Advertorial

Komitmen Berkelanjutan UGM: 72 Tahun Berbakti dan Mengabdi untuk Bangsa

Kompas.com - 19/12/2021, 12:50 WIB

KOMPAS.com – Universitas Gadjah Mada (UGM) genap berusia 72 tahun pada Minggu (19/12/2021). Pada dies natalis kali ini, UGM mengangkat tema “Mengawal Indonesia Sehat, Mengukuhkan Jati Diri Universitas Gadjah Mada”.

“Tema tersebut sejalan dengan komitmen UGM untuk menghasilkan inovasi dalam merespons (tantangan yang hadir selama) pandemi Covid-19 dan mengawal usaha-usaha mewujudkan Indonesia Sehat,” ujar Ketua Panitia Dies Natalis ke-72 UGM Gugup Kismono dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Sebagai informasi, rangkaian Dies Natalis ke-72 UGM tersebut diisi dengan sejumlah rangkaian acara. Salah satunya, Webinar Inovasi dan Strategi Perguruan Tinggi Untuk Mewujudkan Sivitas Kampus yang Sehat dan Produktif di Era Pandemi.

Kemudian, ada pula berbagai perlombaan, Penghargaan Malam Insan UGM Berprestasi, Pagelaran Wayang Kulit, Nitilaku, Malam Alumni, serta Pidato Puncak Dies Natalis ke-72.

Sejalan dengan tema tersebut, UGM berkomitmen untuk mewujudkan kampus sehat bagi seluruh sivitas akademika UGM. Komitmen ini diwujudkan melalui program Health Promoting University (HPU) yang telah diluncurkan pada 2019.

HPU merupakan sebuah pendekatan untuk menciptakan lingkungan belajar serta budaya organisasi yang mengedepankan aspek kesehatan dan kesejahteraan berkelanjutan bagi seluruh sivitas kampus. Pendekatan ini juga mendorong sivitas kampus untuk mengoptimalkan potensinya.

Untuk diketahui, HPU UGM memiliki tujuh kegiatan utama, yaitu literasi kesehatan; aktivitas fisik; pola makan sehat; kesehatan mental; toleransi nol untuk narkoba, tembakau dan alkohol; toleransi nol untuk kekerasan, perundungan, dan pelecehan; serta pembentukan lingkungan hidup sehat, aman, dan ramah terhadap orang disabilitas.

Pada pembukaan Dies Natalis ke-72 UGM pada Oktober 2021, Rektor UGM Panut Mulyono mengukuhkan 20 mahasiswa sebagai Duta Health Promoting University (HPU) dan 20 orang Mental Health First Aider.

Rektor UGM Panut Mulyono menandatangi komitmen program Health Promoting University (HPU). Dok. UGM Rektor UGM Panut Mulyono menandatangi komitmen program Health Promoting University (HPU).

Duta HPU berperan untuk mempromosikan perilaku hidup sehat dan menjadikan kampus sebagai lingkungan yang sehat. Sementara itu, Mental Health First Aider diharapkan dapat mendukung mahasiswa UGM dalam menjalani kehidupan perkuliahan.

“Duta HPU berperan untuk menerima keluhan dari mahasiswa yang mengalami hal-hal kurang menyenangkan atau kesulitan belajar. Mereka diharapkan dapat membantu mencari solusi untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi mahasiswa UGM,” ucap Panut.

Kontribusi saat pandemi

Selama masa pandemi Covid-19, sejumlah inovasi telah dihasilkan UGM. Inovasi ini di antaranya pembuatan sambungan las beton, ventilator Venindo R03, alat deteksi dini stunting Gama Kid, dan Imboost Flu Pilek Herbal.

Kemudian, susu fermentasi Forty Milk, teh fermentasi Probiotea, dan inokulan ragi tempe untuk menghasilkan tempe dengan kandungan asam folat yang tinggi.

Selain itu, UGM juga memproduksi alat kesehatan untuk deteksi cepat Covid-19, yakni GeNose C19. Alat berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) ini telah memperoleh izin edar sejak Desember 2020 serta diproduksi dan didistribusikan ke seluruh Indonesia pada awal 2021.

Alat deteksi cepat Covid-19 atau GeNose 19 buatan UGM. Dok. UGM Alat deteksi cepat Covid-19 atau GeNose 19 buatan UGM.

Dalam perkembangannya, UGM terus menyempurnakan produk tersebut, baik dari segi teknologi maupun teknologi AI. Ke depan, produk ini diharapkan dapat diaplikasikan untuk mendeteksi jenis penyakit lain.

Kontribusi lain juga dilakukan UGM di bidang farmasi. Demi mewujudkan kemandirian bahan baku obat, UGM bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan PT Kimia Farma meneliti serta memproduksi p-aminofenol (PAF) dan parasetamol dengan metode enzimatik.

Sementara itu, sebagai dukungan kepada pemerintah dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19, UGM juga menjamin perlindungan terhadap risiko penularan Covid-19 kepada dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan masyarakat di sekitar UGM.

Hal tersebut dilakukan UGM dengan menerapkan kebijakan work from home (WFH) serta pembelajaran jarak jauh (PJJ).

UGM mendukung program vaksinasi Covid-19 dengan menghadirkan layanan vaksinasi secara drive-thru. Dok. UGM UGM mendukung program vaksinasi Covid-19 dengan menghadirkan layanan vaksinasi secara drive-thru.

Selain itu, UGM juga memastikan bahwa program pengembangan kompetensi pegawai tetap berjalan secara online. Demi kelancaran program, UGM memberikan dukungan berupa pembiayaan kebutuhan data internet bagi pegawai.

Kemudian, UGM juga mendorong pelaksanaan pelayanan kepada para pemangku kepentingan agar tetap berjalan lancar.

Adapun pelayanan tersebut dilakukan secara daring (low contact services) dan blended method dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

QS World University Ranking

Pada usia ke-72, UGM berupaya membangun sinergi internal dan eksternal. Hal ini dilakukan dengan berkolaborasi bersama pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat guna memberikan pendidikan yang unggul bagi mahasiswanya.

Hal lain yang diupayakan adalah melakukan penelitian dan pengabdian guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta kemajuan dan kedaulatan Indonesia.

Hasil kerja keras tersebut dibuktikan dengan pengakuan QS World University Ranking. Dalam pemeringkatan tersebut, UGM berada pada peringkat 254 sebagai universitas terbaik di dunia.

UGM juga sukses mempertahankan gelar Juara Umum pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 yang digelar di Universitas Sumatera Utara (USU) pada 25-29 Oktober 2021. Prestasi tersebut menjadikan UGM sebagai juara bertahan PIMNAS selama empat tahun berturut-turut sejak 2018.

Selain itu, UGM juga meraih predikat sebagai Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia. Prestasi ini telah dipertahankan UGM selama tiga tahun berturut-turut sejak 2019.

Kemudian, majalah Kabar UGM juga mendapatkan Gold Winner The Best of University in House Magazine selama dua tahun berturut-turut dari Serikat Perusahaan Pers Indonesia.

Tak hanya itu, laman resmi UGM juga mendapatkan Gold Winner dan video profil UGM mendapatkan Bronze Winner dari institusi tersebut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com