Advertorial

Panduan Memilih Storage Penyimpanan Data dari Western Digital untuk Berbagai Kebutuhan

Kompas.com - 16/12/2021, 08:30 WIB
Ilutrasi Gen Z sebagai pekerja kreatif. Dok Western DigitalIlutrasi Gen Z sebagai pekerja kreatif.

KOMPAS.com – Pesatnya perkembangan media sosial (medsos) turut memacu jumlah konten digital di Indonesia.

Keberadaan medsos seakan menjadi wadah yang pas bagi setiap orang untuk mengekspresikan berbagai karya ataupun kegiatan sehari-hari, baik itu dalam bentuk video maupun foto.

Tak jarang, saking banyaknya konten video dan foto yang dibuat, ruang penyimpanan atau storage pada personal computer (PC) ataupun smartphone tak mampu lagi menampungnya.

Jalan keluarnya, pengguna perlu memilah konten yang hendak disimpan. Kalau mau praktis, pakai saja storage tambahan agar setiap konten yang dibuat dapat disimpan secara aman tanpa perlu dihapus.

Demi menjawab kebutuhan tersebut, perusahaan penyimpanan data asal Amerika Serikat (AS) , Western Digital, siap memastikan keamanan file dengan menghadirkan ragam jenis storage yang sesuai kebutuhan konsumen.

Semua jenis storage dari Western Digital dapat digunakan untuk semua konsumen, baik yang berasal dari kalangan pekerja kreatif, kreator konten yang memanfaatkan smartphonegamer, pekerja profesional, hingga generasi Z (Gen Z).

Masih bingung soal cara memilih kriteria storage yang sesuai kebutuhan? Berikut panduan agar tidak salah pilih perangkat penyimpanan data.

Pekerja kreatif

Pekerja kreatif seperti videografer, fotografer, film maker, desainer grafis, desainer user interface dan user experience (UI/UX), seniman, serta ilustrator, membutuhkan storage dengan kinerja yang cepat.

Itu karena mereka kerap mengeluarkan ide dan harus menyimpannya dalam bentuk foto, video, ataupun hal lain dalam PC atau smartphone-nya. Sewaktu-waktu, ide ini harus mereka temukan dan buka kembali dengan cepat untuk dapat dikembangkan.

Ilustrasi pekerja kreatif.Dok. Western Digital Ilustrasi pekerja kreatif.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, Western Digital telah menyiapkan produk SanDisk Extreme PRO Portable SSD bagi para pekerja di industri kreatif.

Produk tersebut hadir dengan desain simpel dan ringkas untuk menunjang fleksibilitas tinggi dari pengguna. Selain itu, SanDisk Extreme PRO Portable SSD juga memiliki kapasitas penyimpanan hingga 4 terabyte (TB) dan kecepatan hingga 2.000 megabyte per second (MB/s).

Kecepatan tersebut juga sangat memudahkan fotografer. Dengan kemampuan ini, mereka dapat melakukan pengeditan foto di storage secara langsung.

Selain kinerjanya yang tinggi, portable drive storage ini pun tergolong tangguh karena telah dilengkapi dengan berbagai fitur perlindungan. Salah satunya adalah IP55 yang anti air dan debu.

Uji ketahanan yang dilakukan terhadap SanDisk Extreme PRO Portable SSD menyebut bahwa produk ini tahan banting sampai ketinggian dua meter.

Selain SanDisk Extreme PRO Portable SSD, ada juga produk SanDisk Extreme PRO SDHC dan SDXC UHS-II Cards dengan Speed Class V90 yang cocok untuk para pekerja kreatif.

Kedua produk tersebut dapat digunakan para fotografer dan videografer yang memiliki kamera tangguh untuk mengabadikan momen dan merekam video dalam mode full high definition (HD), seperti 4K dan 8K berkualitas bioskop tanpa hambatan.

Keduanya hadir dengan kapasitas hingga 128 gigabyte (GB) dan memiliki kecepatan kelas V90. Storage ini tahan terhadap guncangan, suhu, kedap air, dan sinar-X, sehingga cocok dibawa untuk berbagai keperluan.

Terakhir, terdapat juga produk WD Blue SN570 NVMe SSD. Dengan kapasitas 500 GB dan 1 TB serta memiliki kecepatan mencapai 3.500 MB/s, produk ini hadir untuk mengoptimalkan custom build atau melakukan upgrade pada PC.

Dengan storage ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti mengedit foto, video, dan membuat atau memproses data berukuran besar.

Kreator konten

Keberadaan teknologi canggih yang disematkan pada smartphone membuatnya mampu membantu pengguna dalam melakukan banyak hal. Termasuk, dalam membuat konten medsos.

Seperti diketahui, ragam konten yang dibuat melalui smartphone, terutama video membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar.

Oleh karena itu, para pembuat konten membutuhkan memori tambahan agar terhindar dari masalah penuhnya memori yang dapat menghambat performa ponsel.

Demi mengatasi masalah tersebut, Western Digital telah menyiapkan produk SanDisk Ultra Dual Drive Luxeuntuk pengguna Android danSanDisk iXpand Flash Drive Luxeuntuk pengguna iPhone.

Sebagai informasi, SanDisk Dual Drive Luxe dapat digunakan sebagai media penyimpanan tambahan untuk perangkat dengan konektor universal serial bus (USB) Type-C maupun Type-A. Dengan begitu, pengguna bisa memindahkan file antara smartphone Type-C, tablet, PC, dan laptop.

Sementara itu, SanDisk iXpand Flash Drive Luxe memiliki dua konektor, yakni Lightning dan USB Type-C yang dapat memindahkan file dengan mudah di iPhone, iPad Pro, Mac, dan semua gadget dengan USB Type-C, termasuk ponsel Android.

Lewat kedua produk tersebut, pembuatan konten melalui smartphone jadi semakin mudah. Sebab, storage-nya bisa memuat banyak foto, video, dokumen, dan file.

Gamer

Berdasar laporan InMobi di 2021, 46 persen orang Indonesia memainkan mobile game untuk pertama kalinya pada masa pandemi Covid-19. Jumlah tersebut meningkat sekitar dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Seperti diketahui, aktivitas gaming lewat smartphone juga membutuhkan kapasitas memori yang besar agar permainan yang dijalankan tidak mengalami lag.

Maka dari itu, SanDisk Extreme MicroSD Card for Mobile Gaming hadir sebagai solusi terbaik untuk para mobile gamer agar bisa bermain dengan lebih lancar di smartphone.

Bagi Anda yang gemar bermain game melalui PC atau laptop, Western Digital juga menghadirkan produk WD_BLACK SN850 NVMe SSD yang dilengkapi dengan fitur heatsink.

WD_BLACK SN850 NVMe SSD.Dok. Western Digital WD_BLACK SN850 NVMe SSD.

Untuk diketahui, heatsink terdiri dari beberapa instrumen yang berfungsi untuk mengurangi panas berlebih yang ada pada komponen komputer.

Pada WD_BLACK SN850 NVMe SSD, produk tersebut hadir dengan kecepatan baca sebesar 7.000 MB/s dan kecepatan tulis hingga 5.300 MB/s.

Kemampuan tersebut belum dimiliki oleh produk serupa lainnya sehingga para gamers bisa merasakan loading dengan kecepatan transfer terbaik di PC.

Adapun fitur heatsink sendiridilengkapi dengan pencahayaan RGB yang bisa disesuaikan dengan PC pengguna dan kompatibel dengan Playstation (PS)5.

Untuk menikmati mode tersebut pada PS5, Anda hanya perlu menginstal WD_BLACK SN850 NVMe SSD model heatsink ke slot M.2.

Selain WD_BLACK SN850 NVMe SSD, Western Digital juga memiliki produk WD_BLACK P10 Game Drive untuk menambah kapasitas penyimpanan pada PC.

Perangkat ini dilengkapi storage dengan kapasitas hingga 5 TB dan dapat menyimpan sekitar 125 file permainan.

Pekerja dengan mobilitas tinggi

Keberadaan teknologi digital telah menghasilkan berbagai kebiasaan baru di masyarakat. Salah satunya adalah sistem kerja fleksibel yang kini menjadi tren. Sistem kerja ini membua masyarakat dapat menyelesaikan pekerjaan dari mana pun dan kapan pun menggunakan berbagai perangkat digital.

Meski demikian, ada kalanya Anda tetap membutuhkan file asli yang ada pada perangkat kantor untuk mempermudah pekerjaan. Maka dari itu, Anda perlu menyalin file tersebut ke perangkat pribadi. Tentunya, hal tersebut membutuhkan tempat penyimpanan yang cukup besar.

Ilustrasi pekerja dengan mobilitas tinggi.Dok. Western digital Ilustrasi pekerja dengan mobilitas tinggi.

Untuk kebutuhan ini, produk WD My Passport SSD dapat jadi pilihan. Sebagai informasi, WD My Passport SSD memiliki kecepatan baca hingga 1.050 MB/s dan kecepatan tulis hingga 1.000 MB/s.

Storage ini dilengkapi dengan NVMe, enkripsi, dan fitur kata sandi untuk keamanan tambahan.

Tak hanya itu, Western Digital juga memiliki SanDisk Ultra Dual Drive Luxe dan SanDisk iXpand Luxe untuk mendukung aktivitas bekerja yang dilakukan melalui smartphone.

GenZ

Berdasarkan hasil sensus penduduk pada 2020, penduduk Indonesia didominasi oleh masyarakat yang berasal dari Gen Z, yakni sebesar 74,93 juta orang atau sekitar 28 persen dari total populasi.

Generasi ini dikenal sebagai generasi digital yang hyper-konektivitas karena mampu menghabiskan sepertiga hari atau sekitar enam jam di ponsel mereka.

Adapun untuk menunjang aktivitas tersebut, terdapat beberapa produk yang dihadirkan oleh Western Digital. Salah satunya adalah WD Elements SE SSD.

Storage tersebut cocok digunakan untuk pelajar karena memiliki desain yang ringkas dan tahan banting dari ketinggian dua meter.

WD Elements SE SSD dapat mempercepat produktivitas pengguna dalam memindahkan atau melakukan back-up file karena memiliki kecepatan hingga tiga kali dibandingkan HDD portable.

Selanjutnya, terdapat produk SanDisk Ultra Dual Drive Go USB Type-C. Pada storage ini, Gen Z dapat memilih produk 2-in-1 drive yang praktis dengan berbagai pilihan warna cerah, seperti mint, peach, dan navy.

Storage ini dapat mempermudah Anda dalam memindahkan file pada smartphone dengan USB Type-C, tablet, Mac, dan PC dengan USB Type-A.

Drive itu juga terbilang praktis karena dapat dijadikan sebagai gantungan kunci sehingga dapat dibawa ke mana saja.

Produk storage dari Western Digital.Dok. Western Digital Produk storage dari Western Digital.

Nah, itu tadi beberapa ulasan tentang berbagai produk Western Digital yang dapat Anda pilih sesuai dengan profesi dan kebutuhan.

Tunggu apa lagi? Segera lakukan pembelian agar aktivitas digital Anda semakin lancar.

Bagi yang tertarik terhadap produk storage dari Western Digital, silakan lakukan pembelian melalui tautan berikut.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.