Advertorial

Ini Kiat Menjaga Prestasi Pelajar Selama Pandemi

Kompas.com - 09/12/2021, 22:28 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan dunia digital kini telah menyasar ke segala sisi kehidupan. Karenanya, seluruh masyarakat, termasuk anak muda, harus memiliki literasi digital. Dengan begitu, mereka dapat menjadi aktor yang bertanggung jawab di dunia digital.

Pemimpin Redaksi Padasuka TV Yusuf Mars mengatakan, saat ini, kaum muda harus beradaptasi dengan situasi pandemi dan perkembangan dunia digital. Salah satunya, mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah.

Hal itu ia sampaikan dalam webinar "Tetap Berprestasi di Masa Pandemi Kiat Belajar Online" yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) di Kabupaten Tangerang, Rabu (17/11/2021).

Lebih lanjut Yusuf menjelaskan, setiap guru pun harus beradaptasi dan mengoptimalkan pengajaran secara online.

“Baik peserta didik maupun guru harus menerapkan pola pikir positif. Siapkan pula fasilitas yang dibutuhkan, seperti gadget dan koneksi internet. Sesuaikan jadwal dengan aktivitas rumah, serta buat ruang belajar senyaman mungkin. Khusus pelajar, jangan menunda pengerjaan tugas,” kata Yusuf dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (6/12/2021).

Ia menambahkan, ada tiga hal yang harus disiapkan untuk menyambut era digital, yakni memiliki sikap profesional, perluas pergaulan, dan meningkatkan kemampuan komunikasi.

Kiat berprestasi selama pandemi

Founder PT Let’s SMART Consulting sekaligus professional speaker Divdeni Syafri pun berbagi tip kepada pelajar agar tetap berprestasi selama pandemi.

Tip tersebut di antaranya adalah maksimalkan peranti pendukung, rajin berdiskusi untuk menambah wawasan, mencari banyak ilmu soft skill, mempelajari cara berprestasi seseorang, dan jangan takut gagal.

Dalam proses belajar, lanjut Syafri, anggota keluarga perlu meningkatkan kelekatan hubungan dengan anak.

“Dampingi pula proses belajar sehingga dapat melihat langsung perkembangan anak,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Syafri, keluarga juga harus menciptakan suasana yang harmonis. Pasalnya, suasana harmonis dapat mendukung proses belajar mengajar yang baik dari rumah.

“Jika suasana dalam keluarga tidak harmonis, tentu mengurangi kenyamanan belajar anak. Tak kalah penting, berikan perhatian dan apresiasi terhadap hasil belajar anak,” imbuhnya.

Sementara itu, Program Director Swaragama Group Bonny Prasetia mengatakan, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan pelajar agar tetap berprestasi selama pandemi, yakni menciptakan kondisi rumah seperti di sekolah, manajemen waktu, belajar dengan serius, dan rajin berdiskusi.

"Lalu, tetapkan jam tidur dan bangun yang teratur, aktif mencari sumber yang lain, jangan menunda pekerjaan, dan hindari gawai di waktu belajar," tuturnya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.