Advertorial

Berkat Fitur Microlens, OPPO Find X3 Pro 5G Jadi Satu-satunya Smartphone dengan Kemampuan Kamera Layaknya Mikroskop

Kompas.com - 14/12/2021, 17:31 WIB

KOMPAS.com - Di tengah perkembangan teknologi ponsel pintar (smartphone) yang semakin pesat, kehadiran kamera jadi salah satu indikator penting untuk menilai kualitas benda tersebut.

Keberadaan kamera dianggap krusial karena mampu menunjang aktivitas hiburan maupun hobi pengguna.

Maka dari itu, para produsen smartphone terus berlomba agar dapat menghasilkan kamera smartphone dengan kualitas dan teknologi terbaik.

Bahkan, mereka kerap membekali produk terbarunya dengan keberadaan dua hingga empat kamera yang berada di bagian depan maupun belakang smartphone.

Biasanya, dari sekian banyak kamera yang tersemat, terdapat satu kamera yang hadir dengan teknologi lensa makro.

Lensa makro sendiri berfungsi untuk menangkap obyek berukuran kecil sehingga hasil gambar atau foto objek akan menjadi lebih jelas dan detail.

Pada umumnya, kamera jenis ini mampu memperbesar tampilan subyek yang akan difoto sekitar dua kali lipat. Lensa makro juga mampu menangkap berbagai detail dari subjek foto yang dapat mempertegas keindahannya. 

Tak heran, saat ini banyak para produsen smartphone berlomba menarik perhatian pelanggan dengan menghadirkan kecanggihan kamera makro pada produknya, termasuk OPPO.

Bahkan, lebih dari itu. Lewat produk terbarunya, yakni Find X3 Pro 5G, OPPO melengkapi fitur fotografi terkini dengan menghadirkan perspektif yang berbeda melalui teknologi Microlens.

Berkat keberadaan Microlens, OPPO Find X3 Pro 5G mampu membantu pengguna untuk melihat dunia yang tak terlihat dengan lensa biasa. Pasalnya, lensa ini mampu memperbesar tampilan gambar hingga 30 kali lipat lewat optical zoom.

Selain itu, Microlens tersebut juga mampu memperbesar tampilan hingga 60 kali lipat dengan hybrid zoom sehingga dapat menghasilkan fotografi mikroskopis yang melampaui fotografi makro.

Fitur Microlens pada OPPO Find X3 Pro 5GDok. OPPO Fitur Microlens pada OPPO Find X3 Pro 5G

Chief Creative Officer OPPO Indonesia Patrick Owen mengatakan, manusia memiliki rasa keingintahuan yang besar, terutama pada dunia yang belum terjangkau.

“Hal inilah yang menginspirasi OPPO Find X3 Pro 5G untuk menjadi pionir dalam menghadirkan fitur kamera Microlens. Kehadiran lensa tersebut untuk memberikan pemahaman mikroskopis yang lebih baik dalam pengembangan teknologi fotografi smartphone.” ujar Owen dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

Melalui OPPO Find X3 Pro 5G, pengguna dapat melihat sebuah benda dalam ukuran mikroskopis sehingga dapat mempelajari tentang berbagai macam hal yang ada di dunia ini, seperti tentang alam yang kerap disepelekan dan penggunaan teknologi sehari-hari.

“Fotografi mikroskopis dengan zoom 60 kali lipat bukanlah sesuatu yang mustahil. Dengan Microlens, ukuran tak lagi membatasi kreativitas atau keingintahuan seseorang,” tutur Owen.

Tahan terhadap debu

Umumnya, lensa dengan kemampuan zoom yang tinggi sangat sensitif terhadap bintik putih dan partikel debu.

Pasalnya, keberadaan partikel kecil yang terekspos pada kamera tersebut juga dapat tertangkap kamera sehingga memperburuk kualitas foto.

Untuk mengatasi masalah tersebut, OPPO belajar dari berbagai pihak, seperti produsen kaca safir, produsen light guide, dan produsen kamera untuk memanfaatkan penggunaan larutan pembersih khusus.

Kemudian, OPPO mengaplikasikan larutan tersebut pada Find X3 Pro 5G agar lensa Microlens memiliki ketahanan hingga 10 kali lipat terhadap bintik-bintik kecil dan partikel debu.

Adapun pengembangan kamera Microlens membutuhkan metode pemasangan yang berbeda pada proses pembuatannya.

Pada level struktural, OPPO memasang modul mikroskop bukan pada bagian motherboard, melainkan pada cover belakang smartphone.

Untuk menerangi bagian lensa mikroskop, OPPO Find X3 Pro 5G dilengkapi dengan lensa safir dan ring light sebagai komponen eksterior kamera Microlens.

Tak hanya itu, desainer OPPO juga harus mencari cara agar integritas struktural serta estetika modul tetap terjaga dan mampu menghadirkan fungsi mikro-makro yang berkualitas.

Sebagai contoh, eksterior pada OPPO Find X3 Pro 5G memiliki warna hitam agar selaras dengan tampilan perangkat lainnya.

Akan tetapi, jika ring light guide yang digunakan juga berwarna hitam dengan tingkat opasitas tinggi, bisa memengaruhi kemampuan lensa saat mengambil gambar pada jarak dekat dengan tingkat zoom yang tinggi.

Untuk mengatasi hambatan tersebut, teknisi OPPO memiliki solusi dengan mengintegrasikan lensa besar bersama light guide ganda tersembunyi. Dengan begitu, tercipta keseimbangan antara tampilan estetika OPPO Find X3 Pro 5G dan kemampuan fotografinya.

Selain itu, tinta semitransparan juga digunakan pada light guide kamera sehingga perangkat tetap terlihat hitam dan memiliki kemampuan fotografi berkualitas.

Untuk diketahui, proses membuat tinta yang digunakan pada Find X3 Pro 5G tidaklah mudah. Tinta tersebut telah direvisi hingga 10 kali untuk menyempurnakan tingkat opasitasnya agar sesuai dengan tampilan yang diinginkan.

Fitur Microlens pada OPPO Find X3 Pro 5GDok. OPPO Fitur Microlens pada OPPO Find X3 Pro 5G

Hal serupa juga terjadi pada bagian ring light guide. Para teknisi OPPO telah membuat lebih dari 20 desain ring light guide berbeda, sebelum akhirnya berhasil memutuskan desain yang cocok dengan tampilan smartphone Find X3 Pro 5G yang bernuansa luar angkasa.

Ada alasan khusus mengapa OPPO memberikan perhatian khusus ketika mendesain ring light dan light guide untuk Microlens. Sebab, kamera Microlens pada Find X3 Pro memiliki jarak fokus sekitar 3 milimeter (mm).

Pada jarak fokus yang sangat rendah seperti ini, lensa akan menampung ambient light dalam jumlah besar yang kemudian diimbangi dengan light guide dan fill light.

Saat dipasangkan dengan ring light yang dirancang khusus, Microlens dapat menangkap gambar dengan terang, merata, memiliki keseimbangan warna yang akurat, dan menghadirkan perspektif yang indah.

Fotografer profesional Davy Linggar mengatakan, biasanya, memotret atau merekam obyek dari dekat akan mempertegas ketidaksempurnaannya. Pasalnya, hal tersebut membuat tekstur dan warna yang ada semakin jelas.

“Namun, Microlens pada OPPO Find X3 Pro bisa menangkap semua obyek dengan begitu detail tanpa harus kehilangan ketajaman fokus dan warna,” kata Davy.

Adapun OPPO tidak menyematkan LED konvensional pada ring light Find X3 Pro 5G karena modul flash standar akan terlalu besar dan terang sehingga menghasilkan exposure yang tidak merata.

Dengan menganalisa 50 skenario simulasi fotografi dan fokus pada desain kamera serta pemilihan dua lampu LED, OPPO Find X3 Pro 5G mampu memanipulasi maupun menyesuaikan kisaran suhu warna.

Selain itu, berkat ring light khusus pada Microlens, OPPO Find X3 Pro 5G juga mampu menghasilkan pencahayaan yang tidak bisa dihasilkan oleh LED tradisional.

Tak hanya itu, menurut fotografer Agan Harahap, keberadaan Expert Mode pada OPPO Find X3 Pro 5G juga mampu membuat pengguna menjadi lebih bebas dalam berekspresi .

“Eksplorasi merupakan rangkaian eksperimen yang menarik. Kini membuat seni bisa dihasilkan dari kamera smartphone. Gunakan Expert Mode dari OPPO Find X3 Pro 5G untuk mulai bereksperimen menangkap foto-foto. Berkreasi dan ciptakan senimu sendiri,” ujar Agan.

Di sisi lain, Owen mengatakan, segala kelebihan yang dimiliki oleh OPPO Find X3 Pro 5G memang khusus dibuat untuk mereka yang berjiwa seni, berani bereksplorasi, dan menghargai setiap detail.

Maka dari itu, OPPO Find X3 Pro 5G telah menyematkan berbagai teknologi terkini, terutama Microlens untuk mendukung pengguna dalam berekspresi.

“Melihat kejernihan foto yang tak mungkin bisa ditangkap dengan kamera smartphone biasa, Find X3 Pro 5G dapat menemani Anda menjelajahi dunia mikroskopis. Anda dapat memotret kain, kulit, rambut, tanaman, hingga serangga kecil. Semua foto akan memiliki detail yang luar biasa berkat fitur Microlens,” jelas Owen

Jika dibandingkan kamera lain dalam hal fotografi wide dan ultra wide, tambah Owen, tidak ada smartphone yang dapat menghadirkan pencitraan, kualitas, dan detail seperti OPPO Find X3 Pro 5G.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.