Advertorial

Bidik Potensi Bisnis di Asia Timur, BRI Buka Kantor Cabang di Taiwan

Kompas.com - 02/12/2021, 19:51 WIB
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI resmi membuka kantor cabang di Taipei, Taiwan, Selasa (30/11/2021). dok. BRIPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI resmi membuka kantor cabang di Taipei, Taiwan, Selasa (30/11/2021).

KOMPAS.com – Komitmen untuk mengembangkan bisnis terus dilanjutkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Kali ini, hal itu diwujudkan dengan menambah outlet luar negeri, yakni kantor cabang BRI di Taipei, Taiwan.

Kantor cabang luar negeri ke enam yang dimiliki BRI itu terletak di Nomor 166, Sec 3, Nanjing East Road, Zhongshan District, Taipei City, Taiwan. Operasional BRI Taipei Branch (BRITW) ini sudah dimulai pada Selasa (30/11/2021).

BRI Taipei Branch telah mengantongi izin operasional sebagai Full Retail Foreign Bank Branch Office License oleh otoritas Taiwan. Dengan lisensi ini, BRI Taipei Branch dapat memberikan pelayanan simpanan, pinjaman, remitansi, trade finance, dan treasury kepada nasabah di Taiwan.

Senior Executive Vice President (SEVP) Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi mengatakan, kehadiran BRI Taipei Branch tersebut diharapkan bisa memaksimalkan pangsa pasar di Asia Timur.

Seperti diketahui, ekonomi Taiwan bertumpu pada produk-produk hi-tech, semikonduktor, dan komputer dengan total Produk Domestik Bruto (PDB) menyentuh 668,5 miliar dollar Amerika Serikat (AS) pada 2020.

Lebih rinci, Achmad mengatakan, potensi bisnis yang dibidik BRI melalui BRI Taipei Branch itu, antara lain diaspora Indonesia di Taiwan serta Indonesian Trade Related Business. Terlebih, BRI Taipei Branch merupakan satu-satunya kantor cabang yang dimiliki oleh bank asal Indonesia di Taiwan.

“Sebagai bank asal Indonesia pertama dan satu-satunya di Taiwan, BRI Taipei Branch membawa misi untuk membantu diaspora Indonesia yang berada di Taiwan mendapatkan layanan perbankan, baik itu simpanan, pinjaman, maupun layanan perbankan lainnya, seperti trade finance dan bisnis remitansi,” jelas Achmad dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (2/12/2021).

Selain itu, nilai ekspor-impor antara Indonesia dan Taiwan yang terus meningkat juga menjadi alasan BRI untuk memaksimalkan pangsa pasar Asia Timur melalui BRI Taipei Branch.

Untuk diketahui, nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Taiwan menembus 783,3 juta dollar AS dan impor nonmigas sebesar 260,3 juta dollar AS pada Oktober 2021.

“Kami akan berusaha untuk dapat menjembatani kegiatan ekspor-impor antara Indonesia dan Taiwan, melalui layanan trade finance dan jasa perbankan lainnya. Harapannya, dengan hadirnya BRI di Taipei dapat membantu meningkatkan ekspor produk dari Indonesia ke Taiwan, khususnya produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),” papar Achmad.

Lebih lanjut, Achmad menjelaskan, kehadiran BRI Taipei Branch juga merupakan komitmen perseroan untuk hadir melayani para pekerja migran Indonesia (PMI) di Taiwan. Hingga Oktober 2021, tercatat terdapat 250.000 PMI yang bekerja di Taiwan.

“Para PMI tersebut secara rutin melakukan layanan remitansi untuk mengirimkan penghasilannya kepada keluarga,” katanya.

Karenanya, BRI Taipei Branch hadir untuk memberikan layanan dan berbagai produk perbankan yang dibutuhkan PMI, seperti simpanan serta investasi untuk jaminan di hari tua

Sebagai informasi, BRI tercatat telah memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di beberapa negara. Kantor cabang tersebut antara lain BRI New York Agency (BRINYA), BRI Cayman Island Branch (BRICIB), BRI Hong Kong Representative Office (BRI HKRO), BRI Singapore Branch (BRISG), dan BRI Timor Leste Branch (BRITL).

Tak hanya itu, kehadiran BRI Taipei Branch turut menjembatani investor asal Taiwan untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan investasi asing di dalam negeri.

“Ke depannya, kami juga merencanakan BRI Taipei Branch menjadi gerbang investasi dari Taiwan ke Indonesia yang dapat membantu para investor untuk berinvestasi baik secara langsung maupun tidak langsung,” paparnya.

Dengan nilai investment yield yang lebih kompetitif, imbuh Achmad, tentu akan menarik minat investor dari Taiwan untuk berinvestasi di Indonesia.

“Pembukaan kantor cabang BRI di Taipei sesuai dengan semangat kami untuk ‘Memberi Makna Indonesia’,” ujarnya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.