Advertorial

Agus Prayogo dan Odekta Naibahi Raih Podium 1 Elite Race di Borobudur Marathon 2021 Powered by Bank Jateng

Kompas.com - 29/11/2021, 19:57 WIB

KOMPAS.com - Borobudur Marathon Elite Race 2021 hasil kerja sama Harian Kompas dan Bank Jateng baru saja berakhir, Sabtu (27/11/2021).

Pada ajang tersebut, Agus Prayogo dan Odekta Naibaho berhasil merebut gelar sebagai male winner dan female winner. Keduanya mencatatkan waktu masing-masing 02:32:21 dan 03:02:48.

Keduanya merupakan bagian dari 42 atlet nasional yang berlari pada offline race di Elite Race Borobudur Marathon 2021 Powered by Bank Jateng.

Agus dan Odekta berhasil melewati sejumlah tantangan di jalur sepanjang 42 kilometer (km) seraya menikmati keindahan lanskap Candi Borobudur dari kawasan Taman Lumbini, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Agus mengatakan, tantangan utama dari ajang tersebut adalah para pelari wajib menjaga kesehatan serta stamina untuk tetap bisa berlari secara maksimal.

 “Saya merasa senang dan penuh semangat mengikuti Borobudur Marathon tahun ini. Akhirnya, kami yang berasal dari berbagai daerah bisa datang ke (Kabupaten) Magelang untuk mengikuti offline race yang menyatukan para pelari,” ucap Agus dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Untuk diketahui, Borobudur Marathon 2021 diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat kepada semua pihak yang terlibat.

Para elite race pun sudah melewati proses seleksi dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dengan standar prokes ketat sebelum terpilih dan mengikuti maraton.

Tak hanya itu, kondisi kesehatan para pelari juga dipantau oleh medical director Borobudur Marathon dua minggu sebelum kedatangannya di Kabupaten Magelang. Peserta diwajibkan mengisi kuesioner sebagai bagian pemantau kesehatan tiap hari.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan rasa bangganya saat menyambut para atlet nasional dalam Borobudur Marathon Elite Race 2021.

Menurutnya, kegiatan Borobudur Marathon tahun ini menantang karena dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Meski demikian, ia menyadari bahwa ajang Borobudur Marathon menjadi momentum untuk memajukan sport tourism di Indonesia. Dengan demikian, penyelenggaraannya juga harus dilakukan secara profesional

Penyelenggaraan Borobudur Marathon 2021, lanjut Ganjar, lebih baik ketimbang tahun sebelumnya. Hal ini mengingat pihak penyelenggara mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru.

“Saya yakin, penyelenggaraan event tersebut pada tahun depan bisa lebih baik lagi. Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada para pemenang dan kepada seluruh atlet nasional yang berpartisipasi,” kata Ganjar.

Odekta Naibaho dan Agus Prayogo berhasil merebut gelar sebagai female winner dan male winner pada ajang Borobudur Marathon Elite Race 2021. DOK. Paquita Ganis Odekta Naibaho dan Agus Prayogo berhasil merebut gelar sebagai female winner dan male winner pada ajang Borobudur Marathon Elite Race 2021.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan bahwa sebagai sponsor utama penyelenggaraan Borobudur Marathon, pihaknya turut bersemangat melihat antusiasme para pelari.

Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan hadir ke Kabupaten Magelang untuk menyatukan energi bersama melalui perhelatan Borobudur Marathon tahun ini.

“Kami berharap, kegiatan maraton yang berlangsung sampai 28 November 2021 terus berjalan dengan penuh semangat dan energi,” ujar Supriyatno.

Pada elite race, pihak Borobudur Marathon menyiapkan hadiah berupa uang tunai bagi para pemenang. Hadiah itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas semangat dan usaha mereka untuk memenangkan race tahun ini.

Mewakili pihak penyelenggara, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan bahwa total hadiah uang tunai senilai Rp 275 juta diberikan kepada para pemenang dari kategori pria dan perempuan.

“Kami ucapkan selamat sekaligus terima kasih atas jerih payah dan keterlibatan para atlet di Borobudur Marathon 2021 Powered by Bank Jateng,” ujar Budiman.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.