Advertorial

Raih Sejumlah Prestasi Sepanjang 2021, Rektor Itenas Bandung: Hadiah Istimewa pada Dies Natalis Ke-49

Kompas.com - 14/12/2021, 22:17 WIB

KOMPAS.com - Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) merayakan hari jadi ke-49 di Gedung Serba Guna, Bale Dayang Sumbi Itenas, Selasa (14/12/2021).

Seperti tahun sebelumnya, acara seremonial Dies Natalis ke-49 Itenas digelar secara tatap muka terbatas dan disiarkan secara langsung pada kanal Youtube Itenas Official.

Adapun tema Dies Natalis Itenas tahun ini adalah “Light Up Your Future”. Light Up memiliki makna denotasi “menyinari/menerangi” dan makna konotasi yang berarti “petunjuk/pembimbing”.

Dengan demikian, makna dari jargon tersebut adalah Itenas sebagai perguruan tinggi yang dapat menjadi penerang dan motivator bagi para sivitas akademika Itenas, warga Itenas, dan warga di sekitar Itenas untuk tetap berkarya dan berprestasi serta dapat mewujudkan target Itenas menjadi 10 perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia pada 2025.

Rangkaian acara Dies Natalis ke-49 Itenas terdiri dari The 3rd International Conference on Green Technology and Design 2021 dengan tema “Human Behavior in Green Technology and Design Research”; Lomba Desain Logo 50 Tahun Itenas; dan Lomba Ide Kreatif Acara Dies Emas Itenas; Virtual Ride Itenas, serta Lomba Konten Reels/Instagram.

Kemudian, puncak seremonial Dies Natalis Itenas diisi oleh orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dr Dwi Kurniawan, ST, MT, dengan judul “Menuju Institusi Pendidikan yang Lean untuk Maju dan Bersaing di Era Kompetisi Global”.

Itenas memberikan penghargaan masa kerja kepada para dosen, tenaga kependidikan dan non-kependidikan sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian, loyalitas, serta kontribusinya kepada Itenas.

Seperti Dies Natalis Itenas sebelumnya, penganugerahan LPPM Awards 2021 dan pemberian penghargaan bagi dosen berprestasi menjadi rangkaian dalam acara Seremonial Dies Natalis ke-49.

Acara seremonial Dies Natalis ke-49 Itenas dibuka oleh sambutan Rektor Itenas Bandung Prof Meilinda Nurbanasari, PhD.

Dalam sambutannya, Prof Meilinda mengatakan bahwa sebagai salah satu PTS di Indonesia, Itenas mempunyai peran strategis dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Prof Meilinda menambahkan bahwa Itenas juga berupaya untuk membangun kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri.

“Pendidikan dan dunia usaha merupakan dua elemen yang tidak bisa dipisahkan. Sebab, dari dunia pendidikan akan menghasilkan bibit-bibit unggul yang dapat meningkatkan kualitas perusahaan di dunia kerja,” tutur Prof Meilinda dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Acara seremonial Dies Natalis ke-49 Itenas dibuka oleh sambutan Rektor Itenas Bandung Prof Meilinda Nurbanasari, PhD.DOK. Itenas Acara seremonial Dies Natalis ke-49 Itenas dibuka oleh sambutan Rektor Itenas Bandung Prof Meilinda Nurbanasari, PhD.

Selanjutnya, Prof Meilinda menyampaikan beberapa prestasi terbaru yang diraih Itenas sebagai berikut.

  1. Itenas masuk dalam daftar Universitas terbaik di Asia versi QS Asia University Ranking 2022 dan menempatkan Itenas pada posisi ke-33 sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia.
  2. Program Sarjana Program Studi Teknik Sipil meraih akreditasi unggul.
  3. Program Sarjana Program Studi Teknik Industri mempertahankan akreditasi A melalui perpanjangan otomatis.
  4. Berdasarkan pemeringkatan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Itenas memperoleh peningkatan kinerja kemahasiswaan, yaitu menduduki peringkat ke-4 nasional institut dan peringkat ke-18 di liga 2.
  5. Peningkatan kinerja penelitian. Pada 2019, Itenas menempati posisi ke-44 nasional PTS dan pada 2021 yang baru saja diumumkan, Itenas berada di klaster 2 dan menempati posisi ke-31 nasional PTS.
  6. Keberhasilan LPPM Itenas yang terpilih oleh World Health Organization (WHO) untuk mengembangkan serta menerapkan water safety plan dalam rangka peningkatan pelayanan air minum PDAM di Indonesia.
  7. Keberhasilan para dosen, program studi, dan LPPM dalam memperoleh bantuan Dikti dan BRIN berkaitan dengan program MBKM dan penelitian serta PKM dengan raihan total dana selama 2021 mencapai Rp 7 miliar.
  8. Keberhasilan dosen tetap Program Studi Desain Interior Itenas Novrizal Primayudha, SSn, MDs, yang berhasil mendapatkan Award Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia Terbaik untuk Tim Meera Studio pada acara Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Expo 2021 di Universitas Brawijaya, Malang.
  9. Prestasi luar biasa yang dicapai oleh tim Taekwondo mahasiswa Itenas di tingkat internasional yang berhasil meraih medali emas, perak, dan perunggu pada turnamen World Changmookwan Championship E-Poomsae 2021.

Penerima penghargaan pada Dies Natalies ke-49 Itenas.Dok. Itenas Penerima penghargaan pada Dies Natalies ke-49 Itenas.

Prof Meilinda menambahkan, Itenas akan memasuki usia 50 tahun. Usia ini merupakan momentum emas bagi Itenas untuk merefleksikan apa yang telah diperbuat dalam perjalanan sejarahnya.

“Rangkaian Dies Natalis ke-50 Itenas akan diawali dengan kegiatan Seminar Hybrid Peringatan Hari Ibu ke-93 pada 17 Desember 2021 di Bale Dayang Sumbi Itenas. Acara tersebut akan dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga dan Ketua PKK Jawa Barat Atalia Praratya”, tutur Prof Meilinda.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi Dr Iwan Inrawan Wiratmadja menyampaikan bahwa jalan panjang yang telah dilalui Itenas bukanlah jalan yang mudah.

Itenas, kata Dr Iwan, telah melalui berbagai halangan dan tantangan yang menghadang serta terus berupaya meningkatkan kinerja dan prestasinya. Dengan demikian, dapat terus mendorong Itenas bersama untuk mewujudkan visi dan misinya.

“Semoga prestasi yang telah dicapai meningkatkan peringkat Itenas pada klasterisasi perguruan tinggi dan menjadi bekal juga untuk meningkatkan kinerja Itenas,” harap Dr Iwan.

Seluruh prestasi dan kemajuan yang telah dicapai Itenas, lanjutnya, merupakan hasil kerja sama seluruh warga Itenas.

“Semoga semangat kerja sama meraih prestasi terus dapat ditingkatkan sehingga mampu mengantarkan Itenas menjadi 10 PTS terbaik pada 2025,” tutur Dr Iwan

Selamat Dies Natalis ke-49 Itenas, Light Up Your Future!

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.