Advertorial

Mendagri Minta Pemda Serius dalam Percepatan Vaksinasi

Kompas.com - 17/12/2021, 22:25 WIB

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta kepala daerah untuk serius dalam melakukan percepatan vaksinasi Covid-19.

Sebab, hal itu dinilainya sebagai upaya melindungi masyarakat. Imbauan soal itu bahkan sudah menjadi instruksi Presiden Joko Widodo yang menargetkan 70 persen masyarakat melakukan vaksinasi dosis pertama hingga akhir 2021.

"Kami akan mengamati keseriusan dari teman-teman kepala daerah," tegas Mendagri dalam keterangan persnya yang diterima Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Permintaan itu dipaparkan Tito saat melakukan Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi di Auditorium Pendopo Gubernur Sumatera Barat, Jumat.

Dalam paparannya, ia juga menjelaskan alasan kunjungan kerjanya ke sejumlah daerah, terutama yang cakupan vaksinasinya masih rendah seperti Sumatera Barat.

Ia berharap, keseriusan kepala daerah dibuktikan dengan disegerakannya percepatan vaksinasi.

"Kami berharap pada akhir tahun, Sumatera Barat sudah bisa mencapai 70 persen target vaksinasi, bahkan lebih. Untuk mencapainya, dibutuhkan kolaborasi dengan jajaran TNI/Polri, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda), Danlamatal. Semua harus bergerak dan tolong Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dukung," pintanya.

Terkait imbauan yang dipaparkan olehnya, Mendagri menyayangkan sejumlah kepala daerah yang tampak tak hadir atau diwakilkan.

Ia menegaskan, kehadiran kepala daerah atau pejabat yang dapat mengambil keputusan diperlukan dalam upaya percepatan vaksinasi.

"Saya menyayangkan ada beberapa kepala daerah tidak hadir di acara ini. Catat itu, tadi saya lihat Bupati Solok tidak hadir (diwakilkan), kemudian Wali Kota Payakumbuh juga tidak (hadir), wakilnya juga tidak. Kemudian, Wali Kota Padang Panjang juga tidak hadir, kalau Wakilnya (hadir), fine lah. Diwakilkan sekretaris kepala daerah (Sekda) juga oke. Akan tetapi, kami ingin yang hadir adalah pengambil keputusan karena harus bergerak cepat," tambahnya.

Dengan mengikuti Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi, Mendagri berharap para pengambil kebijakan di daerah mampu bekerja cepat dalam melakukan langkah-langkah akselerasi vaksinasi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com