Advertorial

Jelang Ulang Tahun Ke-31, JNE Gelar Content Competition 2021 Berhadiah Total Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 15/12/2021, 12:20 WIB

KOMPAS.com – Menyambut ulang tahun ke-31, JNE menggelar Content Competition 2021 mulai dari 6 Desember 2021 hingga 5 Januari 2022.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (15/12/2021), kompetisi tersebut terbuka untuk jurnalis, kreator konten, karyawan JNE, dan masyarakat umum.

Adapun kategori yang dilombakan terdiri dari writing competition, video competition, photo competition, dan design competition. Total hadiah yang disediakan mencapai ratusan juta rupiah. Masing-masing kategori mengusung tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia".

Dengan mengusung tema tersebut, JNE berharap, Content Competition 2021 dapat membangun kesadaran masyarakat untuk mendukung dan menjaga eksistensi sektor tersebut.

Pasalnya, sektor UMKM menjadi salah satu tulang punggung perekonomian negara. Menurut data Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) pada 2018, jumlah pelaku UMKM mencapai 64,2 juta atau 99,99 persen dari jumlah pelaku usaha di Indonesia.

Secara pendapatan negara, sektor tersebut mampu menyumbang hingga 61,1 persen atau senilai Rp 8,57 triliun dari total produk domestik bruto (PDB). Sementara, pelaku usaha besar hanya sanggup memberikan 38,9 persen.

Selain berkontribusi pada penghasilan negara, sektor UMKM juga terbilang paling banyak menyerap tenaga kerja. Jumlahnya mencapai 117 juta pekerja atau 97 persen dari total tenaga kerja di dunia usaha. Bahkan, sektor tersebut dapat menghimpun sampai 60,4 persen dari total investasi.

Juri Content Competition 2021

Dalam penyelenggaraannya, Content Competition 2021 melibatkan sederet tokoh dan pakar profesional sebagai juri untuk masing-masing kategori yang dilombakan.

Pada kategori writing competition, penilaian karya dilakukan oleh pegiat literasi sekaligus penulis buku Maman Suherman dan Wakil Pimpinan Redaksi Harian Kompas Paulus Tri Agung Kristanto.

Sementara, juri untuk kategori video competition terdiri dari videografer sekaligus visual jurnalis Kompas Eddy Hasby dan film maker and content creator Anggun Adi.

Untuk kategori photo competition, juri yang terlibat adalah fotografer kenamaan, seperti Barry Kusuma dan Arbain Rambey. 

Selain itu, kartunis Harian Rakyat Merdeka dan Kompas Muhammad Misrad (Mice Cartoon), serta Founder sekaligus Creative Director HelloMotion Wahyu Aditya menjadi juri pada kategori design competition.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Content Competition 2021, silakan kunjungi lamanmicrosite.kompasiana.com/jne-competition-2021.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.