Advertorial

KAIPay, Solusi Cepat Bayar Tiket Kereta Tanpa Ribet

Kompas.com - 30/11/2021, 19:21 WIB
Fitur KAIPay di KAI Access. Dok. KAIFitur KAIPay di KAI Access.

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi digital mampu menghasilkan produk inovasi yang dapat menunjang keamanan, kemudahan, dan kecepatan dalam beraktivitas sehari-hari.

Adapun salah satu inovasi yang membawa dampak besar dan kemudahan bagi aktivitas masyarakat adalah platform dompet digital untuk menunjang transaksi online penggunanya.

Seperti diketahui, dompet digital merupakan aplikasi pembayaran yang terintegrasi dengan keberadaan aplikasi lain.

Untuk menggunakan platform tersebut, pengguna harus terlebih dahulu mentransfer sejumlah uang ke akun dompet digital pribadinya.

Uang elektronik tersebut akan menjadi saldo yang dapat digunakan oleh pemilik dompet digital untuk melakukan aktivitas transaksi finansial kapan saja dan di mana saja.

Melihat tren tersebut ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI turut menggencarkan transformasi digital untuk mengakselerasi kemajuan perusahaan dengan meluncurkan KAIPay, Kamis (18/11/2021).

Vice President (VP) Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAIPay merupakan wujud inovasi KAI untuk meningkatkan layanan yang telah tersedia dalam aplikasi KAI Access.

“Kami berkomitmen untuk selalu merespons permintaan pasar dan perkembangan zaman serta adaptif dengan menghadirkan inovasi berupa transformasi digital. Ini semua demi kemudahan dan kenyamanan pelanggan,” ujar Joni dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (30/11/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan, KAIPay dihadirkan untuk memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi KAI Access.

Melalui KAIPay, kata Joni, transaksi akan semakin praktis karena pelanggan tidak perlu berpindah aplikasi, mulai dari pemesanan tiket hingga pembayaran.

Selain digunakan untuk membayar tiket, KAIPay juga dapat digunakan untuk membayar layanan first mile dan last mile serta berbagai produk yang tersedia di aplikasi KAI Access.

“Pembayaran melalui KAIPay dipastikan aman karena setiap transaksi memerlukan personal identification number (PIN) sebagai verifikasi pembayaran pelanggan. Setiap pembayaran yang dilakukan di KAIPay juga bebas biaya tambahan sehingga pelanggan hanya perlu membayar sesuai tarif yang tertera saja,” kata Joni.

Untuk dapat menggunakan KAIPay, pelanggan harus menggunakan aplikasi KAI Access versi terbaru, yakni versi 104.

Kemudian, pelanggan harus melakukan aktivasi akun KAIPay dengan melengkapi identitas dan melakukan verifikasi one-time password (OTP) yang dikirim via Whatsapp. Bila nomor telepon yang diberikan tidak terhubung dengan aplikasi Whatsapp, OTP akan dikirimkan melalui SMS.

Selanjutnya, pelanggan akan diarahkan untuk membuat PIN sebagai bentuk proteksi akun transaksi. Setelah itu, fitur KAIPay akan muncul menjadi salah satu opsi pada menu metode pembayaran yang dapat pelanggan gunakan untuk menyelesaikan transaksi.

Sebagai informasi, KAIPay merupakan hasil kerja sama co-branding antara KAI dengan KasPro yang telah disetujui oleh Bank Indonesia.

Selain itu, KAI juga bekerja sama dengan PT Pulau Media selaku pihak pengembang aplikasi KAI Access, termasuk KAIPay, penyediaan produk asuransi, payment point, online banking, dan semua produk yang dapat mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi digital pada KAI Access.

Selain KAIPay, KAI juga telah melakukan inovasi di bidang digital lainnya dengan menghadirkan program Loyalitas Railpoint dan sistem pembayaran menggunakan quick response code indonesian standard (QRIS), LinkAja, dan direct debit.

Peluncuran KAIPay juga merupakan bagian dari upaya KAI untuk menyediakan layanan transportasi yang terus berkembang, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan membentuk ekosistem transportasi terbaik bagi masyarakat.

Tak hanya itu, KAI pun berupaya untuk memberikan solusi pembayaran yang dapat mempermudah sekaligus membantu pelanggan dalam melakukan perjalanan menggunakan kereta api secara praktis dan efisien dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, ke depannya, KAIPay akan terus dikembangkan agar dapat melakukan berbagai transaksi yang dapat memberikan manfaat bagi pengguna,” tutur Joni.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.