Advertorial

Laboratorium Terpadu USU Ciptakan Produk Hand Sanitizer Berstandar WHO

Kompas.com - 20/12/2021, 19:34 WIB

KOMPAS.com - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Penelitian Terpadu Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menciptakan produk Hada Hand Sanitizer yang berfungsi membersihkan tangan secara menyeluruh tanpa air dan sabun.

Pada kegiatan demonstrasi pembuatan produk tersebut, Laboran UPT Lab Terpadu Martha Martinni SSi mengatakan, pembuatan produk hand sanitizer tersebut merujuk pada proses pembuatan yang dianjurkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Selain itu, Hada Hand Sanitizer juga hanya ditambahkan essential oil beraroma lembut agar nyaman untuk digunakan.

“Produk tersebut sama seperti produk yang ada di pasaran. Dalam pembuatannya, kami merujuk pada anjuran WHO, yakni dengan menggunakan kandungan etanol sebesar 96 persen, hidrogen peroksida (H2O2) 3 persen, dan gliserin 98 persen. Kami hanya melakukan penambahan essential oil,” ujar Martha dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, (20/12/2021).

Martha menambahkan bahwa produk tersebut tidak memiliki efek samping apa pun.

“Selain itu, terdapat beberapa kelebihan dari produk ini, seperti diformulasikan dengan bahan food grade, cepat kering, tidak lengket, dan lembut ditangan,” jelas Martha.

Produk Hada Hand Sanitizer masih untuk kalangan terbatas dalam lingkungan USU. Dok. USU Produk Hada Hand Sanitizer masih untuk kalangan terbatas dalam lingkungan USU.

Sejak berhasil dibuat pada awal Desember 2021, saat ini penggunaan Hada Hand Sanitizer hanya digunakan untuk kalangan terbatas dalam lingkungan USU.

“Khususnya untuk jajaran (akademisi) dan para laboran di UPT Lab Terpadu. Produk ini belum diperjualbelikan. Kami berharap dapat melakukan uji klinis lebih lanjut secara spesifik terhadap Hada Hand Sanitizer agar bisa segera dipasarkan. Kami juga akan mencari tahu syarat apa saja agar produk ini bisa dijual,” ucapnya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.