahkan.

Pada babak semifinal, Greysia Polii/Apriyani Rahayu mesti menghadapi pasangan Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.


Meski secara peringkat Greysia/Apriyani berada di atas pasangan tersebut, pertandingan di babak semifinal berlangsung seru dengan selisih skor tipis.

Pada gim pertama, Greysia/Apriyani berhasil menang dengan selisih tiga angka. Skor gim pertama adalah 21-18. Pada gim kedua, barulah pasangan ganda putri peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 itu mendominasi dengan perolehan skor 21-14.

Duel antara Greysia/Apriyani versus Kititharakul/Prajongjai diwarnai reli-reli panjang. Pada satu kesempatan, mereka tercatat menciptakan 75 kali pukulan.

Sebagai informasi, pertemuan dua pasangan ini bukan pertama kali. Kemenangan di babak semifinal Indonesia Open 2021 ini tak hanya membuat Greysia/Apriyani melenggang ke babak final, tetapi juga menambah catatan kemenangan atas pasangan ganda putri Thailand tersebut.

Ditambah dengan kemenangan di semifinal Indonesia Open 2021, Greysia/Apriyani tercatat sudah mengalahkan pasangan tersebut sebanyak tujuh kali.

“Kami bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk tampil menghadapi dan sekali lagi mengalahkan mereka,” ujar Greysia dilansir dari Bolasport.com, Sabtu.

Ia dan Apriyani mengaku bermain tanpa beban di babak semifinal dan tertolong dengan kemenangan pada gim pertama.

Sementara itu, pasangan ganda putra Indonesia yang akrab disapa The Minions, Marcus/Kevin, menghadapi wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

The Minions sebenarnya sudah terbaca memiliki peluang besar untuk melaju ke final. Sebab, dalam setiap pertemuan dengan pasangan ganda putra India tersebut, Marcus/Kevin yang menempati peringkat pertama ganda putra selalu menunjukkan dominasi.

Pertemuan antara Marcus/Kevin dengan Rankireddy/ Shetty berakhir dalam dua gim saja. Marcus/Kevin berhasil mengalahkan pasangan India tersebut dengan perolehan angka 21-16 di gim pertama dan 21-18 di gim kedua.

Meski demikian, pertandingan tersebut berjalan dengan tensi tinggi. Setiap gim diwarnai oleh reli panjang dan upaya Marcus/Kevin menggempur pertahanan Rankireddy/ Shetty.

Laga di sektor tunggal putra antara Jonathan Christie dan wakil Denmark, Viktor Axelsen pun tak kalah mencekam. Sebelum memulai pertandingan, Axelsen sudah menyatakan tidak akan membuat Jonathan Christie melenggang mudah ke final.

Selain kepercayaan diri, di atas kertas pemenang medali emas Olimpiade Tokyo 2020 tersebut memang lebih dominan dibanding Jonathan Christie. Enam kali bertemu, Axelsen berhasil menghambat Jonathan sebanyak empat kali.

Sangat disayangkan, pada Indonesia Open 2021, langkah Jonathan juga kembali terhenti oleh Axelsen. Tunggal putra Denmark itu melaju ke final dengan skor 21-19 pada gim pertama dan 21-15 pada gim kedua.

Le Minerale menjadi sponsor official mineral water dalam Indonesia Open 2021. Mikhael Le Minerale menjadi sponsor official mineral water dalam Indonesia Open 2021.

Menanti final

Mengingat dua wakil Indonesia berhasil mengamankan tempat, pencinta bulu tangkis Tanah Air pastinya tak ingin melewatkan babak final. Pada babak final, Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan melawan perwakilan Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Pada babak yang akan diselenggarakan Minggu (28/11/2021) baik Greysia/Apriyani maupun Marcus/Kevin akan menghadapi pasangan ganda Jepang.

Tentunya, perebutan juara Indonesia Open 2021 tidak akan kalah seru dengan babak-babak sebelumnya. Para atlet pun akan memberikan performa terbaiknya di laga final.

Sebagai informasi, stamina para atlet dan official dalam laga Indonesia Open 2021 didukung oleh Le Minerale sebagai sponsor resmi mineral water

Kehadiran dalam perhelatan tingkat internasional tersebut menjadi bentuk komitmen Le Minerale dalam mendukung cabang olahraga yang secara konsisten menyumbang prestasi bagi Tanah Air. 

Tak hanya itu, Le Minerale juga ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat di kalangan masyarakat. Pihak Le Minerale pun mengapresiasi penyelenggara Indonesia Open 2021 yang telah mempercayai Le Minerale untuk menjadi official mineral water Indonesia Open 2021.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.