Advertorial

Bangkitkan Optimisme Insan Media di Masa Pandemi, BRI Gelar Program Fellowship Journalism

Kompas.com - 07/12/2021, 18:48 WIB
Informasi pendaftaran BRI Fellowship Journalism. DOK. BRIInformasi pendaftaran BRI Fellowship Journalism.

 

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak 2020 mengubah pola hidup masyarakat. Penerapan pembatasan sosial memberikan dampak yang besar, terutama bagi aspek perekonomian masyarakat.

Dampak tersebut juga dirasakan oleh pekera industri media yang dalam melaksanakan tugasnya memerlukan tatap muka. Tidak sedikit perusahaan media juga mau tak mau melakukan efisiensi agar dapat bertahan di tengah disrupsi pandemi. Berbagai kebijakan dalam rangka penyesuaian tugas awak media pun harus dibuat.

Merespons situasi tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menginisiasi program mediafellowship yang diberi nama BRI Fellowship Journalism. Peluncuran program tersebut akan dilakulan dalam acara peringatan hari ulang tahun (HUT) BRI ke-126 yang jatuh pada 16 Desember 2021.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menyebutkan bahwa program BRI Fellowship Journalism merupakan bentuk empati terhadap awak media yang ikut merasakan dampak pandemi Covid-19.

“BRI ingin terlibat aktif dalam memberikan kontribusi yang berdampak nyata bagi pekerja media di Indonesia. Program ini diharapkan mampu mendukung keberlanjutan karier para jurnalis,” ujar Aestika dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

BRI Fellowship Journalism, lanjut Aestika, tidak hanya memberi manfaat nyata bagi insan media. Karya para jurnalis yang ikut serta diharapkan juga dapat membangun semangat dan optimisme serta menggerakkan ekonomi nasional, khususnya sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini sesuai dengan fokus BRI yang merupakan lembaga keuangan milik pemerintah untuk memberdayakan UMKM di seluruh Indonesia.

Program ini nantinya akan diterapkan di 18 regional office BRI. Pada puncak program, sebanyak 36 jurnalis dengan karya terbaik akan dipilih untuk diikutkan dalam program Journalist Scholarship.

Untuk mengikuti BRI Fellowship Program terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Calon peserta harus merupakan jurnalis aktif di perusahaan media yang telah diverifikasi Dewan Pers dengan verifikasi minimal sebagai wartawan muda.

Calon peserta juga harus mendapatkan rekomendasi dari asosiasi jurnalis atau Perusahaan Pers Konstituen Dewan Pers.

“Kami ingin program ini menjadi pionir di antara lembaga keuangan di Indonesia dalam hal mendukung awak media untuk berkarya. Selain itu, kami ingin memberikan masukkan nyata bagi pembangunan ekonomi bangsa ini,” tambah Aestika.

Pendaftaran sebagai peserta program dapat dilakukan melalui laman resmi https://bri.co.id/fellowshipjournalism. Tahap pendaftaran telah dimulai sejak Senin (29/11/2021) dan akan berakhir pada 24 Desember 2021.

Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi karya akan dilaksanakan pada 30 Desember 2021. Sementara, sesi Journalist on Site akan dilaksanakan pada Januari – Februari 2022. Pada Maret 2022, BRI akan mengumumkan 36 peserta yang berhasil meraih beasiswa.

Keywords: BRI, BBRI, BRI Peduli, Jurnalism, Fellowships Jurnalism

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.